Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi ARKAS yang Tidak Terkoneksi dengan Database

DAPODIK.co.id - Mengatasi ARKAS yang Tidak Terkoneksi dengan Database. 

 


Cara Mengatasi ARKAS yang Tidak Terkoneksi dengan Database


Apabila muncul tulisan sync data Error, tidak terhubung dengan server atau  tidak terkoneksi dengan database saat menggunakan ARKAS, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:


Group_1301.png

 

1. Pastikan bahwa Anda telah menggunakan perangkat komputer dengan sistem operasi minimal Windows 8 atau yang lebih baru. Jika masih menggunakan Windows 7, maka segera perbarui OS Anda ke Windows 8 atau yang lebih tinggi.


Windows_8__1_.png

Untuk melihat OS perangkat Anda, klik tombol Settings atau Pengaturan, lalu pilih menu PC Info.

 

2. Proses sinkron ini memerlukan jaringan internet dan tidak bisa dilakukan luring. Pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan stabil.


sinyal_kuat.png


3. Perbarui ARKAS Anda ke ARKAS versi 3.3 terbaru dengan 2 cara berikut;

  • Apabila koneksi internet Anda stabil, silakan buka ARKAS yang sudah terpasang/ terinstal pada perangkat Anda. Sistem akan memperbarui aplikasi Anda secara otomatis.

Open_ARKAS.png


a) Lalu, isi username dan password

b) klik Login


Username_dan_Password__Login.jpg

  • Apabila aplikasi tidak otomatis ter-update saat Anda membukanya,  menandakan koneksi internet Anda kurang stabilLakukan unduh ulang ARKAS pada link https://rkas.kemdikbud.go.id/download ini dan instal kembali ARKAS tanpa perlu uninstall versi sebelumnya.

Unduh_ARKAS_3.3_Terbaru.png

 

Selamat! Kini Anda telah menggunakan ARKAS versi 3.3 terbaru dan silakan coba sinkronisasi penganggaran Anda kembali.


Bonus Tanya-Jawab

 

Apakah data yang sebelumnya sudah tersimpan di ARKAS akan hilang setelah saya update  ARKAS ke versi terbaru?

Tidak, seluruh data satuan pendidikan hingga RKAS yang telah disahkan tidak akan hilang dan masih tersimpan di dalam database.


Apakah saya masih harus terhubung dengan internet saat menggunakan ARKAS versi terbaru atau setelah tampilan eror hilang?

Anda tetap membutuhkan jaringan internet saat: login, melakukan pengajuan pengesahan kertas kerja, dan sinkronisasi data. Sedangkan untuk proses lainnya seperti pembuatan kertas kerja, dan pencatatan BKU, Anda tetap bisa mengoperasikan ARKAS meskipun tanpa jaringan internet.


Demikian Artikel Terbaru Tentang Cara Mengatasi ARKAS yang Tidak Terkoneksi dengan Database. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi ARKAS yang Tidak Terkoneksi dengan Database"