Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda Itu Menyenang

DAPODIK.co.id – Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda Itu Menyenang. Indonesia adalah bangsa di dunia yang dianugerahi beraneka ragam suku, agama, dan budaya. Keragaman budaya ini berasal dari berbagai suku bangsa yang kita miliki yang jumlahnya lebih dari 1300 suku bangsa. Dengan banyaknya suku tersebut, dapat dibayangkan terdapat ribuan adat budaya yang tercermin dalam bentuk upacara adat, pakaian adat, rumah adat, bahasa, alat musik, tarian, senjata tradisional, lagu-lagu daerah, juga makanan khas dari masing-masing suku yang ada.

 

Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda Itu Menyenang

 

Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda Itu Menyenang

Dalam perkembangan sejarah bangsa, keragaman budaya tersebut diikat dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Sebagai alat pemersatu bangsa, penerapan Bhinneka Tunggal Ika perlu dilakukan dan ditumbuhkan terus-menerus sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga. Warga sekolah dan peserta didik juga mempunyai kewajiban untuk melestarikan keberagaman tersebut baik di lingkungan sekolah maupun kehidupannya sehari-hari.

 

Pada kenyataannya, keberagaman suku dan budaya yang ada seringkali menimbulkan gesekan yang dapat merusak kehidupan sosial masyarakat. Gesekan tersebut apabila dibiarkan akan merusak kehidupan yang harmonis di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, semangat menumbuhkan dan menguatkan keberagaman perlu terus dilakukan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Bhinneka Tunggal Ika.

 

Projek ini mengangkat topik Berbeda Itu Menyenangkan dan focus pada pencapaian dimensi Kebinekaan Global dan Gotong Royong. Topik ini dipilih dengan tujuan agar dapat menumbuhkan semangat toleransi warga sekolah terhadap keberagaman suku dan budaya yang ada. Melalui projek ini, peserta didik diajak melakukan berbagai aktivitas mulai tahap mengamati, mendefinisikan, menggagas, memilih, hingga melakukan refleksi.

 

Untuk mengawali aktivitas projek, fasilitator perlu menyampaikan tujuan dari projek penguatan profil pelajar Pancasila ini. Perlu juga disampaikan dimensi apa yang akan dicapai melalui projek ini. Selama projek berlangsung, fasilitator melakukan asesmen formatif dan di akhir pelaksanaan projek akan dilakukan asesmen sumatif untuk mendapatkan gambaran terhadap perkembangan dimensi, elemen, dan subelemen yang disasar.

 

Selengkapnya, Paparan dan Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda Itu Menyenang:

 


Link Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda Itu Menyenang, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda Itu Menyenang, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda Itu Menyenang"