-->

JUKNIS O2SN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TAHUN 2019

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan
Dasar  dan  Menengah,  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan,   akan
menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMK Tahun
2019.  Program  yang  telah  menjadi  agenda  tahunan  sejak  tahun  2005  ini  akan
dilaksanakan tanggal 25 s.d. 31 Agustus 2019 di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Dalam  upaya  meningkatkan  derajat  kesehatan  peserta  didik  SMK  dan mengasah  kemampuan  aspek  psikomotor,  aspek  efektif  serta  aspek  kognitif, maka  peserta  didik  selain  mendapatkan  materi  pendidikan  jasmani  dan kesehatan secara intrakurikuler, peserta didik perlu dimotivasi melalui kegiatan ekstrakurikuler.  Kegiatan  dimaksud  bermanfaat  juga  untuk  mengembangkan otak kanan dan otak kiri pada diri seseorang.
Siswa SMK diharapkan tidak hanya terampil namun juga harus bugar, karena derajat kebugaran jasmani seseorang sangat menentukan kemampuan fisiknya dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari sehingga diharapkan hasil kerja akan semakin produktif dengan semakin meningkatnya derajat kesehatan jasmani.

Sejalan dengan program pembinaan  prestasi dibidang olahraga,  maka melalui Olimpiade  Olahraga  Tingkat  Nasional  (O2SN)  diharapkan  dapat  memacu kemajuan prestasi dibidang olahraga dan siswa/siswi SMK akan semakin bugar, kian terampil, memiliki mental yang kuat dan efisien dalam kerjanya.

Agar pelaksanaan O2SN  jenjang SMK dapat berjalan dengan baik dan lancar maka  Direktorat  Pembinaan  Sekolah  Menengah  Kejuruan  perlu  memberikan informasi  dalam bentuk Pedoman Penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional  (O2SN)  Jenjang  SMK  kepada  penyelenggara  daerah  sehingga pelaksanaan  seleksi  di  tingkat  provinsi  sesuai  dengan  ketentuan  yang  telah digariskan oleh pengurus besar KONI cabang olahraga terkait.

Pada O2SN Jenjang SMK Tahun 2019  mempertandingkan 5 (lima) cabang olahraga yaitu: Bulutangkis, Karate, Pencak Silat, Atletik, dan Renang.  Pelaksanaan seleksi kelima cabang olahraga tersebut dimulai dari tingkat sekolah, provinsi dan di lanjutkan pada tingkat Nasional.

Tujuan dilaksanakan O2SN Jenjang SMK adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi
siswa yang mempunyai bakat dan minat di cabang olahraga, sehingga siswa dapat
meningkatkan  skill  dan kemampuan  sesuai  bidangnya. 

Kegiatan ini sekaligus  juga dalam upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran dan rasa solidaritas yang  tinggi  antar  sesama  siswa  yang  pada  akhirnya  dapat  meningkatkan  mutu pendidikan.  O2SN  menambah  kepercayaan  bahwa  olahraga  bukan  hanya  tentang raga yang sehat.

Pedoman ini disusun sebagai acuan pelaksanaan O2SN  Jenjang SMK  Tahun  2019
bagi  pelatih,  wasit/juri,  official,  dan  peserta,  agar  sekolah  maupun  provinsi  dapat
melakukan persiapan sehingga penyelenggaraan pertandingan/perlombaan di tingkat
Nasional berjalan sesuai dengan tata cara dan aturan yang telah disepakati bersama.

Belum ada Komentar untuk "JUKNIS O2SN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TAHUN 2019 "

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel