Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar

DAOPODIK.co.id - Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar. Salam dunia pendidikan Indonesia, pendidikan saat ini bertujuan untuk menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan berkarakter.  Insan  yang  dimaksud  adalah  lulusan  yang  memiliki  sikap,  pengetahuan, dan  keterampilan  yang  optimal  sesuai  dengan  taraf  perkembangan  dan  jenjang pendidikan masing-masing.

Selain itu, lulusan diharapkan memperoleh kecakapan abad ke-21 yang mampu menjadikan setiap insan Indonesia hidup dalam tantangan abad ke-21 dan  berkontribusi secara memadai terhadap pengembangan peradaban dunia. Kecakapan-kecakapan yang dimaksud mencakup kemampuan berfikir kritis  dan memecahkan  masalah, berinovasi dan  berkreasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Lebih  jauh  lulusan  juga  ditargetkan  mempunyai  kemampuan  literasi  digital  (literasi informasi,  media,  dan  teknologi)  di  samping  kecakapan-kecakapan  hidup  lainnya seperti  fleksibilitas  dan  adaptabilitas,  produktivitas  dan  akuntabilitas,  dan kepemimpinan serta tanggungjawab.

Tujuan-tujuan tersebut akan dapat dicapai dengan efektif dan efisien apabila proses pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan  baik. Pertama,  pendidik merancang pembelajaran berdasarkan  hasil  analisis  kebutuhan  peserta didik,  misalnya  kondisi awal peserta didik  alam hal  pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap.  Kedua,  pendidik memfasilitasi peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui kegiatan  pembelajaran  aktif  baik  di  dalam  maupun  di  luar  kelas. 

Ketiga, pendidik bersama-sama  dengan peserta didik, selama pelajaran berlangsung, memantau/ mengecek perkembangan penguasaan kompetensi peserta didik untuk mengetahui  apakah setiap peserta didik mencapai penguasaan/perkembangan sebagaimana yang diharapkan,  dan apakah proses pembelajaran  perlu perbaikan (penyesuaian). 

Apabila  pemantauan  kemajuan  penguasaan  kompetensi  menunjukkan bahwa setiap peserta didik telah mencapai kemajuan yang ditargetkan secara optimal, proses  pembelajaran  dapat dilanjutkan tanpa  perlu  adanya  perbaikan/penyesuaian. Apabila  sebaliknya, pendidik perlu  melakukan  perbaikan  (penyesuaian)  terhadap proses  pembelajaran yang telah  dirancang  untuk  memastikan  bahwa  setiap  peserta didik  mencapai  kemajuan  yang  maksimal.

Kegiatan pendidik  (bersama-sama  dengan peserta didik) memantau/mengecek  kemajuan  penguasaan kompetensi  yang diikuti dengan  upaya  perbaikan dan/atau  penyesuaian  kegiatan  pembelajaran untuk memfasilitasi setiap peserta  didik  mencapai penguasaan yang diharapkan biasa disebut penilaian formatif  (formative assessment) atau  yang  juga  disebut  penilaian  untuk pembelajaran (assessment for learning).

Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar


Sejalan dengan prinsip-prinsip pembelajaran abad ke 21, kegiatan pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik pada setiap tahapan belajar.  Pelaksanaan 
pembelajaran merupakan kegiatan yang dinamis, menyesuaikan dengan perkembangan  penguasaan kompetensi oleh peserta didik, selain motivasi da gaya  belajar peserta didik  serta aspek-aspek lain yang berpengaruh dalam proses pembelajaran.

Penilaian formatif memungkinkan pendidik memperoleh informasi mengenai perkembangan penguasaan kompetensi peserta didik pada  setiap tahap pembelajaran yang berguna untuk mengambil tindakan-tindakan, memastikan bahwa setiap peserta didik mencapai penguasaan yang optimum.

Buku Model  Penilaian  Formatif  pada  Pembelajaran  Abad  ke  21  ini  disusun  untuk memberi  inspirasi kepada  para  pendidik  SD dalam melaksanakan  penilaianformatif yang  menyatu dengan pembelajaran yang  disajikannya.  Diharapkan  pendidik  dapat mempelajari  dan melaksanakan penilaian formatif  sehingga  penguasaan  kompetensi peserta didik tercapai.

Selengkapnya, Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar, Terima Kasih.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Download Model Penilaian Formatif Pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar"