Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Mengatasi Pembersihan (Cleansing) Data Dapodikdasmen Jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB - Siswa Berganda dan Mutasi Pada Aplikasi Dapodikdasmen

Dari pemerikasaan hasil pemutakhiran data ditengarai masih terdapat data siswa yang berganda, baik berganda dalam satu sekolah (satu orang siswa terdaftar/aktif lebih dari satu rombel dalam satu sekolah), maupun berganda antar sekolah (satu siswa terdaftar/aktif pada lebih dari satu sekolah).

Solusi Mengatasi Pembersihan (Cleansing) Data Dapodikdasmen Jenjang SD, SMP, SMA,SMK dan SLB Siswa Berganda dan Mutasi Pada Aplikasi Dapodikdasmen
Data Dapodikdasmen Jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB Siswa Berganda dan Mutasi Pada Aplikasi Dapodikdasmen

Oleh karenanya untuk meningkatkan akurasi data Dapodik, dilakukan pembersihan/ cleansing terhadap data siswa yang terindikasi berganda sebagaimana dijelaskan diatas. Daftar sekolah yang terkena pembersihan/cleansing dapat diunduh pada lampiran berita ini.

Daftar Sekolah Yang Terkena Pembersihan/ Cleansing Data Dapodikdasmen Jenjang SD, SMP, SMA,SMK dan SLB Tahun Ajaran 2021/2022 

Data sekolah yang terindikasi memiliki siswa ganda beserta data individu siswanya telah dikirimkan kepada Dinas Pendidikan/Kab/Kota/Provinsi dan LPMP untuk dilakukan verifikasi (data dikirimkan melalui email Dinas). 

Solusi Mengatasi Pembersihan (Cleansing) Data Dapodikdasmen Jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB - Siswa Berganda dan Mutasi Pada Aplikasi Dapodikdasmen

Sekolah yang terkena aksi pembersihan /cleansing ini (sesuai daftar) akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS Broadcast dan berikut adalah tindakan/proses yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh sekolah tersebut:

1.    Sekolah melakukan sinkronisasi atau jika diperlukan melakukan install ulang Aplikasi Dapodikdasmen;

2.    Untuk data siswa yang berganda dalam satu sekolah, maka setelah sinkronisasi data salah satu siswa yang berganda akan terhapus;

3.    Untuk data siswa yang berganda antar sekolah, maka setelah sinkronisasi kedua data siswa akan dikeluarkan dari aplikasi Dapodik di kedua sekolah dengan status keluar Mutasi dan alasan keluar Terdeteksi Siswa Berganda pada sub-menu PD Keluar;


4.    Selanjutnya sekolah yang mengklaim bahwa siswa yang datanya berganda tersebut adalah benar siswa di sekolahnya dan bermaksud untuk memasukkan kembali ke aplikasi Dapodiknya maka sekolah dapat menghubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi untuk melakukan pembatalan siswa keluar melalui manajemen Dapodikdasmen Dinas Pendidikan (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

CATATAN PENTING

Untuk menghindari kembali terulangnya data siswa berganda, maka sekolah untuk melakukan dan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1.    Jika ada siswa yang mutasi ke sekolah lain, maka segera lakukan proses mutasi pada Aplikasi Dapodikdasmen dengan cara mengeluarkan dari rombelnya dan melakukan mutasi melalui menu Registrasi siswa kemudian lakukan sinkronisasi.

2.    Cetak Surat Keterangan Mutasi dari Manajemen Dapodikdasmen (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ ) sebagai keterangan dan pengantar siswa yang mutasi tersebut untuk diserahkan kepada sekolah tujuan.

3.    Kepala sekolah untuk berperan aktif dengan turun langsung melakukan pengecekan akurasi data Dapodik dengan melibatkan seluruh stakeholder di sekolah (wakasek, guru, walikelas, operator dapodik).

4.    Kepala Sekolah untuk memeriksa Pakta Integritas/SPTJM dari aplikasi Dapodik untuk kemudian mengesahkannya.

Demikian informasi serta 
Solusi Mengatasi Pembersihan (Cleansing) Data Dapodikdasmen Jenjang SD, SMP, SMA,SMK dan SLB Siswa Berganda dan Mutasi Pada Aplikasi Dapodikdasmen, smoga ada manfaatnya.


Posting Komentar untuk "Solusi Mengatasi Pembersihan (Cleansing) Data Dapodikdasmen Jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB - Siswa Berganda dan Mutasi Pada Aplikasi Dapodikdasmen"