Buku Panduan Fokus Pembelajaran SD/MI – SMP/MTs – SMA/MA
DAPODIK.co.id - Buku Panduan Fokus Pembelajaran SD/MI – SMP/MTs – SMA/MA. Pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, dan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Buku Panduan Fokus
Pembelajaran SD/MI – SMP/MTs – SMA/MA
Lebih lanjut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menegaskan bahwa sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia adalah pendidikan berbasis standar. Standar Nasional Pendidikan merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pasal 2 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, yaitu: Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian Pendidikan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan.
Selain mengembangkan standar nasional pendidikan, BSNP juga telah menetapkan profil lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah. Penyusunan profil lulusan
didasarkan pada tujuan pendidikan nasional dengan mempertimbangkan: (1)
karakter dan budaya khas bangsa Indonesia yang memiliki keimanan dan ketakwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa serta nilai-nilai Pancasila; (2) Pembelajaran dan
keterampilan Abad ke-21 seperti berpikir kritis dan mampu menyelesaikan
masalah, kreatif, mampu bekerja sama, dan berkomunikasi; serta (3) peningkatan
kompetensi lulusan melalui literasi bahasa, matematika, sains, teknologi,
sosial, budaya, dan kemampuan dasar lainnya yang dibutuhkan dalam menghadapi
tantangan kehidupan di masa depan.
Berdasarkan
kriteria di atas dirumuskan 5 (lima) profil lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai berikut:
1. Beriman, bertakwa dan berakhlak mulia;
2. Demokratis, bertanggung jawab, dan cinta tanah air;
3. Cakap, berilmu, kreatif, inovatif, adaptif, dan mandiri;
4. Sehat fisik dan mental;
5. Mampu berkontribusi sebagai warga dunia
Satuan
pendidikan pada setiap jenjang memiliki profil lulusan yang sama, namun penjabarannya dalam SKL berbeda-beda disesuaikan dengan tingkat perkembangan psikologis peserta didik.
Standar
Kompetensi Lulusan merupakan acuan utama dalam pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar
pembiayaan. SKL diturunkan ke dalam Standar Isi yang berpusat pada ruang
lingkup materi. Ruang lingkup materi ini dikembangkan dengan mempertimbangkan
(1) muatan utama yang mesti dipelajari peserta didik pada masa pembelajaran di
satuan pendidikan; dan (2) tingkat kompetensi peserta didik di satuan
pendidikan, yaitu Tingkat 1 (Kelas I-III SD/MI), Tingkat 2 (Kelas IV-VI SD/MI),
Tingkat 3 (Kelas VII-IX SMP/MTs), dan Tingkat 4 (Kelas X-XII SMA/MA).
idikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni dan Budaya, serta Pendidikan Jasmani
dan Olahraga. Implementasi Standar Isi dilakukan melalui proses pembelajaran
dan aktivitas lainnya pada satuan pendidikan, baik melalui kegiatan
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler maupun budaya
sekolah/madrasah.
Namun
demikian, berdasarkan hasil evaluasi, implementasi standar nasional pendidikan di lapangan masih mengalami berbagai kendala. Setelah Standar
Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian
dikembangkan, ternyata tidak mudah bagi guru dan pengembang kurikulum, serta
penulis buku untuk menemukan segera hubungan antara keempat standar tersebut.
Kesulitan sering kali dialami guru ketika mencari hubungan lingkup materi
tertentu dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Proses.
Kesulitan
juga seringkali disebabkan oleh panjangnya daftar lingkup materi dari tingkat kelas yang satu ke tingkat kelas berikutnya. Guru tidak mudah menemukan
kaitan lingkup materi tertentu dengan tingkat kompetensi minimal yang harus
dicapai di tingkat tertentu, kaitan antara lingkup materi tertentu dengan
lingkup materi yang lebih luas, atau kaitan pengalaman belajar tertentu dengan
capaian Standar Kompetensi Lulusan. Akibatnya, guru sering kali tidak fokus,
kehilangan arah dan mengambil jalan pintas dengan sekedar mengikuti apa yang
tertulis dalam buku teks.
Fokus
Pembelajaran (FP) ini mengelaborasi ruang lingkup materi dan kompetensi pada pada setiap tingkat (kelas), sehingga dapat disusun pengetahuan dan
keterampilan utama dan fondasional yang harus dikuasai siswa. Dengan demikian,
fokus pembelajaran dapat berfungsi sebagai “advance organizer”. Fokus
Pembelajaran memuat tiga aspek yaitu deskripsi umum tentang lingkup materi
utama untuk masing-masing tingkat, pengalaman belajar, dan keterkaitannya
dengan kompetensi yang diharapkan. Jenis pengalaman belajar yang dipaparkan
dalam fokus pembelajaran ini dimaksudkan untuk memantik para desainer pembelajaran,
terutama guru, mengembangkan strategi dan skenario pembelajaran sesuai dengan
konteks, kondisi, dan kebutuhan belajar siswa.
Selengkapnya,
Paparan Serta Download Buku Panduan Fokus Pembelajaran SD/MI – SMP/MTs – SMA/MA
:
Link
Download Buku Panduan Fokus Pembelajaran SD/MI – SMP/MTs – SMA/MA, Klik Di
Sini.
Demikian
Artikel Terbaru Tentang Buku Panduan Fokus Pembelajaran SD/MI – SMP/MTs –
SMA/MA. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media
Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun
www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di
dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Buku Panduan Fokus Pembelajaran SD/MI – SMP/MTs – SMA/MA"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.