-->

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Offline (Cara Kompres Ukuran File PDF Secara Ofline)

Selamat datang dan selamat jumpa kembali pembaca setia blog www.dapodik.co.id.
Pada waktu yang lagu admin membuat artikel dengan judul Panduan Cara Cetak Kartu NUPTK Bagi Guru PAUD Di Verval PTK ResmiKemdikbud, baca saja di sini.

Stelah menulis, admin share ke grup media social dan terkejutlah admin karena ratusan pembaca bertanya soal bagaimana mengecelkan ukuran berkas seperti PDF.

Dari situlah, pada kesempatan kali ini admin akan membuat artikel ini dengan judul Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Offline (Cara Kompres Ukuran File PDF Secara Ofline).

Nah bagi Anda yang sering mengalami hal di atas, kali ini dapodik.co.id akan mengupas cara memperkecil ukuran file PDF dengan mudah. Cara yang diulas di sini meliputi metode secara offline tanpa koneksi internet.
Menggunakan PDF Compressor

Cara pertama yang Anda lakukan adalah melakukan compressing dengan program khusus. Salah satu program atau aplikasi yang cukup populer untuk keperluan ini adalah PDF Compressor. Program tersebut tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya dapat Anda download di sini.

Aplikasi tersebut memiliki tampilan yang sederhana sehingga cukup mudah untuk digunakan. Anda hanya tinggal memasukan file PDF yang ingin diperkecil, lalu lalukan beberapa pengaturan kualitas, dan mulai melakukan compressing.

Untuk diketahui bahwa ada 3 macam level kompresi yang ditawarkan oleh aplikasi PDF Compressor tersebut yakni deafult, fastest, dan maximum.

Jika Anda ingin ukuran file PDF yang paling kecil, maka silahkan pilih level maximum. Akan tetapi jika ingin file dengan kualitas terbaik, maka silahkan pilih default.

Menariknya, program PDF Compessor ini melakukan proses konversi secara lossless dan bukan lossy. Artinya, gambar ataupun teks yang ada di dalam file PDF yang dikompres tidak akan mengalami penurunan kualitas secara signifikan.

Sedangkan untuk proses konversi dengan metode lossy, berbagai gambar yang ada di dalam file tersebut biasanya mengalami penurunan kualitas bahkan cenderung menjadi blur. Namun ukuran filenya biasanya akan menjadi jauh lebih kecil.

Demikian yang dapat admin dapodik.co.id bagikan pada kesempatan kali ini, semoga ada manfaatnya.

Jika ingin menyimpan Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Offline (Cara Kompres Ukuran File PDF Secara Ofline) di computer atau leptop Anda, silahkan ambil di sini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Offline (Cara Kompres Ukuran File PDF Secara Ofline)"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel