Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Saku Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Jenjang SMP Edisi Revisi

DAPODIK.co.id - Buku Saku Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Jenjang SMP Edisi Revisi. Sekolah adalah tempat belajar dan bermain yang menyenangkan. Suasana menyenangkan dapat dihadirkan ketika semua ekosistem sekolah terlibat dalam pembelajaran bermakna, bermanfaat, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Interaksi yang lahir dari sekolah juga harus mendukung tumbuh kembang peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman. Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah adalah laboratorium awal untuk mengenalkan hakikat sekolah kepada peserta didik. Hanya saja, di masa pengenalan lingkungan sekolah praktik-praktik kekerasan, perpeloncoan, bullying turut hadir dengan alasan yang tidak dibenarkan dan jauh dari hakikat pendidikan.

 

Situasi ini membuat Pemerintah mengeluarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Masa Orientasi Sekolah (MOS) pun berubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pada masa MPLS ini seluruh aktivitas yang ada haruslah bersifat edukatif dan menyenangkan, sehingga peserta didik baru mampu mengenali ekosistem sekolah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, tempat mereka bermain, belajar, meningkatkan prestasi, dan menumbuh kembangkan karakternya.

 

Buku Saku Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Jenjang SMP Edisi Revisi

 

Download Buku Saku Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Jenjang SMP Edisi Revisi

Pengertian MPLS, Secara sederhana MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan. Bagi sekolah-sekolah Boarding School, pengenalan budaya kehidupan di asrama menjadi materi penting.

 

Tujuan MPLS, mengapa wajib dilakukan MPLS bagi semua siswa baru? Tentu saja tidak terlepas dari tujuan ataupun manfaat yang didapatkan dari kegiatan MPLS itu sendiri. Berikut tujuan ataupun manfaat kegiatan MPLS:

1.    Mengenali potensi diri siswa baru;

2.    Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;

3.    Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;

4.    Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;

5.    Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

 

Ruang lingkup materi MPLS, apa saja materi yang disampaikan saat kegiatan MPLS? Biasanya setiap sekolah memiliki materi yang sedikit berbeda disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Beberapa materi yang perlu disampaikan saat pelaksanaan kegiatan MPLS, antara lain:

1.    Wawasan Wiyata Mandala;

2.    Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intrakurikuler, seperti OSIS ataupun Ekstrakurikuler, seperti Kepramukaan, UKS, Seni, Olahraga, dan lain-lain;

3.    Pendidikan Karakter;

4.    Cara Belajar Efektif;

5.    Pengenalan Budaya Lokal.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Download Buku Saku Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Jenjang SMP Edisi Revisi:


 

Link Download Buku Saku Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Jenjang SMP Edisi Revisi, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang, Buku Saku Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Jenjang SMP Edisi Revisi. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.