Cara Memasukan Guru BK dan TIK di Dapodik Agar SKTP Tidak Bermasalah Di Dunia Teknologi

Pada kesempatan ini pembahas tentang bagaimana seharusnya GURU BK dan TIK di tempatkan di dapodikdas, menurut peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan yang terbaru guru TIK kedudukannya sama dengan dengan GURU BK, yaitu membina dan membimbing siswa minimal 150 orang siswa yang ekwivalen dengan 24 jam, jumlah minimal 150 orang siswa ini diperlukan agar tunjangan profesinya bisa dibayarkan. 

Cara Memasukan Guru BK dan TIK di Dapodik Agar SKTP Tidak Bermasalah Di Dunia Teknologi
Cara Memasukan Guru BK dan TIK di Dapodik Agar SKTP Tidak Bermasalah
Secara teori sebenarnya mudah menentukan seorang Guru BK atau TIK itu bisa memenuhi batas minimum siswa atau tidak, cukup dengan melihat jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut. 

Teorinya memang demikian, tapi kenyataanya kenapa masih ada guru BK yang harus terbit SKTP nya di akhir semester?.. 

Bagi sekolah yang memiliki hanya satu guru BK atau satu guru TIK, memang tidak sulit untuk menghitungnya, tapi jika disekolah ternyata memiliki lebih dari satu guru TIK atau guru BK, dan jumlah muridnya kurang dari batasan minimum harus guru mana yang di tetapkan sebagai guru yang berhak untuk menerima SKTP. 

Mungkin akan ada yang menjawab, suruh salah satu gurunya mengampu disekolah lain. 

Jawaban seperti itu memang tidak salah, tapi perlu diingat sekolah yang dijadikan sekolah kedua bagi guru BK tersebut sudah memiliki guru BK belum, kalau sudah ada dan jumlah siswa yang lebih dari batas minimum disekolah tersebut tidak cukup untuk menutupi kekurangan guru BK dari sekolah pertama bagaimana, siapa yang harus dimenangkan?

Karena kesulitan seperti itulah akhirnya pada semester 2 tahun ajaran baru ada guru BK yang terbit SKTPnya pada akhir semester. Untuk mengurangi kesulitan penghitungan jumlah siswa untuk seorang guru BK dan guru TIK, maka diusulkan agar dimasukan kedalam rombel. 

Memasukan guru BK dan guru TIK kedalam rombel akan membawa masalah baru, karena jam mengajar didalam sebuah rombel akan terhitung lebih dari batasan maksimum jumlah jam dalam sebuah rombel, jadi harus bagaimana ? 
Pada dapodik jenis rombel dibagi menjadi tiga jenis : 
1. Rombel wajib (1) 
2. Rombel Wajib tambahan (2) 
3. Rombel tambahan (9) 

Rombel wajib di isi untuk matapelajaran wajib sesuai dengan kurikulum jumlah jamnya juga tidak boleh melebihi atau kurang dari aturan kurikulum yang digunakan, jika rombel tersebut menggunakan kurikulum 2013 maka jumlah jamnya harus sesuai dengan aturan kurikulum 2013 begitu juga yang masih menggunakan KTSP (khusus utnuk kelas 3,6 dan kelas 9) 

Rombel wajib tambahan, rombel ini berisi matapelajaran tambahan yang diperbolehkan dalam kurikulum, jika masih menggunakan KTSP disini sekolah bisa menambah jumlah jam mengajar maximum 4 jam, sedangkan unutk kurikulum 2013 tidak ada istilah penambahan jam kecuali untuk mulok bahasa daerah masih diperkenankan diisi di jam wajib tambahan dengan jumlah jam tidak lebih dari 2 jam,.. 

Rombel tambahan untuk jenis rombel yang ketiga ini semua jam mengajar yang dimasukan dalam jenis ini tidak akan dihitung jumlah jamnya. Jenis rombel ini disediakan untuk menampung jam mengajar matapelajaran yang diajarkan diluar ketentuan kurikulum. jenis jam ini biasanya diperlukan untuk sekolah-sekolah swasta yang memiliki jam tambahan khusus matapelajaran khas sesuai dengan sekolahnya. 

Dari ketiga jenis rombel tersebut yang paling memungkinkan untuk dimasukan oleh guru TIK dan guru BK adalah rombel tambahan (9) yang jika dimasukan tidak akan mengganggu jumlah maksimum jam mengajar sebuah rombel. 
Kenapa harus di rombel tambahan? 
Apa nanti jam ekwivalennya akan dihitung? 
Apa SKTPnya nanti bisa keluar? 

Cara Memasukan Guru BK dan TIK di Dapodik Agar SKTP Tidak Bermasalah Di Dunia Teknologi

Mungkin pertanyaan seperti diatas akan muncul dibenak para operator sekolah, sebab OPS-lah yang nanti menjadi sasaran tembak para guru BK dan TIK jika SKTPnya tidak terbit. 

Alasan kenapa harus di jenis rombel tambahan adalah : 
  1. Jumlah jam tidak akan mengganggu jumlah jam maxsimum rombel,.. 
  2. Guru TIK dan Guru BK tidak memerlukan jam,..mereka hanya memerlukan pemetaan berapa siswa yang diasuh oleh mereka. Dengan memasukan mereka kedalam rombel maka sistem akan mudah menghitung jumlah siswa yang diasuh oleh seorang guru BK atau guru TIK, karena didalam rombel sudah dipetakan berapa jumlah siswanya. 
  3. Jika guru BK atau TIK sudah memiliki jumlah rombel yang diasuk sistem akan menghitung jumlah siswa pada masing rombel, sehingga didapat jumlah siswa tepat untuk seorang guru BK dan TIK. 
  4. Jika guru TIK dan BK menambah disekolah lain maka bisa dipetakan dengan jelas berapa jumlah siswa yang menjadi anak asuhnya, 
  5. Guru BK dan TIK memiliki kepastian yang jelas berapa siswa yang telah diakui sistem dan berapa kekurangan siswa yang harus dipenuhinya.
Jadi untuk memudahkan proses penghitungan jumlah siswa yang diasuh oleh seorang guru TIK dan BK, maka GURU BK DAN TIK WAJIB DIMASUKAN KEDALAM ROMBEL DENGAN JENIS ROMBEL TAMBAHAN. Sekian

Sumber Berita:  Nazarudin Kompetan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

41 Komentar untuk "Cara Memasukan Guru BK dan TIK di Dapodik Agar SKTP Tidak Bermasalah Di Dunia Teknologi"

  1. mohon bantuannya pak....
    di sekolah kami ada guru tik tidak valid dengan keterangan jumlah rombel binaan kurang dari 3 rombel disekolah induk.
    sebagai informasi sekolah:
    rombel kelas 7 ada 2 memakai kurikulum k13
    rombel kelas 8 ada 2 memakai kurikulum KTSP
    romber kelas 9 ada 2 memakai kurikulum KTSP

    sebagai tambahan, guru tersebut juga menambah ke sekolah lain dengan referensi jam dan rombel yang sama dengan sekolah induk..
    bagaimana seharusnya supaya valid guru bk tik tersebut pak.. mohon pencerahannya
    Terima Kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jumlah siswanya harus 150 peserta didik satu sekolah

      Hapus
  2. Assalamualaikum wb.
    mohon pencerahan, pada jenjang SD kami berlakukan kur 2013 dg jumlah seluruh siswa 213.
    1. apakah guru BK, dapat dimasukkan dalam rombel mapel tambahan dalam dapodik 2020??
    2. jika bisa, jenis PTK nya dalam dapodik "guru kelas/guru BK"
    terimakasih atas bantuannya...
    Wasalamualaikum wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa, namun ijasanya PTK nya apa ?

      Hapus
    2. s1 BK ijazahnya. Hal ini sya tanyakan krena PTK tsb sdh memilii sertifikat pendidik BK 2019 kemarin. Apakah bs mendapatkan TPG?

      Hapus
    3. oke,sangat bisa.
      langsung bertemu dengan operator dinas terkait

      Hapus
    4. kami pernah myampaikan demikian, dg alasan pada SD tidak ada guru BK. Bagaimana kami memberikan penjelasan ini?

      Hapus
    5. kalau dinas tidak memberi solusi, nanti bertanya ke LPMP

      Hapus
  3. Status PTK diisi Guru TIK atau Guru Mapel,

    BalasHapus
  4. Mohon maaf pak mau tanya dsekolah kami jumlah siswa ad 119 kemudian guru BK 1,guru TIK jga 1, kemudian kami punya tambahan dsekolah lain, apakah bisa? Saya jga mndapat info klu ada tambahan dsekolah lain guru trsebut hrs jd GTY jga dsekolah tambahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sekolah lain sebagai guru atau ambil tugas tambahannya sebagai apa ?

      Hapus
  5. Mohon petunjuknya admin. Saya di SMP induk pada dapodik sbg guru TIK dg jumlah siswa hanya 119. Juga mengajar di SMP lain tp diatur sbg guru TIK di dapodiknya kok ga bisa ya? Lalu saya diberi jam ngajar prakarya di kelas 7 dg jumlah siswa 20. Dan saya jg mengajar di SMK sbg guru SIMKOMDIG. Apakah bisa menambah perhitungan jumlah siswa sbg guru TIK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sertifikasi TIK jenjang SMP

      Hapus
    2. jangan mengajar lagi demgam mapel yang lainnya kalaui TIP semuanya harus mapel TIK

      Hapus
  6. Pak ..saya juga blm valid juga valid..ket beban mengajar: menunggu verifikasi ..maksudny apa ya pak..uda disingkron tgl 21 04 2020 tp blm berubah juga pak ...tks pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu verivikasi dari operator dinas.
      silahkan menghubungi dinas

      Hapus
    2. Uda pak kira2 berapa hari validnya pak...uda melapor tangl21 april 2020 ..tks pak

      Hapus
    3. Skg status data saya masih : 2 pak ..kemana sosusinya pak ..ptk saya guru tik..sdangkan dirombel jam wajib saya terbaca seni budaya..

      Hapus
    4. Pak bleh dihub lewat WA pak..??

      Hapus
    5. didapodik terpaca 2 mapel atau muncul di verval PTK ??

      Hapus
    6. Kayaknya 2 mapel pak ..karna ada tertulis seni budaya jam wajib..jam tambahannya Tik blm masih belum Terbaca tp uda dimasukan didapodik uda disingkron tgl 21 04 2020..minta tolong pak ...tks pak

      Hapus
    7. Operatornya mengirim data nya separoh2 pak..

      Hapus
    8. harus hapus salah satu mapel di dapodik.

      Hapus
  7. Mohon izin bertanya admin, saya guru TIK jenjang SD .. dan oleh operator akan dimasukan di BTIK .. apakah SKTP nya akan bisa keluar ? mohon penjelasannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIK jenjang SD maksudnya gimana ?

      Hapus
    2. saya di SD swasta, dan sudah LULUS sertifikasi Prodi TIK.. bagaimana memasukkan ke dapodik biar bisa keluar SKTP nya pak ?

      Hapus
    3. masukin saja sk nya di dapodik

      Hapus
  8. Pak. Guru bk sertifikasi di sekolah saya. Lupa di masukan ke rombel mapel BK. Tpi di cek manajemen dapodik beliau ada mengajar bk di kelas 8 dan 9. Tetapi pas di verval ptk blum valid sertifikasinya karna . Tidak memenuhi syarat JJM. Padahal siswa di skolah ada 303 siswa. Dan sudh kami hitung . Jumlahnya dpat 34jam. Kira2 solusiny gmna ya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar, itu secara otomatis jika jumlah siswanya lebih 150 sudah valid itu.
      saran admin, sebaiknya konfirmasi langsung ke pihak dinas agar datanya segera valid

      Hapus
  9. Assalamualaikum pak,data saya sudah Valid, tapi dinas belum mau verifikasi nya karena Jam mengajar TIK saya terbaca 15 jam pelajaran,padahal saya mengajar 15 Kelas dimana masing-masing kelas rata-rata berjumlah 27 siswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau datanya lengkap, tinggal menunggu saja

      Hapus
  10. Mau nanya pak . Apakah bktik itu bisa masuk dalam jadwal mengajar. Soalnya kalau dimasukkan jamnya makin 1 hari tidak lagi 8 KTM tapi menjadi 10 apakah bisa?

    BalasHapus
  11. Izin bertanya,
    Ijazah saya Teknik Informatika, serdik saya Teknik Komputer dan Informatika, saya dapat mengajar jam TIK di SMK. Yang saya tanyakan, di Dapodik jenis PTKnya diinput guru mapel ato guru BK TIK supaya bisa valid?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  12. izin bertanya
    kalau kita memiliki sertifikasi multimedia "526" apa linier dengan BK TIK pak? karena di sekolah kami jurusan multimedianya dihapus. Jumlah siswa 1000 lebih.
    Terima kasih

    BalasHapus
  13. pak admin mohon tanya,utk guru BK di tingkat sekolah dasar bisa masuk dapodik tdk?
    mohon solusinya

    BalasHapus
  14. ijin tanya,untuk guru BK bisa masuk dapodik di tingkat sekolah dasar tidak?
    trmksh

    BalasHapus
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel