Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanya-Jawan Seputar Perangkat Lunak & Keras Yang Harus Digunakan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023 Edisi Revisi Part 3

Menjalankan aplikasi dapodik terbaru bukan saja melihat dari kelengkapan lokasi, ruangan, dan daya atau listrik. Hal yang paling di butuhkan oleh seorang admin atau petugas pendataan di sekolah adalah kelengkapan penunjang aplikasi.


Salah satu penunjang utama adalah ketersediaannya perangkat. Perangkat yang dimaksud untuk menjalankan aplikasi dapodik adalah PC atau leptop atau computer agar pelaksanaan pendataan disekolah bisa berjalan maksimal.



Tanya-Jawan Seputar Perangkat Lunak & Keras Yang Harus Digunakan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023 Edisi Revisi Part 3

Berikut adalah pertanyaan serta admin berikan jawaban dari yang sudah dirangkum dari sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang beredar di media social:

1. Aplikasi Dapodik paling baik diinstall di PC atau di laptop ?

Disarankan diinstal pada laptop karena mobilitasnya lebih baik. Jika terjadi sesuatu dengan Aplikasi Dapodik, laptop bisa dibawa untuk konsultasi perbaikan data dan aplikasi.

2. Bagaimana spesifikasi hardware minimal agar lancar menggunakan Aplikasi Dapodik?
· Processor minimal Intel Core i3
· Memory minimal 4 GB
· HDD/SSD Storage minimal 128Gb
· Monitor 14Inch

3. Sistem Operasi (Operating System) apa yang paling baik digunakan untuk Aplikasi Dapodik?

Disarankan menggunakan Windows 10. Meski demikian, Aplikasi Dapodik juga dapat
berjalan di Sistem Operasi berikut ini:
· Windows 7 32 & 64 Bit
· Windows 8 32 & 64 Bit
· Windows 8.1 32 & 64 Bit
· Windows 10 32 & 64 Bit

4. Peramban (Browser) apa yang paling baik digunakan untuk menjalankan Aplikasi Dapodik?

Peramban yang direkomendasikan untuk digunakan adalah Google Chrome atau Mozilla Firefox (disarankan untuk selalu melakukan pembaruan aplikasi).

5. Bagaimana cara melakukan pengaturan agar Aplikasi Dapodik dapat dibuka di peramban tersebut?

Aplikasi Dapodik berjalan di peramban bawaan (default browser) di komputer. Jadi untuk dapat membuka aplikasi melalui shortcut yang ada di desktop, silakan setting peramban yang akan digunakan sebagai peramban bawaan di komputer. Aplikasi Dapodik juga dapat diakses dengan mengetik alamat localhost di navigasi peramban.

Jika semua jawaban diatas sudah di ikuti dengan maksimal, niscaya pelaksanaan pendataan di sekolah berjalan dengan lancar tanpa mendapatkan kendala apapun.

Posting Komentar untuk "Tanya-Jawan Seputar Perangkat Lunak & Keras Yang Harus Digunakan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023 Edisi Revisi Part 3"