Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/ 2023

DAPODIK.co.id - Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/ 2023. Kajian ini dilakukan dalam rangka mendukung perumusan kebijakan kurikulum yang akan diumumkan oleh Mendikbudristek, bapak Nadiem Anwar Makarim. Dalam kebijakan tersebut, mulai tahun ajaran 2022/2023 satuan pendidikan dapat memilih untuk menerapkan kurikulum baru yang bernama Kurikulum Merdeka.

 

Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/ 2023

 

Download Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/ 2023

Kurikulum Merdeka dirancang sebagai bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk mengatasi krisis belajar yang telah lama kita hadapi, dan menjadi semakin parah karena pandemi. Krisis ini ditandai oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, bahkan dalam hal yang mendasar seperti literasi membaca. Krisis belajar juga ditandai oleh ketimpangan kualitas belajar yang lebar antar wilayah dan antar kelompok sosial-ekonomi.

 

Tentu, pemulihan sistem pendidikan dari krisis belajar tidak bisa diwujudkan melalui perubahan kurikulum saja. Diperlukan juga berbagai upaya penguatan kapasitas guru dan kepala sekolah, pendampingan bagi pemerintah daerah, penataan sistem evaluasi, serta infrastruktur dan pendanaan yang lebih adil. Namun kurikulum juga memiliki peran penting. Kurikulum berpengaruh besar pada apa yang diajarkan oleh guru, juga pada bagaimana materi tersebut diajarkan. Karena itu, kurikulum yang dirancang dengan baik akan mendorong dan memudahkan guru untuk mengajar dengan lebih baik.

 

Kajian akademik ini menjelaskan latar belakang, landasan empiris, dan kerangka konseptual yang digunakan dalam merumuskan kebijakan kurikulum dan merancang Kurikulum Merdeka. Kajian ini juga mencakup strategi implementasi kurikulum baru, sebuah isu yang sangat mempengaruhi keberhasilan dari setiap kebijakan pendidikan.

 

Selama dua tahun ke depan, Kurikulum Merdeka akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak. Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, naskah ini juga akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Download Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/ 2023:


 

Link Download Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/ 2023, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang, Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/ 2023. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.