Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Seklah Dasar)

DAPODIK.CO.ID - Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Seklah Dasar). Pendidikan kesehatan adalah upaya yang diberikan berupa bimbingan dan atau tuntunan kepada peserta didik tentang kesehatan yang meliputi seluruh aspek kesehatan pribadi (fisik, mental dan sosial) agar kepribadiannya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik melalui kegitan kurikuler dan ekstrakurikuler.

Usaha membina, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dilaksanakan melalui program pendidikan di sekolah dengan berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, serta melalui usaha-usaha lain diluar sekolah yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Download Program UsahaKesehatan Sekolah (UKS)(Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Seklah Dasar).

Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Seklah Dasar)
Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Seklah Dasar)

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah. Melalui Program UKS diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas

Tuntunan program UKS seperti program Kementerian Kesehatan RI terkait UKS yang tercetus sejak 1956 sampai sekarang sesungguhnya menjadi tuntunan program yang harus diterapkan oleh semua sekolah. Bukan hanya sekolah, peran tim pembina UKS dan Penanggungjawab UKS di masing-masing Puskesmas juga diharapkan untuk aktif melaksanakan pembinaan.

Peningkatan kesehatan sekolah bertujuan menempuh  kesadaran serta kebiasaanhidup sehat, memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsiphidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah, dirumah maupun di lingkungan masyarakat.Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu disusun program kegiatan UKS di lingkunan Sekolah Dasar.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, perguruan agama serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah mempunyai tujuan sebagai berikut:
1.    Tujuan umum
Peningkatan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sertamenciptakan lingkungan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukanmanusia Indonesia seutuhnya.
2.    Tujuan khusus
Untuk membentuk kebiasaan hidup sehat dan mempertinggi derajat kesehatanpeserta didik, yang didalamnya mencakup:
a.    Peningkatan pembinaan dan bimbingan teknis pelaksanaan kegiatan UKS di Sekolah Dasar
b.    Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsiphidup sehat, serta berpartisipasi aktif didalam upaya peningkatan kesehatan disekolah dan lingkungan masyarakat.
c.     Sehat, baik dalam arti fisik, mental maupun social
d.    Memiliki daya hayat, dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaannarkotik, obat dan bahan berbahaya alkohol, rokok dan sebagainya

Selengkapnya silahkan download Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Seklah Dasar).

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


2 komentar untuk "Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Seklah Dasar)"

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.