About us

Cara Mutasi Peserta Didik Pada Aplikasi Dapodik 2019/2020? Berikut Penjelasan Serta Berkas Yang Harus disiapkab Oleh Guru dan Siswa!!

Cara Mutasi Peserta Didik Pada Aplikasi Dapodik 2019/2020? Berikut Penjelasan Serta Berkas Yang Harus disiapkab Oleh Guru dan Siswa!!
Cara Mutasi Peserta Didik Pada Aplikasi Dapodik 2019/2020? Berikut Penjelasan Serta Berkas Yang Harus disiapkab Oleh Guru dan Siswa!!
Bagaimana Cara Mutasi Peserta Didik Pada Aplikasi Dapodik 2019/2020? Berikut Penjelasan Serta Berkas Yang Harus disiapkab Oleh Guru dan Siswa . Pada tahun ajaran 2019/2020 semester ganjil terdapat beberapa pekerjaan yang harus dilakukan seorang operator pendataan atau operator sekolah, salah satu pekerjaan tersebut adalah memutasikan peserta didik, nah bagi sekolah yang menerima peserta didik mutasi di tahun ajaran 2019/2020 proses mutasi data dilakukan setelah Aplikasi versi baru dirilis oleh kemendikbud.

Pastikan data peserta didik sudah dikeluarkan dengan status mutasi dari sekolah asal. Proses Tarik Peserta Didik dilakukan setelah sekolah tujuan melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik Versi Baru.

Untuk aplikasi dapodik versi yang akan datang guru dan siswa perlu menyiapkan diantaranya:

BAGI SISWA

1.    Nomor Kartu Keluarga (KK)
Sekolah untuk segera melakukan sosialisasi agar peserta didik mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).
2.    Peserta Didik Tidak Lulus
Sesuai informasi sebelumnya bahwa proses kelulusan untuk peserta didik tingkat akhir, yaitu kelas 6, 9 dan 12 akan dilakukan oleh Admin Dapodik Pusat secara otomatis oleh sistem. Bagi peserta didik yang tidak lulus, prosedur yang harus dilakukan oleh sekolah yaitu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk membatalkan status kelulusan data peserta didik yang tidak lulus tersebut melalui Manajemen Dapodikdasmen untuk Dinas Pendidikan.
3.    Peserta Didik Mutasi
Untuk peserta didik yang mutasi ke sekolah lain pada semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020 ini, proses mutasi pada Dapodik dilakukan setelah Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dirilis dan sudah melakukan sinkronisasi dengan versi baru tersebut. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pemetaan siswa mutasi ke dalam rombel.

BAGI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (GTK)

Pembaruan selanjutnya adalah pada menu GTK, yaitu adanya penambahan atribut baru berupa:
1.      Nomor Kartu Keluarga (KK)
Sekolah untuk segera melakukan sosialisasi agar GTK mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).
2.      Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)
Penambahan atribut nomor KK dan NUKS ini dilakukan untuk mengakomodasikan kebutuhan para pemangku kepentingan untuk melakukan evaluasi, pembinaan GTK serta perumusan kebijakan serta mendukung transaksional GTK berbasis data Dapodik.

Demikian Cara Mutasi Peserta Didik Pada Aplikasi Dapodik 2019/2020 dan beberapa berkas yang harus di siapkan oleh guru dan siswa, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mutasi Peserta Didik Pada Aplikasi Dapodik 2019/2020? Berikut Penjelasan Serta Berkas Yang Harus disiapkab Oleh Guru dan Siswa!!"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel