Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAGI GURU YANG INGIN MENCARI JAM DI SEKOLAH GURU NON INDUK, KEMENDIKBUD RESMI MEMPERBOLEHANKAN. BERIKUT CARA MEMASUKAN DATA GURUNYA DENGAN METODE TARIK PTK

DAPODIK.co.id - Bagi Guru Yang Ingin Mencari Jam di sekolah guru non induk, kemendikbud resmi memperbolehankan. Berikut Cara memasukan data gurunya dengan metode tarik PTK

Banyaknya guru sertifikasi yang di tempatkan di sekolah yang rombelnya kurang, rombelnya sedikit ataupun robelnya tidak memenuhi persyaratan validnya jumlah jam seorang guru sertifikasi makan kementrian dengan laman resmi https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ memperbolehkan seluasnya.

BAGI GURU YANG INGIN MENCARI JAM DI SEKOLAH GURU NON INDUK, KEMENDIKBUD RESMI MEMPERBOLEHANKAN. BERIKUT  CARA MEMASUKAN DATA GURUNYA DENGAN METODE TARIK PTK

Oleh karena itu, sebelum SK sertifikasi seorang guru terbit carilah sekolah yang masih banyak rombel dan sekolah yang kekurangan guru sesuai mata pelajaran guru yang membutuhkan.

Jika di sekolah anda terdapat guru non induk menambah jam, maka pastikan proses memasukan data gurunya dengan metode tarik PTK.

Cara dan langkah-langkah memasukan data guru dengan metode tarik PTK sebagai berikut:

  1. Sekolah yang akan menarik login ke http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau klik di sini.

  1. Masuk menu Tambah PTK

  1. Cari sekolah asal PTK dan nama PTK

  1. Tambahkan

  1. Hubungi dinas untuk persetujuan

  1. Buka aplikasi dapodik sekolah, dan sinkron dapodiknya.

  1. Mapping pembelajaran

  1. sinkron ulang aplikasi dapodik.

Jika di sekolah lama ada ptk bukan hasil tarik ptk yang dulu sudah ditambahkan, maka Mutasikan dulu, kemudian sync, baru lakukan langkah diatas.

Demikian informasi yang dapat admin www.dapodik.co.id bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi guru sertifikasi.

61 komentar untuk "BAGI GURU YANG INGIN MENCARI JAM DI SEKOLAH GURU NON INDUK, KEMENDIKBUD RESMI MEMPERBOLEHANKAN. BERIKUT CARA MEMASUKAN DATA GURUNYA DENGAN METODE TARIK PTK"

  1. Jika km honda prov. Yang mengajar/nambah jam ke sekolah MTS (sklah noninduk) apakah jg bisa dimasukkan ke dapodik?,( saya belum sertifikasi)

    BalasHapus
  2. Jika km honda prov. Yang mengajar/nambah jam ke sekolah MTS (sklah noninduk) apakah jg bisa dimasukkan ke dapodik?,( saya belum sertifikasi)

    BalasHapus
  3. Saya mengajar disekolah induk 12 jam.12 jam disekolah lain.kenapa belom valid datanya

    BalasHapus
  4. tinggal menunggu saja
    pastikan di dapodik sudah valid datanya

    BalasHapus
  5. Saya mengajar disekolah induk 12 jam.disekolah lain 12 jam.sudah sertifikasi.knp belum valid datanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sekolah non indik hanya 6 jam saja

      Hapus
    2. Setau saya dan sy pernah baca peraturannya. Disekolah induk minimal 18 jp dan non induk 6jp. Demikian smg bisa ikut mencerahkan

      Hapus
  6. saya mengajar sekolah induk di SMA mata pelajaran PJOk 18 jam , apakah bisa mengajar sekolah non induk di SD 6 jp? (sudah sertifikasi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya di sekolah non induk mengajar sesama jenjang

      Hapus
  7. Selamat pagi, saya mau tanya jika saya mengajar di Mts mapel MTK, dan mengajar di SMP MAPEL MTK.itu kira2 nnti bermasalah tidak yah . Karena berbeda naungan 🙏

    BalasHapus
  8. Selamat pagi,Jika mengajar di sekolah induk SMP mapel IPS 12 jam dan Mts mapel IPS 24 jam dan sudah sertifikasi, apakah bisa divalidkan verifikasi datanya?

    BalasHapus
  9. Saya mengajar di smk mapel bahasa inggris 10 jam ditambah tugas tambahan wakil kepala sekolah jadi 12 jam total 22 jam. Jika ditambah dengan pembina ekstra english club apakah valid?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek saja kevalidan data di info GTK

      Hapus
  10. Saya mengajar disekolah kecil mapel bahasa inggris dengan total 10 jam untuk 3 rombel, dan satu-satunya guru mapel ditambah tugas tambahan utama total 22 jam, apakah bisa valid di info gtk?

    BalasHapus
  11. Bisakah saya sertifikasi disekolah non induk?

    BalasHapus
  12. Saya mengajar bahasa inggris di SMK negeri dan SMK swasta, dan induknya di smk negeri.bisakah saya sertifikasi di sekolah swasta saya?

    BalasHapus
  13. Says mengajar B. Inggris di sekolah induk SMA 12 jam menambah di SMP 12 jam, apakah valid?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih aman, sebaiknya ambil jam di jenjang sma juga

      Hapus
  14. Saya ( Ssudah sertifikasi) mengajar di SMP, Matematika 10 jam, tugas tambahan Wakasek kurikulum 12 jam, apakah masi bisa tambah di tugas tambaha wali kelas atau pembina OSIS untuk melengkapi 24 jam? Mohon penjelasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya ambil jam di sekolah non induk saja

      Hapus
  15. Assalamualaikum.
    Izin bertanya, apakah guru BK dapat mengambil tambahan siswa terbimbing di sekolah non induk? Karena jumlah siswa di sekolah induk kurang dari 150.
    Berapa jumlah siswa minimal yang dibimbing di sekolah induk?
    Guru BK sudah sertifikasi.
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah guru BK dapat mengambil tambahan siswa terbimbing di sekolah non induk
      sangat bisa

      Hapus
  16. Klau status sekolah induk di smp
    Apa bisa jdi kepala sekolah di paud?
    Sama2 menggunakan dapodik

    BalasHapus
  17. Apakah program menambah jam ini hanya diperuntukkan bagi guru yang sertifikasi saja?

    BalasHapus
  18. saya induk di pau apa bisa mengajar di PKBM sebagai non induk dan menjadi guru matpel di semua jenjang(paket A,B dan C) sy blm sertifikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf maksud saya si PAUD

      Hapus
    2. sangat bisa, jika diijinkan oleh dinas

      Hapus
  19. Apakah bisa guru pjok sd jjm 12 jam di sekolah induk dan 12 jam non induk jenjang sama sd apakah terbayar sertifikasi saya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asswrwb Tapi saya GURU PJOK SD di Makassar baru baru tanyakan di operator dapodik dinas pendidikan katanya 18 jam sekolah induk dan 6 jam non induk katanya guru olahraga
      Harus 18 jjm induk dan 6 jjm non induk
      Mohon pencerahan dan dasar atau pedoman yang bisa sy sampaikan bahwa ternyata bisa 12 jjm induk dan 12 jjm non induk??

      Hapus
    2. ya, bisa 12 jjm induk dan 12 jjm non induk

      Hapus
  20. berapa maksimal jumlah sekolah non induk yang diakui agar bisa menambah jam ? trima kasih

    BalasHapus
  21. Anonim18:18

    Ass.wr.wb..mohon pencerahannya,apakah guru dr suatu daerah (A) yg dititipkerja di smp pd daerah lain (B) lintas profinsi dgn alasan ikut dinas suami dan sdh ada sk titip kerja dr bupati/sekda,apakah bs sertifikasi?bagaimana prosedurnya?mengingat sgala administrasi (kisal gaji,kenqikan pangkat)msh d daerah asal (A), apakah pd dapodik bs diubah sekolah induknya yg awalnya di daerah A/asal mnjadi skolah baru di daerah B yg beda provinsi?apakah ada dasarnya yg bs menguatkan ,trimakasih

    BalasHapus
  22. status titip tidak ada dasarnya.
    sebaiknya memiliki sk pindah saja

    BalasHapus
  23. Anonim19:21

    Klo di sekolah induk jumlah jjm 16 tambah wali kelas 2 jam dan menambah di sekolah non induk 7 jam apakah bisa valid

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak valid karena wali kelas tidak dihitung

      Hapus
  24. Bangsul11:30

    mohon petunjuk Pak.. saya lulus pretest PPG ketika mengajar di SMK Swasta (Induk), di sim pkb sudah tertera sebagai peserta tingggal menunggu jadwal PPG, namun saya sekarang tidak dapat jam di Sekolah tsb., sekarang saya mengajar di sekolah baru namun beda jenjang (SMPN) rencananya ingin tarik data PTK ke sekolah baru (drngan status non induk), apakah status kepersertaan saya sebagai peserta PPG nantinya akan bermasalah atau tidak Pak? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah status kepersertaan saya sebagai peserta PPG nantinya akan bermasalah atau tidak Pak?
      pasti bermasalah karena lulusnya di SMK jadi harus konfirmasi di SMK juga agar mendapatkan universitas PPG nya

      Hapus
  25. Anonim18:46

    Saya mau tanya kalo saya ngajar di smpn induk 18 jp, lalu sy tambah ngajar 6jp di smpit. Bisa sy sertifikasi?

    BalasHapus
  26. Anonim10:51

    Saya guru SMK kesehatan dg sertfifikat PPG Biologi. Barusan data saya di anggap tidak memenuhi syarat karena yang d anggap linier hanya 8jp biologi yg hanya dapat d kelas X. Sedangkan mapel mikrobiologi kesehatan di kelas XI dan XII d anggap tidak linier. Walau sudah di tambahkan dengan tugas wakasek sebanyak 12jp tentu masih 20jp totalnya. Semua sekolah yang saya kunjungi sudah penuh jamnya. Hanya d SMP terpencil yang memang belum ada gurunya. Dan saya di beri jam IPA sbyak 10jp karna hanya itu yg linier dgn biologi. Sekedar saran harusnya untuk guru2 SMK linieritas matapelajaran harus di lihat kembali. Kami bukan guru SMA dgn peminatan jelas mapel IPA /IPS. Mapel peminatan kami merupakan mapel khusus yg berkelanjutan. Kalo di lihat dari isi muatan mapelnya. Mikrobiologi itu hrusnya linier. Karena isinya pendalaman materi biologi di kelas X. Dengan bgini kami harus meninggalkan sekolah kami juga untuk mengajar d tempat lain. Pertanyaan saya jika ops skolah non induk menarik data apakah hal itu juga perlu d sampaikan pada ops skolah induk untuk melepas data? Apa yg kan terjadi dgn data kami nanti?

    BalasHapus
  27. Anonim06:03

    Ijin bertanya Kalau saya di sekolah induk tata usaha dan di sekolah induk guru mapel olahraga apakah bisa

    BalasHapus
  28. Anonim06:06

    Ijin bertanya Kalau saya di sekolah induk tata usaha di dapodik nya dan guru mapel olahraga di sekolah non induk apakah bisa

    BalasHapus
  29. Anonim14:09

    Saya mengajar seni budaya di SMK karena guru agama dan Budi pekerti kelebihan di SMK saya mengajar 24 jam mapel seni budaya sedangkan saya basic ilmu agama kristen dan Budi pekerti apakah bisa saya mengajar sebagai guru kelas di SD sebagai pengampu mata pelajaran pendidikan Budi pekerti mohon solusi?

    BalasHapus
  30. Anonim18:22

    Mohon izin bertanya pak,
    Saya guru matematika PPPK saya di sekolah induk dpt jam 12. Kekurangan 12 jam lg (bukan sertifikasi).
    Apakah saya boleh pak mengajar di non induk sekolah swasta untuk mendapatkan jam kekurangan Saya 12 jam lg???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim18:23

      Mohon solusinya pak?

      Hapus
  31. Anonim17:03

    Apakah benar sekarang tidak lagi diperbolehkan tambah jam pelajaran antara SMK swasta dan negeri. Saya skrng mengajar sejarah di SMK swasta, ingi menambah jam mengajar ke SMK negeri, saat tari data tidak bisa alasannya tambah jam swasta ke negeri skrng sudah tidak bisa.. mohon penjelasannya

    BalasHapus
  32. Anonim17:44

    saya mengajar IPS di SMP(induk) jumlah jam 12jp dan mengajar di PKBM / kejar paket B (non induk) jumlah jam 12jp.
    apa bisa sertifikasi?

    BalasHapus
  33. Izin bertanya apakah bisa mengajar disekolah induk cuma dapat 9 jam mapel PPKn karna sekolah kecil rombelnya hanya 3 *ditambah kepala perpus(apakah valid) serta nambah jam disekolah non induk 6 jam. Mohon pencerahannya, guru sudah sertifikasi

    BalasHapus
  34. Shabry20:11

    Assalamualaikum.
    Saya shabry dari Bengkulu ingin bertanya. Saya sudah terdaftar dapodik dari tahun 2010 dan hingga sekarang belum juga diundang PPG dalam jabatan, untuk jam sudah cukup dan mengajar disekolah swasta dengan mapel yg linear. Knp ya saya belum juga diundang???

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.