Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku 7, Mengoperasikan Chromebook Secara Offline TIK SMP

DAPODIK.co.id - Buku 7, Mengoperasikan Chromebook Secara Offline TIK SMP. Chromebook dapat dioperasikan baik secara online maupun offline. Untuk memanfaatkan Chromebook secara offline, akun pengguna terdaftar di perangkat dan sudah sinkron dengan akun Google. Sinkronisasi akun Google dengan perangkat sangat diperlukan untuk mengaktifkan aplikasi-aplikasi yang diperlukan pada saat pengguna melakukan login. Beberapa aplikasi dan layanan offline tidak akan berfungsi dalam mode tamu atau Samaran. Meskipun tidak terhubung ke jaringan internet, pengguna tetap dapat melakukan berbagai hal menggunakan Chromebook seperti mengecek email, mengakses media pembelajaran dari media penyimpanan lokal (hardisk, flashdisk, micro SD) dan mengakses file-file pembelajaran dari komputer lain melalui jaringan lokal.

 

Buku 7, Mengoperasikan Chromebook Secara Offline TIK SMP

 

Buku 7, Panduan Mengoperasikan Chromebook Secara Offline TIK SMP

Booting dan Login

 

Salah satu keuntungan ketika memiliki akun Gmail adalah dengan dilengkapinya fasilitas penyimpanan berbasis awan (cloud) dengan kapasitas 15 GB dalam versi gratisnya dan bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan pengguna dengan cara membayar.

 

Mengakses Media Pembelajaran dari Eksternal Drive

 

Sumber pembelajaran selain dapat diakses melalui jaringan internet, bisa juga berupa file-file yang disimpan di media penyimpanan eksternal seperti Micro SD dan flashdisk. File pembelajaran dari penyimpanan eksternal tersebut dapat diakses secara offline. Sama dengan komputer yang menggunakan sistem operasi selain Chrome OS pada umumnya, file-file yang tersimpan pada eksternal drive dapat diakses secara Plug and Play pada Chromebook secara offline.

 

Akses Media Pembelajaran Melalui Jaringan Intranet

 

Mengakses file atau media Pembelajaran pada Chromebook tidak selalu harus menggunakan jaringan internet, tetapi bisa juga mengakses sumber belajar terdapat di jaringan intranet (LAN). Dalam hal ini jaringan intranet yang dimaksud adalah penggunaan jaringan wireless LAN pada Chromebook menggunakan Wireless Router.


Chromebook harus dihubungkan terlebih dahulu dengan komputer lain melalui jaringan wireless LAN. Komputer lain tersebut bisa berupa komputer server maupun komputer workstation yang dijadikan tempat penyimpanan file-file media pembelajaran yang akan dibagikan secara offline (menggunakan Wireless LAN). Adapun cara mengkoneksikan dengan komputer lain bisa menggunakan mode AdHoc (diatur pada komputer) ataupun mode infrastruktur (pada wireless router/Access Point).


Untuk mengakses file-file yang telah dibagikan dalam jaringan internet, maka harus mengaktifkan dan mengatur fitur “SMB File Share” pada Chromebook.

 

Mencetak Secara Offline

 

Printer yang terkoneksi ke Chromebook dengan menggunakan kabel USB, setelah terkoneksi akan tampil notifikasi dan ikuti instruksi yang terdapat pada Chromebook tersebut.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Download Buku 7, Mengoperasikan Chromebook Secara Offline TIK SMP:


 

Link Download Buku 7, Mengoperasikan Chromebook Secara Offline TIK SMP, Klik Di Sini.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang Buku 7, Mengoperasikan Chromebook Secara Offline TIK SMP. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.