Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Melakukan Konfirmasi Kesediaan Mengikuti Program PPG Dalam Jabatan (PPGDJ)

DAPODIK.CO.ID - Cara Mudah Melakukan Konfirmasi Kesediaan Mengikuti Program PPG Dalam Jabatan (PPGDJ). Registrasi dan konfirmasi kesediaan mengikuti Program Peningkatan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) dapat dilakukan setelah seorang master dinyatakan lulus seleksi akademik melalui pretes PPG dan selesksi administrasi sesuai persyaratan.


Maksud registrasi dan konfirmasi kesediaan ini untuk meyakinkan kalau semua peserta PPG mengerti ketetapan yang berlaku sepanjang mengikuti Program PPG Dalam Jabatan bersama sangsinya serta menyatakan kesanggupannya untuk mengikuti program tersebut.

Sesudah membaca serta mengerti informasi serta ketetapan compositions PPG Dalam Jabatan dan pembiayaan, calon peserta harus lakukan konfirmasi kesediaan dengan ketetapan seperti berikut:

1.    Sistem konfirmasi serta registrasi ikuti alur yang sudah disiapkan dalam situs https://ppg.kemdikbud.go.id/ dan isi jati diri pada structure yang sudah disiapkan dalam situs registrasi.

2.    Untuk master yang tidak mau meneruskan registrasi atau mengundurkan diri karna alasan keluarga, kesehatan, cost, atau argumen yang lain, harus mengkonfirmasi lewat situs supaya bisa diisi oleh Peserta Cadangan. Master tersebut akan di beri peluang untuk ikuti PPG pada tahap selanjutnya tanpa melalui seleksi akademik serta administrasi lagi.

3.    Untuk Peserta Cadangan yang menginginkan masuk dalam daftar antrian untuk menukar peserta yang mengundurkan diri, bisa lakukan konfirmasi kesediaannya diletakkan di perguruan tinggi yang pesertanya mengundurkan diri.

4.    Calon pesertayang sudah merampungkan konfirmasi serta registrasi akhir menjadi peserta PPG.

5.    Sesudah lewat sistem konfirmasi kesediaan serta registrasi, calon peserta yang sudah dinyatakan jadi Mahasiswa PPG segera mencetak Format A1 serta Pakta Integritas sesuai jadwal yang ditetapkan.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan konfirmasi kesediaan mengikuti Program PPG Dalam Jabatan sebagai berikut:

1.    Akses laman Informasi Sertifikasi Guru disini

2.    Klik Tautan Informasi Konfirmasi Kesediaan

3.    Login ke laman konfirmasi kesediaan dengan menggunakan akun SIMPKB disini

4.    Konfirmasi kesediaan mengikuti PPG Daljab Peserta wajib melakukan konfirmasi persetujuan untuk setiap poin pakta integritas. Arrangement dokumen pakta integritas dapat dilihat di bawah ini. Bagi yang bersedia harap dipersiapakan ijasah/transkrip nilai untuk mengisi kolom nama perguruan tinggi dan NIM/NPM.

5.    Konfirmasi Cetak Berkas Cetak dokumen pakta integritas dan structure A1 dapat dilakukan jika konfirmasi kesediaan mengikuti PPG daljab sudah tuntas.

Formulir Pakta Integritas dapat dilihat di bawah ini:

Cara Mudah Melakukan Konfirmasi Kesediaan Mengikuti Program PPG Dalam Jabatan (PPGDJ)

Demikian Cara Mudah Melakukan Konfirmasi Kesediaan Mengikuti Program PPG Dalam Jabatan (PPGDJ), Semoga Bermanfaat.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

15 komentar untuk "Cara Mudah Melakukan Konfirmasi Kesediaan Mengikuti Program PPG Dalam Jabatan (PPGDJ)"

  1. Sebelumnya sy sudah terdaftar dan mengikuti daring pada angkatan 2019 namun tidak lolos.
    Saya terdaftar menjadi calon peserta angkatan 3, namun sy tidak menemukan tautan konfirmasi kesediaan dalam akun simPKB sy.
    Tolong bagaimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak menemukan tautan konfirmasi kesediaan dalam akun simPKB,
      silahkan menghubungi dinas pendidikan di daerah masing-masing

      Hapus
  2. ajibaning27@gmail.com15:17

    Bapak nuwunsewu begini pak terkait PPG saya dan temen saya sudh lulus seleksi akademik administrasi dan sudh konfirmasi kesediaan nahh temen saya dg mapel sama farmasi dan smk sama hr ini sudh ditetapkn sebagai peserta PPG dan penemptanya di Unes nah punya saya itu belum pak dan saya khawatirkan saat konfirmasi kesediaan saya ngklik yg tidak bersedia pdhl sudh sy oke, itu saya konfirmasi terkait itu kemnaa nggih pak krn saya bersedia dan belum ditetapkn sebagai peserta

    BalasHapus
    Balasan
    1. konfirmasi terkait itu kemnaa
      langsung bertanya ke kantor dinas pendidikan diaranya

      Hapus
  3. Maaf saya ingin bertanya mengenai point 2. Bagaimana caranya melakukan konfirmasi tidak bersedia mengikuti PGG daljab tahun 2022, dan bisa mengikuti PPG berikutnya tanpa tes? 🙏 mohon berkenan dijawab terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, harus menghubungi universitas tempat kelulusan nya

      Hapus
  4. Pak admin, saya mengajar di mts swasta dan juga di sma negeri. Saya terdaftar di simpatika kemenag tapi belum terdaftar di dapodik. Kalau mutasi dari simpatika ke dapodik bisa apa gak? Trus untuk mutasi ke dapodik apa perlu sk bupati juga? Saya mengajar di sma sejak 2016

    BalasHapus
    Balasan
    1. di MTS swasta harus masuk dulu di dapodiknya

      Hapus
  5. Anonim06:14

    solusi jika pada kolom pencarian tidak muncul nama ptk

    BalasHapus
  6. Anonim17:55

    Assalamualaikum min, izin bertanya
    Saya sudah mengajar di TK Swasta selama 2 tahun tetapi belum dimasukin dapodik, tetapi pada tahun 2022 saya pindah ke sd swasta, yg ingin saya tanyakan apakah SK yg di TK selama 2 tahun itu bisa di perhitungkan TMT nya untuk dimasukan di dapodik sd, apa mengikuti SK yg baru di buat tahun 2022 ini..terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa karena di sekolah awal belum masuk dapodik mengakibatkan data belum direkam

      Hapus
  7. Anonim04:35

    Apakah guru honor di sekolah negeri bisa mengikuti PPG daljab?

    BalasHapus
  8. Anonim20:23

    Saya terlambat klik bersedia padahal saxa bersedia bagaimana melanjutkanya

    BalasHapus
  9. Anonim15:19

    siap ikut PPG tahap 3. an. Yuliton Degei dari SMK N 1 Pariwisata Paniai, Prov Papua Tengah

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.