Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasukan Guru BK dan TIK di Dapodik Agar SKTP Tidak Bermasalah Di Dunia Teknologi

Pada kesempatan ini pembahas tentang bagaimana seharusnya GURU BK dan TIK di tempatkan di dapodikdas, menurut peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan yang terbaru guru TIK kedudukannya sama dengan dengan GURU BK, yaitu membina dan membimbing siswa minimal 150 orang siswa yang ekwivalen dengan 24 jam, jumlah minimal 150 orang siswa ini diperlukan agar tunjangan profesinya bisa dibayarkan. 

Cara Memasukan Guru BK dan TIK di Dapodik Agar SKTP Tidak Bermasalah Di Dunia Teknologi
Cara Memasukan Guru BK dan TIK di Dapodik Agar SKTP Tidak Bermasalah

Secara teori sebenarnya mudah menentukan seorang Guru BK atau TIK itu bisa memenuhi batas minimum siswa atau tidak, cukup dengan melihat jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut. 

Teorinya memang demikian, tapi kenyataanya kenapa masih ada guru BK yang harus terbit SKTP nya di akhir semester?.. 

Bagi sekolah yang memiliki hanya satu guru BK atau satu guru TIK, memang tidak sulit untuk menghitungnya, tapi jika disekolah ternyata memiliki lebih dari satu guru TIK atau guru BK, dan jumlah muridnya kurang dari batasan minimum harus guru mana yang di tetapkan sebagai guru yang berhak untuk menerima SKTP. 

Mungkin akan ada yang menjawab, suruh salah satu gurunya mengampu disekolah lain. 

Jawaban seperti itu memang tidak salah, tapi perlu diingat sekolah yang dijadikan sekolah kedua bagi guru BK tersebut sudah memiliki guru BK belum, kalau sudah ada dan jumlah siswa yang lebih dari batas minimum disekolah tersebut tidak cukup untuk menutupi kekurangan guru BK dari sekolah pertama bagaimana, siapa yang harus dimenangkan?

Karena kesulitan seperti itulah akhirnya pada semester 2 tahun ajaran baru ada guru BK yang terbit SKTPnya pada akhir semester. Untuk mengurangi kesulitan penghitungan jumlah siswa untuk seorang guru BK dan guru TIK, maka diusulkan agar dimasukan kedalam rombel. 

Memasukan guru BK dan guru TIK kedalam rombel akan membawa masalah baru, karena jam mengajar didalam sebuah rombel akan terhitung lebih dari batasan maksimum jumlah jam dalam sebuah rombel, jadi harus bagaimana ? 
Pada dapodik jenis rombel dibagi menjadi tiga jenis : 
1. Rombel wajib (1) 
2. Rombel Wajib tambahan (2) 
3. Rombel tambahan (9) 

Rombel wajib di isi untuk matapelajaran wajib sesuai dengan kurikulum jumlah jamnya juga tidak boleh melebihi atau kurang dari aturan kurikulum yang digunakan, jika rombel tersebut menggunakan kurikulum 2013 maka jumlah jamnya harus sesuai dengan aturan kurikulum 2013 begitu juga yang masih menggunakan KTSP (khusus utnuk kelas 3,6 dan kelas 9) 

Rombel wajib tambahan, rombel ini berisi matapelajaran tambahan yang diperbolehkan dalam kurikulum, jika masih menggunakan KTSP disini sekolah bisa menambah jumlah jam mengajar maximum 4 jam, sedangkan unutk kurikulum 2013 tidak ada istilah penambahan jam kecuali untuk mulok bahasa daerah masih diperkenankan diisi di jam wajib tambahan dengan jumlah jam tidak lebih dari 2 jam,.. 

Rombel tambahan untuk jenis rombel yang ketiga ini semua jam mengajar yang dimasukan dalam jenis ini tidak akan dihitung jumlah jamnya. Jenis rombel ini disediakan untuk menampung jam mengajar matapelajaran yang diajarkan diluar ketentuan kurikulum. jenis jam ini biasanya diperlukan untuk sekolah-sekolah swasta yang memiliki jam tambahan khusus matapelajaran khas sesuai dengan sekolahnya. 

Dari ketiga jenis rombel tersebut yang paling memungkinkan untuk dimasukan oleh guru TIK dan guru BK adalah rombel tambahan (9) yang jika dimasukan tidak akan mengganggu jumlah maksimum jam mengajar sebuah rombel. 
Kenapa harus di rombel tambahan? 
Apa nanti jam ekwivalennya akan dihitung? 
Apa SKTPnya nanti bisa keluar? 

Cara Memasukan Guru BK dan TIK di Dapodik Agar SKTP Tidak Bermasalah Di Dunia Teknologi

Mungkin pertanyaan seperti diatas akan muncul dibenak para operator sekolah, sebab OPS-lah yang nanti menjadi sasaran tembak para guru BK dan TIK jika SKTPnya tidak terbit. 

Alasan kenapa harus di jenis rombel tambahan adalah : 
  1. Jumlah jam tidak akan mengganggu jumlah jam maxsimum rombel,.. 
  2. Guru TIK dan Guru BK tidak memerlukan jam,..mereka hanya memerlukan pemetaan berapa siswa yang diasuh oleh mereka. Dengan memasukan mereka kedalam rombel maka sistem akan mudah menghitung jumlah siswa yang diasuh oleh seorang guru BK atau guru TIK, karena didalam rombel sudah dipetakan berapa jumlah siswanya. 
  3. Jika guru BK atau TIK sudah memiliki jumlah rombel yang diasuk sistem akan menghitung jumlah siswa pada masing rombel, sehingga didapat jumlah siswa tepat untuk seorang guru BK dan TIK. 
  4. Jika guru TIK dan BK menambah disekolah lain maka bisa dipetakan dengan jelas berapa jumlah siswa yang menjadi anak asuhnya, 
  5. Guru BK dan TIK memiliki kepastian yang jelas berapa siswa yang telah diakui sistem dan berapa kekurangan siswa yang harus dipenuhinya.
Jadi untuk memudahkan proses penghitungan jumlah siswa yang diasuh oleh seorang guru TIK dan BK, maka GURU BK DAN TIK WAJIB DIMASUKAN KEDALAM ROMBEL DENGAN JENIS ROMBEL TAMBAHAN. Sekian

Sumber Berita:  Nazarudin Kompetan

138 komentar untuk "Cara Memasukan Guru BK dan TIK di Dapodik Agar SKTP Tidak Bermasalah Di Dunia Teknologi"

  1. mohon bantuannya pak....
    di sekolah kami ada guru tik tidak valid dengan keterangan jumlah rombel binaan kurang dari 3 rombel disekolah induk.
    sebagai informasi sekolah:
    rombel kelas 7 ada 2 memakai kurikulum k13
    rombel kelas 8 ada 2 memakai kurikulum KTSP
    romber kelas 9 ada 2 memakai kurikulum KTSP

    sebagai tambahan, guru tersebut juga menambah ke sekolah lain dengan referensi jam dan rombel yang sama dengan sekolah induk..
    bagaimana seharusnya supaya valid guru bk tik tersebut pak.. mohon pencerahannya
    Terima Kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jumlah siswanya harus 150 peserta didik satu sekolah

      Hapus
  2. Assalamualaikum wb.
    mohon pencerahan, pada jenjang SD kami berlakukan kur 2013 dg jumlah seluruh siswa 213.
    1. apakah guru BK, dapat dimasukkan dalam rombel mapel tambahan dalam dapodik 2020??
    2. jika bisa, jenis PTK nya dalam dapodik "guru kelas/guru BK"
    terimakasih atas bantuannya...
    Wasalamualaikum wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa, namun ijasanya PTK nya apa ?

      Hapus
    2. s1 BK ijazahnya. Hal ini sya tanyakan krena PTK tsb sdh memilii sertifikat pendidik BK 2019 kemarin. Apakah bs mendapatkan TPG?

      Hapus
    3. oke,sangat bisa.
      langsung bertemu dengan operator dinas terkait

      Hapus
    4. kami pernah myampaikan demikian, dg alasan pada SD tidak ada guru BK. Bagaimana kami memberikan penjelasan ini?

      Hapus
    5. kalau dinas tidak memberi solusi, nanti bertanya ke LPMP

      Hapus
  3. Status PTK diisi Guru TIK atau Guru Mapel,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ijasa terakhir PTK itu apa ?

      Hapus
    2. Pak apakah ini mempengaruhi valid tidaknya ya pak, saya guru BK TIK isian ptknya Guru Mapel
      Ijazah terakhir pendidikan teknik informatika

      Hapus
    3. sudah di jelaskan di dalam artikel kami di atas

      Hapus
  4. Mohon maaf pak mau tanya dsekolah kami jumlah siswa ad 119 kemudian guru BK 1,guru TIK jga 1, kemudian kami punya tambahan dsekolah lain, apakah bisa? Saya jga mndapat info klu ada tambahan dsekolah lain guru trsebut hrs jd GTY jga dsekolah tambahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sekolah lain sebagai guru atau ambil tugas tambahannya sebagai apa ?

      Hapus
  5. Mohon petunjuknya admin. Saya di SMP induk pada dapodik sbg guru TIK dg jumlah siswa hanya 119. Juga mengajar di SMP lain tp diatur sbg guru TIK di dapodiknya kok ga bisa ya? Lalu saya diberi jam ngajar prakarya di kelas 7 dg jumlah siswa 20. Dan saya jg mengajar di SMK sbg guru SIMKOMDIG. Apakah bisa menambah perhitungan jumlah siswa sbg guru TIK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sertifikasi TIK jenjang SMP

      Hapus
    2. jangan mengajar lagi demgam mapel yang lainnya kalaui TIP semuanya harus mapel TIK

      Hapus
    3. Mohon maaf bapak saya mengalami kendala disaat masuk dikomunitas SIMPKB disebabkan sya honor di SD mengajar matapelajaran muatan lokal dikarena sesudah tamat kulia isu2 harus sekolah negeri maka dengan tidak memikirkan kualifikasi ijasah seharusnya SMP/ SMA apakah akan berpengaruh ketika sya daftar P3K mohon kejelasan bagi kami yang sementara tidak linear tp sudah mengabdi 12 tahun trimakashπŸ™

      Hapus
    4. apakah sudah verivikasi ijasa di info GTK?

      Hapus
  6. Pak ..saya juga blm valid juga valid..ket beban mengajar: menunggu verifikasi ..maksudny apa ya pak..uda disingkron tgl 21 04 2020 tp blm berubah juga pak ...tks pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu verivikasi dari operator dinas.
      silahkan menghubungi dinas

      Hapus
    2. Uda pak kira2 berapa hari validnya pak...uda melapor tangl21 april 2020 ..tks pak

      Hapus
    3. Skg status data saya masih : 2 pak ..kemana sosusinya pak ..ptk saya guru tik..sdangkan dirombel jam wajib saya terbaca seni budaya..

      Hapus
    4. Pak bleh dihub lewat WA pak..??

      Hapus
    5. didapodik terpaca 2 mapel atau muncul di verval PTK ??

      Hapus
    6. Kayaknya 2 mapel pak ..karna ada tertulis seni budaya jam wajib..jam tambahannya Tik blm masih belum Terbaca tp uda dimasukan didapodik uda disingkron tgl 21 04 2020..minta tolong pak ...tks pak

      Hapus
    7. Operatornya mengirim data nya separoh2 pak..

      Hapus
    8. harus hapus salah satu mapel di dapodik.

      Hapus
  7. Mohon izin bertanya admin, saya guru TIK jenjang SD .. dan oleh operator akan dimasukan di BTIK .. apakah SKTP nya akan bisa keluar ? mohon penjelasannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIK jenjang SD maksudnya gimana ?

      Hapus
    2. saya di SD swasta, dan sudah LULUS sertifikasi Prodi TIK.. bagaimana memasukkan ke dapodik biar bisa keluar SKTP nya pak ?

      Hapus
    3. masukin saja sk nya di dapodik

      Hapus
  8. Andri22:22

    Pak. Guru bk sertifikasi di sekolah saya. Lupa di masukan ke rombel mapel BK. Tpi di cek manajemen dapodik beliau ada mengajar bk di kelas 8 dan 9. Tetapi pas di verval ptk blum valid sertifikasinya karna . Tidak memenuhi syarat JJM. Padahal siswa di skolah ada 303 siswa. Dan sudh kami hitung . Jumlahnya dpat 34jam. Kira2 solusiny gmna ya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar, itu secara otomatis jika jumlah siswanya lebih 150 sudah valid itu.
      saran admin, sebaiknya konfirmasi langsung ke pihak dinas agar datanya segera valid

      Hapus
  9. Assalamualaikum pak,data saya sudah Valid, tapi dinas belum mau verifikasi nya karena Jam mengajar TIK saya terbaca 15 jam pelajaran,padahal saya mengajar 15 Kelas dimana masing-masing kelas rata-rata berjumlah 27 siswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau datanya lengkap, tinggal menunggu saja

      Hapus
  10. Mau nanya pak . Apakah bktik itu bisa masuk dalam jadwal mengajar. Soalnya kalau dimasukkan jamnya makin 1 hari tidak lagi 8 KTM tapi menjadi 10 apakah bisa?

    BalasHapus
  11. Izin bertanya,
    Ijazah saya Teknik Informatika, serdik saya Teknik Komputer dan Informatika, saya dapat mengajar jam TIK di SMK. Yang saya tanyakan, di Dapodik jenis PTKnya diinput guru mapel ato guru BK TIK supaya bisa valid?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Anonim17:03

    izin bertanya
    kalau kita memiliki sertifikasi multimedia "526" apa linier dengan BK TIK pak? karena di sekolah kami jurusan multimedianya dihapus. Jumlah siswa 1000 lebih.
    Terima kasih

    BalasHapus
  13. pak admin mohon tanya,utk guru BK di tingkat sekolah dasar bisa masuk dapodik tdk?
    mohon solusinya

    BalasHapus
  14. ijin tanya,untuk guru BK bisa masuk dapodik di tingkat sekolah dasar tidak?
    trmksh

    BalasHapus
  15. Mohon bantuanny pak, saya guru BK dsekolah saya jumlah siswa ad 124, kemudian saya dberi tugas tambahan 4 JP, tpi tugas tambahan saya blm masuk, sehingga dapodik saya blm valid sampai skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. secepatnya konfirmasi ke operator dinas

      Hapus
  16. Mohon penjelasannya pak... DI dapodik ada 3 jenis Rombel (Reguler, Praktek, Ekskul)... Agar Guru TIK bisa Valid di Dapodiknya, maka di masukkan ke ROMBEL TAMBAHAN apa, dan bagaimana selanjutnya.... Terima kasih sebelumnya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukin saja ke rombel reguler karena itu yang di akui

      Hapus
  17. sertifikat pendidik mapel TIK di smp kemudian pindah induk di smk jurusan multimedia, apakah sertifikat tersebut masih diakui.. mohon pencerahanya..

    BalasHapus
  18. admin mohon arahannya, salah satu guru mengajar TIK dengan gelar S.Pd, untuk didapodiknya masukkan jenis PTK guru TIK atau guru Mapel?
    ijazah beliau pendidikan matematika konsentrasi pendidikan ilmu komputer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ijazah beliau pendidikan matematika konsentrasi pendidikan ilmu komputer
      program studi di ijasanya apa ?

      Hapus
  19. Admin mohon arahan dan penjelasannya, saya S1 bimbingam dan konselimh Islam dan titel S.sos apakah bisa masuk dapodik data saya?? Dikarenakan saya dari non pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari non pendidikan bisa saja masuk di dapodik

      Hapus
  20. Admin mohon pencerahannya, di smp saya ada guru bk yang audah sertifikasi 3 guru sedangkan tahun ini rombelnya kurang ada 13 rombel, kls 7 hnya 3 rombel kls 8 berjumlah 5 rombel kelas 9 beejumlah 5 rombel... Nah saya kebagian kls 7 ,jd data saya tdk valid karena kurang 2 rombel..apakah bisa di tambah dengan jam tambahan lain misalnya wakil, atau pembina pramuka, ekskul? Terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sekolah, tambah saja tugas tambahan, perpustakaan juga bisa itu

      Hapus
    2. Anonim14:29

      Izin bertanya pak, sy guru bk dari sekolah kecil, karena sekarang kelas X dan XI kurikulum merdeka dan tidak ad pembagian jurusan maka dr itu di sekolah sy tinggal terhitung 4 rombel, tp sy guru bk tunggal skr in msi status tidak valid krn kurang beban mengajar, tp katanya klw tunggal akan ttp valid apakah benar demikian?terima ksih pak

      Hapus
  21. Pa, saya guru TIK dan mempunyai tugas tambahan Kepala Lab...di cek di infogtk hanya muncul yang jjm kepala lab 12...(yang lain sampe poin 15, ini hanya sampai poin 13...>

    BalasHapus
  22. Maaf mau tanya status validasi belum valid karena data pangkat dan golongan tidak sama antara di dapodik dengan di BKN, padahal data terbaru sudah masuk tetapi di BKN masih data lama munculnya di info GTK

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja, sekarang masih dalam penarikan data oleh info GTK

      Hapus
  23. mau bertanya pak....saya sertifikasi pendidik guru PPKn di unit SMA,tetapi jam tatap muka saya hanya 6JP dan sekarang saya ditugaskan juga sebagai BK/BP di unit SMP dan SMA dengan jumlah siswa sudah di atas 200 siswa.Bisakah tugas tambahan sebagai guru BK/BP itu dimasukkan ke jam tambahan sertifikasi.Mohon petunjuk Bapak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisakah tugas tambahan sebagai guru BK/BP itu dimasukkan ke jam tambahan sertifikasi?
      tidak bisa bu

      Hapus
  24. Mohon izin bertanya Pak...saya adalah guru bersertifikat pendidik di unit SMA, tetapi jam tatap muka saya hanya mendapat 6JP di sekolahinduk saya dan sekarang saya di sekolah induk saya ini diberi tambahan tugas sebagai Guru BK/BP di unit SMP dan SMA dengan jumlah siswa sudah di atas 200 siswa. Bisakah tugas tambahan sebagai guru BK/BP ini bisa dimasukkan ke jam tambahan untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi ? Mohon petunjuk Bapak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisakah tugas tambahan sebagai guru BK/BP itu dimasukkan ke jam tambahan sertifikasi?
      tidak bisa bu

      Hapus
  25. Mohon petunjuk pak, di SMK kami ada 1 guru BK & 1 guru TIK dengan jumlah siswa 140 dari 9 rombel. Info gtk nya menyatakan valid, apa bisa di ajukan SKTPnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dijelaskan di dalam artikel kami di atas

      Hapus
  26. Admin izin bertanya, status sy CPNS guru TIK, masih belum valid... Kelas yg diampu 6 rombel dengan jumlah siswa total 206...
    Di info gtk nya masih belum valid/sedang perhitungan... Sementara rekan saya sudah valid...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Admin izin bertanya, status sy CPNS guru TIK, masih belum valid,
      menunggu saja penarikan data dari dapodik ke info GTK

      Hapus
  27. Assalamualaikum min mau bertanya, di sekolah tempat saya mengajar itu ada 3 guru BK dan 1 guru BKTIK dan anak muridnya 600. Nah yang saya mau bertanya bagaimana cara perhitungan jamnya atau pembagian jamnya karena saya sebagai guru TIK tidak valid datanya. Kemudian OPS kami belum tahu masalahnya apa.
    Apa mempengaruhi guru BK dan guru BK TIK mengasuh anak dalam 1 robel(kelas yang sama).

    BalasHapus
  28. Mau tanya pak, apakah guru BK yang mengajar di SD bisa masuk dapodik atau tidak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lotus11:31

      Apakah setelah masuk dapodik bisa ikut ppg meskipun mengajar di SD pak? Terimakasih banyak atas jawabannya

      Hapus
    2. sangat bisa ikut PPG

      Hapus
  29. Lotus11:33

    Lanjutan.. maksudnya guru BK yang mengajar di SD apakah bisa ikut ppg? Terimakasih banyak atas jawabannya

    BalasHapus
  30. Mau tanya min.
    Kenapa di verifikasi Data tunjangan profesi Di bagian beban mengajar tidak valid.
    Kebetulan saya guru BK d smp

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek kelengkap data di dapodiknya

      Hapus
  31. Anonim10:07

    Hallo Pak... Boleh minta sarannya? Saya guru TIK di SMP dan selama ini data saya valid. Namun tahun ini, saya diminta untuk mengajar Bahasa Indonesia juga di SMA.. dan data tersebut terinput di Dapodik sebagai guru Bahasa Indonesia SMA, selain yang yg sudah selama ini yaitu guru TIK SMP. Apakah hal tersebut bisa memengaruhi kevalidan data saya ? Jika iya, apakah guru Bahasa Indonesianya saya hapus saja ? Terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah sertifikasi atau belum?

      Hapus
    2. Anonim20:32

      Sudah, Pak...

      Hapus
    3. Anonim21:08

      Sudah pak. Dan selama ini valid. Yg saya takutkan, Mapel yg tidak linier diinput ke dapodik.. bisa2 data sy tidak valid.

      Hapus
    4. Anonim05:07

      Sudah pak

      Hapus
    5. harus mengajar tik semua

      Hapus
  32. Salam sehat, saya guru TIK SMP, jumlah murid 140 orang, jika belum valid, bisa ditambahkan sebagai wakil kepala sekolah, apakah wakil kepala sekolah linier juga dengan guru TIK

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah wakil kepala sekolah linier juga dengan guru TIK?
      maka dikatakan valid

      Hapus
  33. asalamualaikum pak, saya operator SMP, ditempat saya terdapat masing2 satu guru TIK dan guru BK dengan jumlah siswa lebih dari 300, nah di tahap sekarang kedua guru tersebut belum valid datanya biasanya sudah valid sama seperti teman2 yang lain, di tahun pelajaran sekarang sekolah kami 13 rombel biasanya 15 rombel, apakah jumlah rombel berpengaruh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bermasalah bukan rombel melaikan jumlah siswanya

      Hapus
  34. assalamualaikum pak mau tanya. di sekolah kami ada 1 guru belum valid SKTP nya. dikarenakan dulu dia sertifikasi Multimedia terus sekarang ganti ke Sertifikasi BK. tp kok belum valid2. apa yang salah ya pak? pdahal di jenis PTK nya d dapodik semula guru mapel trs sdh d ganti Guru BK , terus sertifikasi multimedia nya d dapodik sudah d ganti dengan sertifikasi BK. tapi tetap belum valid. mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek jumlah siswanya

      Hapus
    2. Jumlah siswa katanya minimal 150 utk BK. Pdhal sdh mengampuh lbh dr 150 siswa ( 425 siswa) tp tetap aja blm valid. (Beban mengajar masih dalam penghitungan)

      Hapus
    3. ya, menunggu saja

      Hapus
  35. Ijin bertanya
    Yth Bpk Pendamping

    Kode sertifikasi saya 525. Apakah bisa bergeser ke SMP sb BK TIK..
    Matur nuwun .. sbg dasar permen 16 tgn 2019

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum
    Ijin bertanya pak

    Kalo guru BK mengajar di sekolah yg jumlah siswanya kurang dari 150, sebaiknya mengambil tugas tambahan di sekolah induk? Atau mencari jam tambahan di sekolah lain pak?

    Mohon pencerahannya pak

    BalasHapus
  37. Ijin bertanya pak..
    ijazah saya teknik informatika, bisakah saya dimasukkan ke dapodik walaupun di SMP saya tdk ada mapel TIK?
    Karena operator selalu beralasan tdk bisa dimasukkan ke dapodik, pdhl tahun ini ada formasi PPPK guru TIK di SMP sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, operator benar karena jenjang SMP tidak ada mapel TIK

      Hapus
  38. Salam.
    Izin bertanya.
    Disekolah kami terdapat 2 Guru PNS. Sedangkan jumlah total siswa kurang dari 150.
    Pada Desember 2021 ini, saya sudah mendapatkan no sertifikat pendidik dan on proses input di dapodik untuk mendapatkan NRG. Bagaimana sarannya supaya SKTP saya di dapodik bisa memenuhi 24 jam...?
    Dan sebagai catatan guru BK yang satunya belum bersertifikat.
    Apakah harus mengambil siswa tambahan di sekolah non induk, atau tugas tambahan sebagai Wakasek, atau harus mutasi ke sekolah lain?
    Terimakasih πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  39. Bagaimana sarannya supaya SKTP saya di dapodik bisa memenuhi 24 jam...?
    ambil saja tugas tamban di sekolah induk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih πŸ™.
      Izin bertanya kembali. Jika guru BK mengambil tugas tambahan sebagai Wakasek, berapa jumlah siswa yang dihitung? Jika ekuivalen dengan 12 JP jika guru mapel.
      Dan berapakah batas minimal jumlah siswa yang dibimbing jika guru BK mengambil tugas tambahan.
      Terimakasih

      Hapus
    2. tugas tambahan tidak di hitung untuk guru BK

      Hapus
    3. Jadi solusinya bagaimana pertanyaan yang diatas sebelumnya ya? Jika tugas tambahan guru BK tidak bisa dihitung ? Sedangkan jumlah siswa kurang dari 150 siswa. Dan terdapat 2 Guru BK PNS.
      Apakah harus mengambil siswa yang dibimbing di sekolah lain? Jika iya berapa minimal siswa terbimbing di sekolah induk?
      Terimakasih πŸ™

      Hapus
  40. Mhon izin bertanya pak saya guru bk mengajar enam kelas dengan bobot 5 otomatis 30 jam dan siswanya 150lebih .. Dan ditambah jam seni bidaya dengan bobot dua jam 7 kelas total smua 42 jam jadi bagaimana pak apakah itu tidak berpengaruh dengan linieritas saya sebagai linier guru BK. Tapi di SIMPKB Sudah oke sebagai guru.bk . Kenapa di info gtk ada kualifikasi Tidak valid itu kenapa ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. info gtk masih dalam uji coba, di tunggu saja hasil penarikan dari dapodiknya

      Hapus
    2. Jadi apakah tidak bermasalah pada jam yang sampai 42 jam bukannya validnnya 24 ya ???

      Hapus
    3. tidak bermasalah

      Hapus
  41. Apakah di SSO Dapodik riwayat karier guru tiap semester harus di uploud nomor sk nya di riwayat karier ????

    BalasHapus
  42. Yth dear Dapodik
    ijin bertanya...
    say guru TIK di SMA di salah satu daerah terpencil. jml siswa kurang dari 150. bagaimana solusi supaya bisa valid.
    1. apakah harus mencari tambahan di sekolah lain?
    2. bila point 1 bisa..maka jml siswa minimal berapa di sekolah induk..dan maksimal berapa di sekolah lain..?

    salam sehat
    hormat saya
    Langgeng

    BalasHapus
  43. Saya seorang guru sd menjadi guru kelas. Sedangkan saya sudah lulus sertifikasi tapi di bidang bimbingan konseling. Bagaimana menvalid kan data gtk agar saya bisa menerima tunjangan profesi. Tolong admin berikan solusinya dan bagaimana caranya agar saya tidak perlu pindah ke smp dan tetap d sd

    BalasHapus
  44. ijin bertanya pak.. jika satu sekolah jumlah siswanya hanya 90 terus mengambil BTIK bukan mapel apakah bisa valid.. terimakasih

    BalasHapus
  45. Anonim16:43

    Ada 2 guru BK, dua² sudah sertifikasi.
    Skrg jumlah siswa nya berkurang, cuma 275.
    Gimana cara nya biar kedua guru BK tersebut, sertifikasi nya aman ???

    BalasHapus
  46. Anonim07:00

    Pak ijin bertanya siswa di SMKN kami sekitar 800an kedatangan guru BPTIK P3K Baru 4 orang itu nanti gimana ya pak???
    Nanti di kurikulum MERDEKA di dapodik pemetaanya bagaimana???
    Apa masih di akuhi jam nya di kurikulum MERDEKA di dapodik???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa masih di akuhi jam nya di kurikulum MERDEKA di dapodik???
      tetap di akui

      Hapus
    2. Anonim14:36

      sudah pasti bisa masuk di dapodik ya pak???
      Masalahnya di smkn kami terdengar isu kalau BPTIK itu di kurikulum Merdeka tidak ada dan di Dapodik tidak ada
      Itu Nanti tupoksinya guru pembimbing gitu ya pak???

      Hapus
  47. Donald20:10

    Pak admin, kalau guru BK ada tugas tambahan Wakasek itunganyya bgmn ya? Apakah tugas tambahan Wakasek bisa dikonversi ke jumlah siswa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah tugas tambahan Wakasek bisa dikonversi ke jumlah siswa?
      tidak bisa karena guru BK dihitung berdasarkan jumlah peserta didik.
      Wakasek itu merupakan tugas tambahan

      Hapus
  48. Anonim13:25

    izin tanya min, apakah dapodik jenjang SD bisa dimasukkan mapel tik

    BalasHapus
  49. Selamat siang mohon ijin
    status saya tidak valid karena
    kepala lab komputer 12 jp tidak muncul linier
    BK TIK 4 rombel 20 jp

    Iinformatika. 6 jp
    prakarya 8 jp total yang linier 14 jp
    mohon pencerahan supaya valid bagai mana...

    saya juga wali.kelas dan pembina pramuka dan osis tapi tidak di masukan di tugas tambahan terimakasih min..

    BalasHapus
  50. Anonim12:20

    Mohon pencerahan pak
    Saya guru GTT BK, saya tidak bisa masuk dapodik karena kurang siswa dari 245 sudah di pegang guru BK lain 150 tinggal 95 apakah harus nambah siswa apa bisa ditambah dengan jam mengajar lain? Klok nambah jam bisa nambah jam mengajar apa pak?

    BalasHapus
  51. Anonim16:54

    Mohon pencerahan pak.saya guru TIK ikazah saya jurusan sistem informasi siswa 175 apakah bisa masuk dapodik terimakasih

    BalasHapus
  52. Anonim08:56

    Pagi admin Mau nanya, saya seorang Guru TIK yang mengajar di SD Santo Yoseph. Tapi ijazah saya adalah bahasa inggris dan saya cek di TU didapodik saya di masukkan sebagai guru kelas. Bagaimana soluisnya admin agar tidak bersamalah didunia teknologi sesuai artikel diatas min ?

    BalasHapus
  53. Anonim14:37

    maaf mau tanya
    saya guru BK
    dan jjm liner saya 55 jam
    nnti untk Sertifikasinya bisa cair tidak ya?

    BalasHapus
  54. Anonim12:32

    Mohon solusi admin, bagaimana cara Validkn sertifikasi Guru TIK di tingkat SD, agar bisa keluar SKTPnya

    BalasHapus
  55. Anonim12:38

    Mohon pencerahan min,, di satu sekolah tingkat SMP ada 2 guru yg sudah sertifikasi, 1 Guru BK & 1 Guru TIK,, mapel yg 2 ini sama2 hitungan jlh siswa,,, dgn jlh siswa di sekolah 170 org, apakah 2 mapel ini bisa valid min & apakah bisa keluar SKTP mapel 2 ini Guru BK & TIK ? Mohon solusi min

    BalasHapus
  56. Anonim17:55

    Assalamualaikum izin bertaanya min saya mengajar muatan lokal tik di sd negri 01 jurusan pendidikan teknik informatika dan komputer apakah bissa masuk ke dapodik sebagai guru tik? Dan dapat SKTP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim17:56

      Mohon ataas jawabannya minπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

      Hapus
  57. Izin bertanya admin, saya guru SMK serdik matematika kode 180 mengajar informatika 12 jam dan jam tambahan kepala bengkel 12 jam, di info gtk jam linier sudah terbaca 24 jam tapi status masih 02, apakah bisa terbit SKTP? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  58. Anonim09:52

    untuk SD Kapan Ya ada jam untuk Guru TIK

    BalasHapus
  59. Anonim08:08

    Selamat pagi pak mohon bantuan. Saya guru BK. Tahap 1 dan 2 saya terima TPG aman tanpa ada hambatan tapi ketika mau tw 3 dan 4 sampai sekarang info gtk saya tidak valid karena terhitung 2 guru BK. Nah semua rombel sudah full ke saya yang sertifikasi tapi ko di info gtk tetap tidak valid dan rombel ya hanya 3 padahal rombelnya sudh full ke say
    a

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.