Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Tahun 2022

DAPODIK.co.id - Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Tahun 2022. Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu fokus pembangunan pada Kabinet Indonesia Maju. Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara terencana, terprogram, dan tersistem. Sistem pendidikan sebagaimana digagas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mengedepankan merdeka belajar dan kampus merdeka. Oleh karenanya kita semua berupaya untuk mendukung kebijakan tersebut dalam meningkatkan prestasi peserta didik dari jenjang yang paling dasar yaitu pendidikan dasar.

 

Jenjang pendidikan dasar memiliki peran yang sangat penting dalam mencetak generasi emas 2045, memastikan anak-anak tersebut dapat mengenyam pendidikan yang berkualitas, dan tentunya dibekali dengan pendidikan karakter yang mulia. Sebab cerdas saja tidak cukup namun perlu diimbangi dengan karakter, moral, dan mental yang kuat.

 

Adanya persaingan yang makin ketat, maka peserta didik khususnya pada jenjang pendidikan dasar dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Pengembangan kualitas lulusan peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Ajang OSN ini menjadi ruang bagi peserta didik dalam mengasah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS.

 

Mengingat situasi dan kondisi Indonesia masih berjuang untuk menghadapi pandemic covid-19 terutamanya varian omicron, maka kegiatan OSN SMP diselenggarakan secara daring. Perubahan merupakan sesuatu yang kekal, oleh sebab itu kita semua harus siap terhadap perubahan itu sendiri termasuk di dalamnya perkembangan informasi dan teknologi yang pesat.

 

Pelaksanaan OSN secara daring sangat erat kaitannya dengan teknologi informasi yang bukan menjadi hal baru bagi peserta didik, dikarenakan sudah memiliki pengalaman dalam 2 tahun terakhir belajar secara daring melalui penggunaan laptop maupun handphone. Pedoman ini diharapkan dapat memberikan informasi secara komprehensif kepada peserta didik, para guru Pembina, dan masyarakat luas untuk menyiapkan peserta didik mengikuti OSN SMP secara daring.

 

Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Tahun 2022

 

Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP

Tujuan Umum Penyelenggaraan OSN Jenjang SMP

 

OSN SMP tahun 2022 diselenggarakan bertujuan sebagai wahana olimpiade bidang ilmu Matematika, IPA, dan IPS bagi peserta didik SMP dan/atau sederajat dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan Pendidikan karakter meliputi regligiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian, dan gotong royong. Pada sisi lain, OSN SMP ini sebagai upaya dalam menumbuhkembangkan berpikir kritis dan meningkatkan jiwa analisis, kreativitas, dan motivasi untuk meningkatkan prestasi peserta didik.

Tujuan Khusus Penyelenggaraan OSN Jenjang SMP

 

Adapun tujuan khusus OSN SMP diantaranya:

a.    Meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;

b.    Mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika, IPA, dan IPS dalam kehidupan sehari-hari;

c.    Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreavitivas pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di SMP dan/atau sederajat;

d.    Memotivasi institusi/lembaga Pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pendidikan.

 

TEMA OSN SMP TAHUN 2022

 

Adapun tema penyelenggaraan OSN SMP tahun 2022 yaitu:

“TALENTA SAINS UNTUK INDONESIA MAJU”

 

Selengkapnya, Paparan Serta Download Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Tahun 2022:


 

Link Download Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Tahun 2022, Klik Di Sini.

 

Baca Juga: Surat Pernyataan Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Format Word/ Doc

 

Baca Juga: Surat Keterangan Sekolah Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Format Word/ Doc


Demikian Artikel Terbaru Tentang Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Tahun 2022. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.