Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar

Salam dunia pendidikan Indonesia, pendidikan saat ini bertujuan untuk menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan berkarakter.  Insan  yang  dimaksud  adalah  lulusan  yang  memiliki  sikap,  pengetahuan, dan  keterampilan  yang  optimal  sesuai  dengan  taraf  perkembangan  dan  jenjang pendidikan masing-masing.

Selain itu, lulusan diharapkan memperoleh kecakapan abad ke-21 yang mampu menjadikan setiap insan Indonesia hidup dalam tantangan abad ke-21 dan  berkontribusi secara memadai terhadap pengembangan peradaban dunia. Kecakapan-kecakapan yang dimaksud mencakup kemampuan berfikir kritis  dan memecahkan  masalah, berinovasi dan  berkreasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Lebih  jauh  lulusan  juga  ditargetkan  mempunyai  kemampuan  literasi  digital  (literasi
informasi,  media,  dan  teknologi)  di  samping  kecakapan-kecakapan  hidup  lainnya
seperti  fleksibilitas  dan  adaptabilitas,  produktivitas  dan  akuntabilitas,  dan
kepemimpinan serta tanggungjawab.

Tujuan-tujuan tersebut akan dapat dicapai dengan efektif dan efisien apabila proses
pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan  baik. Pertama,  pendidik merancang
pembelajaran berdasarkan  hasil  analisis  kebutuhan  peserta didik,  misalnya  kondisi
awal peserta didik  alam hal  pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap.  Kedua,  pendidik
memfasilitasi peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui
kegiatan  pembelajaran  aktif  baik  di  dalam  maupun  di  luar  kelas. 

Ketiga, pendidik bersama-sama  dengan peserta didik, selama pelajaran berlangsung, memantau/ mengecek perkembangan penguasaan kompetensi peserta didik untuk mengetahui  apakah setiap peserta didik mencapai penguasaan/perkembangan sebagaimana yang diharapkan,  dan apakah proses pembelajaran  perlu perbaikan (penyesuaian). 

Apabila  pemantauan  kemajuan  penguasaan  kompetensi  menunjukkan bahwa setiap peserta didik telah mencapai kemajuan yang ditargetkan secara optimal, proses  pembelajaran  dapat dilanjutkan tanpa  perlu  adanya  perbaikan/penyesuaian. Apabila  sebaliknya, pendidik perlu  melakukan  perbaikan  (penyesuaian)  terhadap proses  pembelajaran yang telah  dirancang  untuk  memastikan  bahwa  setiap  peserta didik  mencapai  kemajuan  yang  maksimal.

Kegiatan  pendidik  (bersama-sama  dengan peserta  didik)  memantau/mengecek  kemajuan  penguasaan  kompetensi  yang  diikuti dengan  upaya  perbaikan  dan/atau  penyesuaian  kegiatan  pembelajaran  untuk memfasilitasi setiap peserta  didik  mencapai penguasaan yang diharapkan biasa disebut penilaian  formatif  (formative  assessment)  atau  yang  juga  disebut  penilaian  untuk pembelajaran (assessment for learning).


Sejalan dengan prinsip-prinsip pembelajaran abad ke 21, kegiatan pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan  peserta  didik  pada  setiap  tahapan  belajar.  Pelaksanaan  pembelajaran merupakan  kegiatan  yang  dinamis,  menyesuaikan  dengan  perkembangan  penguasaan kompetensi  oleh  peserta  didik,  selain  motivasi  dan  gaya  belajar  peserta  didik  serta aspek-aspek  lain  yang  berpengaruh  dalam  proses  pembelajaran.

Penilaian formatif memungkinkan pendidik memperoleh informasi mengenai perkembangan penguasaan kompetensi peserta didik pada  setiap tahap pembelajaran yang berguna untuk mengambil tindakan-tindakan, memastikan bahwa setiap peserta didik mencapai penguasaan yang optimum.

Buku Model  Penilaian  Formatif  pada  Pembelajaran  Abad  ke  21  ini  disusun  untuk
memberi  inspirasi kepada  para  pendidik  SD dalam melaksanakan  penilaianformatif
yang  menyatu dengan pembelajaran yang  disajikannya.  Diharapkan  pendidik  dapat
mempelajari  dan melaksanakan penilaian formatif  sehingga  penguasaan  kompetensi
peserta didik tercapai.

Selengkapnya, Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar, Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel