Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku 6, Perawatan Dan Troubleshooting Peralatan TIK SMP

DAPODIK.co.id - Buku 6, Perawatan Dan Troubleshooting Peralatan TIK SMP. Kesiapan dan kondisi peralatan TIK dalam menjalankan fungsinya sangat ditentukan oleh cara perawatan yang dilakukan serta tersedianya sumber daya manusia di sekolah yang memiliki kompetensi yang baik dalam melakukan perawatan peralatan TIK. Pembahasan ini dimaksudkan untuk memberikan panduan teknis perawatan peralatan TIK bantuan tahun 2021 yaitu Chromebook, Proyektor, Wireless Router, dan Konektor Tipe C. Maksudnya ialah sebagai alat bantu untuk menerapkan, melaksanakan dan

membiasakan kegiatan perawatan di tingkat sekolah. Perawatan dan pengawasan yang dilakukan secara rutin dan kontinyu terhadap kondisi peralatan akan membantu menekan pembiayaan yang besar, meningkatkan ketersediaan peralatan, dan meningkatkan umur peralatan, serta dapat mengurangi tingkat kerusakan yang lebih fatal. Peran serta dan kontribusi pihak-pihak terkait di tingkat internal sekolah sangat diperlukan untuk terlaksananya kegiatan perawatan peralatan TIK

 

Buku 6, Perawatan Dan Troubleshooting Peralatan TIK SMP

 

Buku 6, Panduan Perawatan Dan Troubleshooting Peralatan TIK SMP

Perawatan peralatan TIK harus dilakukan secara terencana artinya perawatan tersebut harus diprogramkan, diorganisasikan, dijadwalkan, dianggarkan, dilaksanakan sesuai rencana, serta dilakukan monitoring dan evaluasi. Secara umum perawatan peralatan TIK dibagi ke dalam 4 jenis perawatan, yaitu:


1.    Perawatan Reaktif
Perawatan reaktif adalah tindakan-tindakan yang dilakukan untuk memulihkan perangkat-perangkat yang gagal dan mengembalikannya ke kondisi operasional

 

2.    Perawatan Preventif
Perawatan Preventif adalah perawatan yang terjadwal. Perawatan ini didasarkan pada asumsi bahwa peristiwaperistiwa kerusakan atau ketidak-berfungsian perangkat dapat dicegah jika perawatan yang komprehensif dijalankan.

 

3.    Perawatan Prediktif
Perawatan Prediktif adalah tindakan-tindakan yang dijalankan ketika satu atau lebih kondisi terpenuhi. Kondisi-kondisi ini mengindikasikan kapan suatu perangkat akan mengalami kegagalan atau mengalami penurunan kinerja operasional, berdasarkan pada data yang dikumpulkan setelah observasi terhadap status perangkat yang bersangkutan.

 

4.    Perawatan Berpusat pada Reliabilitas
Perawatan berpusat pada Reliabilitas mengacu pada suatu metodologi yang dibangun untuk mengatasi permasalahanpermasalahan kunci yang tidak tersentuh oleh jenis-jenis perawatan yang lain. Perawatan didasarkan pada premis bahwa setiap perangkat memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap kelancaran fungsi dan keamanan jaringan.
Perawatan mempertimbangkan perbedaan desain dan operasi setiap perangkat, sehingga ada perbedaan juga pada probabilitas kegagalan dan kerusakannya. Perawatan juga mempertimbangkan faktor penting bahwa akses ke personel dan finansial itu berbatas, karena itu perlu prioritasi dan optimasi penggunaan kedua sumberdaya ini.

 

Dari pembahasan di atas, perawatan peralatan TIK oleh pihak internal sekolah memiliki tujuan di antaranya:

 

1.    Menjaga kesinambungan operasional dan kinerja dari peralatan TIK yang digunakan, supaya peralatan tersebut selalu prima dan siap dipakai secara optimal.

 

2.    Mewujudkan masa pakai (lifetime) peralatan yang lebih lama.

 

3.    Menjamin keamanan dan kenyamanan penggunaan.

 

4.    Mengetahui kerusakan secara dini melalui gejala yang ada.

 

5.    Menghindari terjadinya kerusakan peralatan TIK secara mendadak yang mengakibatkan kerusakan fatal.

 

6.    Menghemat biaya untuk perbaikan peralatan TIK.

 

7.    Mewujudkan efisiensi kebutuhan besaran anggaran yang diperlukan.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Download Buku 6, Perawatan Dan Troubleshooting Peralatan TIK SMP:


 

Link Download Buku 6, Perawatan Dan Troubleshooting Peralatan TIK SMP, Klik Di Sini.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang Buku Buku 6, Perawatan Dan Troubleshooting Peralatan TIK SMP. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.