About us

Juklak Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah/Madrasah (NUKS/M)

Pemerolehan  sertifikat  dan  nomor  unik  kepala  sekolah/madrasah  bagi calon  kepala  sekolah/madrasah  perlu  dipahami  oleh  lembaga-lembaga yang  berkepentingan  agar  memiliki  kesamaan  pandangan.  Petunjuk   ini dimaksudkan  untuk  memberikan  gambaran  secara  umum  tentang pemerolehan  sertifikat  dan  nomor  unik  kepala  sekolah/madrasah  bagi calon kepala sekolah/madrasah. 


Juklak Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah/Madrasah (NUKS/M)
Juklak Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah/Madrasah (NUKS/M)
Tahap pemerolehan sertifikat dan nomor  unik  kepala sekolah menjadi sangat  penting,  karena  tahap  ini  adalah  ujung  akhir  bagi  upaya memilah dan memilih calon kepala sekolah/madrasah  yang layak dan memenuhi  persyaratan  baik  secara  administratif  maupun  akademik, serta  memenuhi  harapan  publik. 


Pemerolehan sertifikat dan nomor unik kepala sekolah/madrasah bagi calon kepala sekolah / madrasah  perlu  dipahami  oleh  lembagalembaga  yang  berkepentingan  agar  memiliki  kesamaan  acuan  dan persepsi.  Petunjuk  ini  dimaksudkan  untuk  memberikan gambaran secara  umum  tentang  prosedur    pemerolehan  sertifikat  dan  nomor unik kepala sekolah /madrasah bagi calon kepala sekolah/madrasah.

Petunjuk  pemerolehan  sertifikat  dan  nomor  unik  kepala sekolah/madrasah  bagi  calon  kepala  sekolah/madrasah  ini diperuntukkan bagi  lembaga  yang  terkait  dengan  program penyiapan calon kepala sekolah/madrasah, yaitu:
1.    Direktorat  jenderal/badan/lembaga/instansi  yang  bertanggung jawab  atas  pembinaan  dan  pengembangan  kepala  sekolah  di lingkungan  kementerian  pendidikan  nasional  dan  kementerian agama;
2.    Pemerintah daerah propinsi/kabupaten/kota;
3.    Kantor  wilayah  kementerian  agama  dan  kantor  kementerian agama kabupaten/kota;
4.    Lembaga  Pengembangan  dan  Pemberdayaan  Kepala  Sekolah (LPPKS);
5.    Pusat  Pengembangan  Pemberdayaan  Pendidik  dan  Tenaga Kependidikan (PPPPTK);
6.    Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP);
7.    Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK);
8.    Badan Diklat Keagamaan; dan
9.    Lembaga-lembaga terkait lainnya.

Dengan  Petunjuk  Pelaksanaan   Pemerolehan  Sertifikat  dan  Nomor Unik Kepala Sekolah/Madrasah bagi  Calon Kepala Sekolah/Madrasah ini  diharapkan penyelenggaraan  program  penyiapan  kepala sekolah/madrasah  dan  lembaga  terkait  yakni  dinas  pendidikan provinsi/kabupaten/kota,  atau  kantor  wilayah  kementerian agama/kantor  kementerian  agama  kabupaten/kota    memahami  dan menjadikan acuan sebagai proses  pemerolehan  sertifikat dan nomor unik kepala sekolah bagi calon kepala sekolah/ madrasah.

2 Komentar untuk "Juklak Pemerolehan Sertifikat dan Nomor Unik Kepala Sekolah/Madrasah (NUKS/M)"

  1. Saya plt kepala sekolah blm memiliki sertifikt & NUKS, sampai kapan saya bisa bertahan jika thn 2020 sesuai permendikbud 8 thn 2018 saya tidak boleh mencairkan bos & menandatangani ijasah sementara teman saya memiliki sertifikat & NUKS tidak diusulkan mengisi sekolah yng kepala sekolahnya sdh tidak ada, trima kasih atas penjelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung dan telah memberikan pertanyaan yang sangat bagus, admin menjawab bahwa, sebelum rilis aplikasi dapodik versi 2020.b di aplikasi dapodik 2020.a belum ada ketentuan yang di bawajibkan kepala sekali harus memiliki NUKS.

      kita menunggu rilis aplikasi dapodik 2020.b saja dan semoga di aplikasi sudah di wajibkan seorang kepala sekolah sudah harus memiliki NUKS. oleh karena itu, janganlah risau, laksankan pembelajaran sekolah seperti biasa.

      jangan lupa follown blog ini agar mendapatkan informasi terupdate dan terpercaya, terima kasih.

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel