Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperoleh Kode Registrasi Aplikasi Dapodik - Tutprial Prosedur Memperoleh Kode Registrasi Aplikasi Dapodik

DAPODIK.co.id - Cara Memperoleh Kode Registrasi Aplikasi Dapodik - Tutprial Prosedur Memperoleh Kode Registrasi Aplikasi Dapodik. Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN. Kode registrasi didapat dari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) atau dengan cara login ke laman SDM di http://sdm.data.kemdikbud.go.id. 

Jika belum memiliki akun  di http://sdm.data.kemdikbud.go.id,  maka petugas  pendataan di sekolah harus segera melakukan registrasi dengan melampirkan surat tugasnya sebagai Petugas Pendataan Dapodik.

Cara Untuk Memperoleh Kode Registrasi Aplikasi Dapodik Terbaru 

Setelah  mengambil  kode  registrasi  sekolah  dari  laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id maka pastikan kode registrasi tersimpan dan  tercatat  dengan  baik  serta  tidak membagi/  memberitahukan kode registrasi ini pada pihak yang tidak berkepentingan, jadi kode  registrasi sifatnya RAHASIA.

Untuk  sekolah  baru  dan  belum  memiliki  kode  registrasi, prosedur  untuk memperoleh kode registrasi Aplikasi Dapodik yaitu:
·       Sekolah harus telah memiliki NPSN yang diterbitkan oleh PDSP-K.
·       Petugas  pendataan  melakukan  registrasi  atau  mendaftar  di  laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan  melampirkan  Surat  Tugas atau SK Penugasan Petugas Pendataan (file dalam bentuk *.pdf).
·        Petugas pendataan dapat mengecek status approve atau persetujuan dari admin di PDSP-K.
·        Jika  statusnya  telah  di-generate,  maka  petugas  pendataan  dapat melihat  dan  mengambil  Kode  registrasi  pada  laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagaimana dijelaskan di atas.

Demikian Cara untuk memperoleh kode registrasi Aplikasi Dapodik Yang Terbaru bagi sekolah yang baru dan sudah lama ataupun bagi sekolah yang sudah lupa kode registrasi aplikasi dapodik.semoga bermanfaat.

7 komentar untuk "Cara Memperoleh Kode Registrasi Aplikasi Dapodik - Tutprial Prosedur Memperoleh Kode Registrasi Aplikasi Dapodik"

  1. admin, apakah ini masih berlaku? karena saya coba dan gagal... trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata yg bermasalah adalah browsernya, saya coba pakai google chrome selalu error, saya pakai browser lain bisa.. trimakasih

      Hapus
    2. mas maaf nanya lagi, saya sudah login ke sdm.data.kemdikbud.go.id , bisa dibantu lagi cara mendapatkan kode registrasinya di menu mana? trims

      Hapus
    3. Anonim09:46

      saya juga sudah mencoba demikian, tapi diminta untuk mengisi kode registrasi. padahal belum dikasih tau sama dinas provinsi

      Hapus
  2. sudah kami jelaskan di atas

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.