Pengertian, Maksud dan Tujuan Assessment Kompetensi

Kebijakan terbaru terkait perubahan pelaksanaan UN ini di jenjang pendidikan yaitu untuk jejang SD di kelas 4, SMP di kelas 8 dan SMA di kelas 11. Istilah ini makin populer seiring kebijakan Mendikbud Nadhiem Makarim tentang penggantian UN menjadi Assessment Kompetensi dan survey karakter, Pengertian Assessment Kompetensi, Assessment secara singkat bisa diartikan sebagai penilaian.

Assessmen sendiri menggunakan berbagai cara dan alat untuk mendapatkan serangkaian informasi tentang hasil belajar dan pencapaian kompetensi dari peserta didik. Yang pada dasarnya, assessment merupakan suatu istilah lain dari pengertian penilaian.

Untuk di pahami bahawa istilah Assessment sendiri saling terkait dengan sebuah evaluasi, yaitu metode untuk mendapatkan hasil belajar siswa dengan metode tertentu. Assessmen dilaksanakan untuk mengetahui sejauh apa presatasi belajar dari para peserta didik.

Oleh karena itu, diharapkan oleh mentri Pendidikan baru Bapak Nadiem Makarim untuk pengganti UN saat ini adalah Asesmen Kompetensi yang mengacu pada dua pokok atau topik utama yaitu kemampuan literasi dan numerasi.

Pengertian, Maksud dan Tujuan Assessment Kompetensi
Pengertian, Maksud dan Tujuan Assessment Kompetensi
Pengertian Assessment Kompetensi

Kemampuan literasi disini bukan kemampuan membaca siswa tetapi lebih mengacu kepada siswa/ peserta didik memahami konsep suatu bacaan. Sedangkan untuk kemampuan numerasi bukan sekedar kemampuan siswa dalam menghitung melainkan lebih mengacu kepada kemapuan memahami konsep yang abstrak yang bisa diterapkan di kehidupan yang nyata.

Maksud dan Tujuan Assessment Kompetensi

Asesmen Kompetensi pengganti UN ini akan dilaksanakan di tengah jenjang pendidikan yaitu untuk jejang SD di kelas 4, SMP di kelas 8 dan SMA di kelas 11. Maksud dan tujuannya adalah agar guru/ pendidik memiliki waktu dan bisa memperbaiki kekurangan dan kelemahan siswa dalam memahami materi ‘Ini adalah 2 hal yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi yang dilakukan mulai dari tahun 2021.

Perlu di catat bahwa bukan berdasarkan mata pelajaran lagi. Bukan berdasarkan penguasaan konten materi,”. Ini berdasarkan kompetensi minimum kompetensi dasar yang dibutuhkan murid-murid untuk bisa belajar apa pun materinya. Ini adalah kompetensi minimum yang dibutuhkan murid untuk bisa belajar apa pun mata pelajarannya.

Demikian penjelasan Pengertian, Maksud dan Tujuan Assessment Kompetensi, yang dapat admin bagikan. Semoga bisa di pahami bagi guru-guru masa kini, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Maksud dan Tujuan Assessment Kompetensi"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel