Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku 3, Mengoperasikan Chromebook SMP

DAPODIK.co.id - Buku 3, Mengoperasikan Chromebook SMP. Buku panduan yang telah disusun diantaranya panduan penggunaan peralatan TIK, panduan pemeriksaan peralatan TIK, panduan pengoperasian Chromebook secara online, panduan pengoperasian Chromebook secara offline, panduan instalasi dan konfigurasi peralatan TIK, panduan pemanfaatan peralatan TIK dan panduan perawatan dan Troubleshooting peralatan TIK.

 

Buku 3, Mengoperasikan Chromebook SMP


Buku 3, Panduan Mengoperasikan Chromebook SMP

Booting pertama kali Chromebook memerlukan nama pengguna dan sandi Akun Google (Gmail) dan akses ke jaringan internet. Langkah-langkah booting dan login ke Chromebook adalah sebagai berikut:

 

1.    Sambungkan power adaptor ke perangkat dan nyalakan Chromebook dengan menekan tombol power.

 

2.    Tunggu proses booting berjalan.

 

3.    Ikuti petunjuk di layar, kemudian pilih Bahasa, setelan keyboard, dan fitur aksesbilitas (optional). Tampilan layar “Selamat Datang” akan muncul ketika Chromebook pertama kali dinyalakan.

 

4.    Gunakan daftar "Bahasa" untuk memilih pengaturan bahasa default, sesuai yang kita inginkan.

 

5.    Pilih Jaringan
Pilih jaringan Internet. Jika akses jaringan dilindungi, kita akan memerlukan kata sandi untuk menghubungkannya.

 

6.    Setujui persyaratan layanan
Setelah terkoneksi ke jaringan, terima Ketentuan Layanan. Kemudian Chromebook akan mengunduh pembaruan sistem yang tersedia, sehingga kita akan secara otomatis mendapatkan fitur Chrome OS terbaru.

 

7.    Login dengan Akun Google
Akun baru Google akan diperlukan jika kita belum memilikinya. Pilih “Buat Akun Google” dan ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk pembuatan akun baru. Akun Google akan memberikan akses ke layanan-layanan web yang dikembangkan oleh Google, seperti Gmail, Google Drive, dan Google Calendar, dan lain-lain.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk Login ke Chromebook menggunakan Akun Google.

a. Masukkan akun Google (Gmail) yang telah dibuat atau yang masih aktif

b. Masukkan sandi (password) Akun Google, akun ini akan disetel sebagai pemilik

 

8.    Pilih foto profil.

 

9.    Setelah memilih foto profil, kemudian login. Bookmark, ekstensi, dan aplikasi akan muncul secara otomatis pada setelan web browser (Chrome Browser) sesuai setelan yang telah kita setel sebelumnya pada akun tersebut.

 

10. Aktivasi aplikasi dan layanan Google Play beserta Google Assistant

a. Pernyataan persetujuan aplikasi dan layanan Google Play

b. Proses loading ke pengaturan Google Assistant

c. Pengaturan Google Assistant dengan suara

 

Selengkapnya, Paparan Serta Download Buku 3, Mengoperasikan Chromebook SMP: 


 

Link Download Buku 3, Mengoperasikan Chromebook SMP, Klik Di Sini.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang Buku 3, Mengoperasikan Chromebook SMP. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.