Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI) SMK Tahun 2022

DAPODIK.co.id - Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI) SMK Tahun 2022. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu upaya sebagai pengembangan prestasi peserta didik adalah meningkatkan minat wirausaha dikalangan peserta didik, Pusat Prestasi Nasional melaksanakan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI) jenjang SMK pada tahun 2022 yang dilaksanakan melalui seleksi secara bertahap. FIKSI jenjang SMK diprogramkan untuk merintis dan memastikan Indonesia di masa depan mampu menjadi tonggak kemandirian ekonomi global. Strategi untuk menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini merupakan salah satu pilihan yang bijak, dimana kedepannya dapat ditekuni secara sungguh-sungguh sehingga dapat menjadi modal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Melalui FIKSI, generasi muda Indonesia khususnya siswa SMK dengan kompetensi yang dimiliki diharapkan dapat terus meningkatkan kepercayaan diri dan kecakapan dalam berinovasi menghasilkan berbagai ide dan kreasi wirausaha.

 

FIKSI Jenjang SMK menekankan pada pengembangan potensi kearifan lokal yang diterjemahkan menjadi konsep ide/gagasan utama yang meliputi aspek inovatif, teknologi, dan strategi pemasarannya. Lima bidang yang dilombakan merupakan spektrum dari bidang keahlian SMK, bidang lomba FIKSI jenjang SMK Tahun 2022 tersebut adalah : 1) Agribisnis, Agroteknologi, dan Kemaritiman; 2) Kesehatan dan Wirausaha Sosial ; 3) Pariwisata dan Kuliner; 4) Industri Kreatif; dan 5) Teknologi Digital. Seleksi FIKSI jenjang SMK dilaksanakan secara bertahap, terdiri dari seleksi ringkasan eksekutif (executive summary), penilaian karya tulis dan wawancara. Sebagai prospek program FIKSI akan dilaksanakan virtual expo (pameran virtual) produk inovasi peserta yang masuk babak final bersamaan dengan pelaksanaan seleksi tahap final. Penyelenggaraan virtual expo merupakan puncak pembuktian dan selebrasi hasil inovasi dan kreativitas peserta didik yang memiliki nilai jual. Diharapkan pada virtual expo tersebut akan membuka peluang untuk menjalin kerja sama dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKa), Perguruan Tinggi, dan penggiat dunia usaha.


Semoga penyelenggaraan FIKSI tahun 2022 dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan peserta didik kedepan dan lingkungan sekitarnya sebagai penggerak ekonomi yang berdampak pada masyarakat sekitar dan secara luas dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

 

Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI) SMK Tahun 2022

 

Download Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI) SMK Tahun 2022

Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan fundamental pada berbagai tatanan kehidupan global. Hal ini ditandai dengan semakin berkembangnya kreativitas dan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang pada akhirnya mendisrupsi berbagai sendi kehidupan global, termasuk persaingan dalam bidang ekonomi. Disrupsi tersebut dapat tercermin dari terjadinya perubahan yang cepat akibat pemanfaatan Artificial Intelligence (AI), Internet of Things, Human-Machine Interface, dan merebaknya fenomena sharing economy. Hal ini menjadi momentum untuk menjadikan kewirausahaan UMKM yang didukung kreativitas dan inovasi sebagai garda terdepan memenangkan persaingan ekonomi global.

 

Era revolusi industri 4.0 semakin menjadikan pengembangan kewirausahaan UMKM sebagai salah satu isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian kita bersama, terutama dalam memastikan pengembangan kebijakan yang kondusif dalam mendukung Indonesia Maju. Pengembangan minat kewirausahaan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipandang strategis untuk menyiapkan generasi mendatang yang produktif dan berkarakter. Selain bekerja di industry atau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, lulusan SMK diharapkan menjadi wirausahawan kreatif. Peserta didik SMK merupakan sumber daya manusia yang memiliki potensi dari segi karakter, kognitif, juga keterampilan di bidang keahliannya.

 

Dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan minat wirausaha sejak dini, Pusat Prestasi Nasional menyelenggarakan Program Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK tahun 2022. Program FIKSI merupakan program yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan peserta didik SMK, agar mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi kearifan lokal sebagai kontribusi terhadap pengembangan ekonomi lokal dan nasional. Dengan beragam bidang keahlian yang diselenggarakan di SMK yaitu: (1) Agribisnis dan Agroteknologi, (2) Bisnis dan Manajemen, (3) Energi dan Pertambangan, (4) Kemaritiman, (6) Kesehatan dan Pekerjaan Sosial, (7) Pariwisata, (8) Seni dan Industri Kreatif, (9) Teknologi dan Rekayasa, dan (10) Teknologi Informasi dan Komunikasi, maka kegiatan FIKSI jenjang SMK Tingkat Nasional hadir guna mengekspresikan ide-ide baru peserta didik SMK yang kreatif dan inovatif.

 

FIKSI Jenjang SMK memberikan wadah bagi seluruh peserta didik SMK untuk mewujudkan kreativitas karya inovatif pada bidang-bidang kompetisi; baik yang sesuai dengan latar belakang akademik peserta didik ataupun lintas-bidang yang menjadi minat khusus peserta didik untuk dikembangkan dalam aktivitas kewirausahaan. FIKSI jenjang SMK Tingkat Nasional merupakan salah satu program kegiatan pengembangan prestasi yang dilaksanakan pertama kali pada tahun 2016 oleh Direktorat Pembinaan SMK, Ditjen Dikdasmen, dan dilanjutkan kembali pada tahun 2021 FIKSI jenjang SMK yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan tahun 2022 merupakan tahun ke dua. Pada tahun 2022 FIKSI jenjang SMK dilaksanakan dengan mengedepankan berbagai inovasi didalamnya. Diharapkan kedepan FIKSI akan menjadi agenda rutin yang akan mendorong pertumbuhan tunas-tunas wirausaha muda yang penuh semangat dan inovatif.

 

FIKSI jenjang SMK tahun 2022 menekankan dan mengacu kearifan lokal yang dikembangkan pada masing-masing daerah. Dengan konsep kearifan lokal, peserta diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata pada perkembangan dan peningkatan ekonomi di daerahnya. Ide/gagasan utama peserta yang mengacu pada kearifan lokal masing–masing daerah peserta dengan upaya pengembangan dalam menerjemahkan konsep ide/gagasan harus mengandung unsur inovatif, teknologi, dan pemasarannya. Bidang yang dilombakan merupakan spektrum bidang keahlian dari sekolah kejuruan.

 

Dengan mewadahi bidang keahlian sekolah kejuruan, peserta akan lebih mempunyai kesempatan pengembangan ide lebih kreatif dan inovatif. Kemampuan soft skill dasar yang harus dikuasai oleh lulusan SMK antara lain kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, berinteraksi, karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif serta kemampuan bekerjasama secara efektif dengan pihak lain, dan berjiwa wirausaha.

 

Peserta inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah peserta didik jenjang SMK di Indonesia, yang merupakan generasi Post Millennial sebagai generasi adaptif. Generasi post millennial perlu menyikapi peluang, berikut eksistensi pergaulannya, melalui bisnis yang merespon permasalahan di sekitarnya dengan cara-cara kreatif, sekaligus mengaktivasi teknologi. Kepekaan dan empati terhadap permasalahan 5P (People, planet, prosperity, peace, & partnership) menjadi perhatian tersendiri, sehingga kesadaran dalam mengangkat potensi sumber daya lokal sebagai solusi pun selaras dengan karakteristiknya. Generasi ini perlu merespon berbagai fenomena masa kini dengan menciptakan aktivitas bisnis yang mencakup pertimbangan terhadap aspek-aspek sosial budaya, lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan, transportasi, penggalangan dana, dan lain lain.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Download Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI) SMK Tahun 2022:


 

Link Download Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI) SMK Tahun 2022, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang, Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional (FIKSI) SMK Tahun 2022. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.