Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat, Spesifikasi Minimum Leptop Anda Agar Sukses Instalasi Aplikasi EDS Offline Dikdasmen (Perangkat Lunak & Keras)

DAPODIK.CO.ID - Seiring dengan perkembangan Aplikasi EDS [Offline] PMP yang telah dioperasikan oleh pengguna selama beberapa tahun ini, diperlukan sistem aplikasi yang stabil agar dapat dipergunakan secara berkelanjutan dan juga agar dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan pengembangan sistem.

Oleh karena itu, untuk menjawab semua keresahan semua pihak selama ini maka dalam mensukseskan pendataan pendidikan melalui Aplikasi EDS [Offline] PMP,  maka tim pusat Aplikasi EDS [Offline] PMP telah memberika jawaban untuk dapat dengan mudah menjalankan serta melaksanakan pekerjaan Aplikasi PMP Offline atau Aplikasi EDS Dikdasmen Versi Offline.


Agar anda bisa mengerjakan aplikasi EDS Dikdasmen Offline maka terlebih dahulu anda di wajibkan mengunduh Prefil PMP atau Prefill EDS Dikdasmen kemudian meregistrasinya. Cara untuk mengunduh Prefill Aplikasi EDS [Offline] PMP ini terdapat 2 cara yaitu dengan menggunakan cara Nasional dan menggunakan cara Reguler. Panduan Lengkap Download Prefill EDS Offline Secara Nasional Dan Registrasi Aplikasi EDS Atau Aplikasi PMP Offline silahkan baca di sini.


Sebelum menginstal Aplikasi EDS Offline Dikdasmen, pastikan dulu apakah laptop yang digunakan oleh operator sekolah anda sudah memenuhi standar spesifikasi minimum untuk menginstal dan menggunakan Aplikasi EDS Offline Dikdasmen. Jika tidak memenuhi persyaratan minimmum ini maka nantinya akan muncul banyak masalah seperti hang saat mengisi data dan bahkan kemungkinan terburuknya Aplikasi EDS Offline Dikdasmen terbaru tersebut tidak bisa di instal. Terlebih lagi seorang operator sekolah terutama Aplikasi EDS Offline Dikdasmen di tuntut untuk bekerja secara cepat dan efisien.

Spesifikasi laptop menggambarkan kemampuan perangkat keras (hardware) yang dirancang di dalam sebuah laptop untuk mengesekusi perangkat lunak (software) yang diinstal didalamnya. Sehingga yang menentukan bagus tidaknya spesifikasi suatu laptop adalah hardware.

Spesifikasi Minimum Leptop Anda Agar Sukses Instalasi Aplikasi EDS Offline Dikdasmen

Berikut sekilas pengertian tentang perangkat keras laptop/komputer buat operator sekolah ketahui:
1.     Spesifikasi perangkat keras komputer adalah deskripsi teknis komponen dan kemampuan komputer.
2.     Kecepatan prosesor, biasanya ditunjukkan dalam gigahertz (GHz). Semakin tinggi jumlahnya, semakin cepat komputer.
3.     Random Access Memory (RAM), Ini biasanya ditunjukkan dalam gigabyte (GB). Semakin banyak RAM di komputer maka semakin banyak yang bisa dilakukan secara bersamaan.
4.     Ruang Hard disk, biasanya ditunjukkan dalam gigabyte (GB) dan umumnya mengacu pada jumlah informasi (seperti dokumen, musik dan data lainnya) yang dapat dipegang komputer.

Lalu berapakah anggaran sekolah untuk pengadaan membeli laptop ?

Berdasarkan JUKNIS BOS pada PERMENDIKBUD NO 3 TAHUN 2019 tentang spesifikasi komputer yang harus dimiliki oleh sekolah yakni:
1.     Prosesor = Intel CORE3 / SETARANYA
2.     Memory standard = 4 GB
3.     Hard drive = 120 Gb SSD / 500 Gb HDD
4.     Sistem operasi = window 10
5.     Browser terpasang = crome / mozila firevox

Jika berdasarkan kapasitas diatas maka operator Aplikasi EDS Offline Dikdasmen harus memiliki laptop yang mumpuni. Oleh karena itu harga kisaran laptop yang digunakan bisa sampai 6 juta keatas. kenapa harus laptop yang memadai? Karena laptop operator sekolah aplikasi yang nantinya akan diinstal bukan hanya Aplikasi EDS Offline Dikdasmen saja melainkan nantinya ada Aplikasi Dapodik dan Lainnya.

Rekomendasi Admin www.dapodik.co.id Untuk Laptop Untuk Untuk Menjalankan Aplikasi EDS Dikdasmen Offline:

Rekomendasi laptop yang digunakan oleh operator sekolah saran admin dapodik.co.id  adalah:
a. Asus X441UV [Core i3, RAM 4GB, 500GB,Nvidia GT920MX ,14"] - 5 Jutaan
b. Asus Pro P2430UJ [Core i3, RAM 4GB, 500GB- Nvidia GT920MX, 14"] - 5 Jutaan
c. Lenovo V110 [Core I3, RAM 4GB, 500GB, 15,6"] - 4 Jutaan
d. Dell 3468 [Core i3, RAM 4, 1TB, 14"] - 5 Jutaan.

Rekomendasi Admin www.dapodik.co.id Untuk Aplikasi /Sofware Di Instal

Rekomendasi Aplikasi / Sofware , perangkat lunak pendukung di laptop yang harus ada di laptop operator sekolah :
a. Microsoft Office
b. Adobe Flash
c. Browser - Google Chrome, Firefox
d. Internet Download Manager IDM
e. WinRar atau WinZip
g. PDF Reader - Nitro PDF
h. Multimedia Player - VLC Media Player, GOM Player
i. Software Maintenance - CCleaner
j. Anti Virus - Microsoft Security Essentials

Informasi Tambahan Yang Sangat Penting Terkait Perangkat Lunak & Keras

1.  Aplikasi EDS Offline Dikdasmen paling baik diinstall di PC atau di laptop?
Disarankan diinstal pada laptop karena mobilitasnya lebih baik. Jika terjadi sesuatu dengan Aplikasi EDS Offline Dikdasmen, laptop bisa dibawa untuk konsultasi perbaikan data dan aplikasi.

2.  Bagaimana spesifikasi hardware minimuml agar lancar menggunakan Aplikasi EDS Offline Dikdasmen?
·  Processor minimal Intel Core i3
·  Memory minimal 4 GB
·  HDD/SSD Storage minimal 128Gb
·  Monitor 14 Inch

3.  Sistem Operasi (Operating System) apa yang paling baik digunakan untuk Aplikasi EDS Offline Dikdasmen?
Disarankan  menggunakan  Windows  7.  Meski  demikian,  Aplikasi EDS Offline Dikdasmen juga  dapat berjalan di Sistem Operasi berikut ini:
·  Windows 7 32 & 64 Bit
·  Windows 8 32 & 64 Bit
·  Windows 8.1 32 & 64 Bit
·  Windows 10 32 & 64 Bit

4.  Peramban (Browser) apa yang paling baik digunakan untuk menjalankan Aplikasi EDS Offline Dikdasmen?
Peramban yang direkomendasikan untuk digunakan adalah Google Chrome atau Mozilla Firefox (disarankan untuk selalu melakukan pembaruan aplikasi).

5.  Bagaimana cara melakukan pengaturan agar Aplikasi EDS Offline Dikdasmen dapat dibuka di peramban tersebut?
Aplikasi EDS Offline Dikdasmen berjalan di peramban bawaan (default browser) di komputer. Jadi untuk dapat membuka aplikasi melalui shortcut yang ada di desktop, silakan setting peramban yang akan digunakan sebagai peramban bawaan di komputer. Aplikasi EDS Offline Dikdasmen juga dapat diakses dengan mengetik alamat localhost di navigasi peramban.

Demikian informasi terupdate Spesifikasi Minimum Leptop Anda Agar Sukses Instalasi Aplikasi EDS Offline Dikdasmen (Perangkat Lunak & Keras). Tujuannya adalah untuk menginstal aplikasi EDS Offline Dikdasmen karena operator sekolah itu bekerja dengan deadline atau waktu harus berbanding lurus dengan kecepatan, semoga ada manfaatnya.

Posting Komentar untuk "Catat, Spesifikasi Minimum Leptop Anda Agar Sukses Instalasi Aplikasi EDS Offline Dikdasmen (Perangkat Lunak & Keras)"