Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku 2 Pemeriksaan Peralatan TIK SMP

DAPODIK.co.id - Buku 2 Pemeriksaan Peralatan TIK SMP. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa peralatan yang diterima sesuai dengan pengadaan barang yang dilakukan oleh Direktorat SMP. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah standar yang dijadikan panduan oleh seluruh SMP penerima bantuan. Untuk memudahkan proses pemeriksaan dan proses administrasi, pemeriksaan dibagi ke dalam 4 tahap yaitu pemeriksaan awal, penanganan BAST, pemeriksaan spesifikasi barang, dan pemeriksaan operasional barang.

 

Buku 2 Pemeriksaan Peralatan TIK SMP

 

Pemeriksaan Peralatan TIK SMP

Barang (Peralatan TIK) yang diserahterimakan ke sekolah (SMP) penerima bantuan pada tahun 2021 ini sebagai berikut.

 

Barang di atas disampaikan ke sekolah oleh Penghantar Barang (Kurir) yang telah ditunjuk oleh pihak Vendor. Barang disampaikan secara langsung ke sekolah. Artinya barang tidak disampaikan atau dititipkan ke tempat lainnya. Kurir selain membawa barang juga membawa Surat Jalan dan atau Form BAST (Berita Acara Serah Terima Barang). Satu atau kedua dokumen ini memuat daftar barang yang dihantarkannya ke sekolah.

 

Beberapa waktu sebelum ketibaan barang, Kurir akan memberitahukan kepada pihak sekolah bahwa mereka sedang dalam perjalanan dan telah berada dalam jarak yang dekat dengan sekolah tertuju. Hal ini dimaksudkan agar pihak sekolah dapat mempersiapkan diri untuk menerima barang. Telah disepakati juga bahwa Kurir akan tiba di sekolah pada jam kerja dan pada hari kerja. Namun demikian, di dalam perjalanannya Kurir ini bisa saja mengalami berbagai kendala, sehingga mereka tiba di sekolah tidak pada jam kerja dan pada hari kerja. Dalam hal ini dianjurkan agar pihak sekolah mengambil tindakan yang bijaksana.

 

Harap diperhatikan:

1.    Sebelum barang tiba di sekolah, agar dipersiapkan beberapa orang untuk menerima barang dan memeriksa barang, ruang pemeriksaan, instrumen (form) pemeriksaan awal barang, dan kamera/video recorder.

2.    Pada saat barang tiba di sekolah mintalah kepada Kurir untuk menyediakan waktu satu atau dua jam, agar pihak sekolah dapat melakukan pemeriksaan awal.

3.    Pada saat barang tiba di sekolah, silakan dibuat foto bersama yang memuat Kurir, pihak perwakilan sekolah, dan barang yang disampaikan, di tempat yang ada label nama sekolahnya.

4.    Kirimkan foto ini ke Direktorat SMP sesegera mungkin, agar Direktorat SMP mengetahui bahwa barang telah tiba di sekolah tertuju.

 

Informasi Penting

1.    Pemeriksaan Awal dilakukan pada saat barang tiba di sekolah dan disaksikan oleh Penghantar Barang (kurir).

2.    Tersedia waktu selama 14 hari kerja terhitung sejak barang diterima dan BAST ditandatangani untuk menjalankan pemeriksaan spesifikasi barang dan pemeriksaan operasional (keberfungsian) barang. Barang yang cacat fisik, tidak sesuai spesifikasinya, dan atau tidak berfungsi akan diganti dengan barang baru oleh Vendor.

3.    BAST yang telah ditandatangani harus diserahkan ke Penghantar Barang pada saat mereka meninggalkan sekolah.

4.    Jika pemeriksaan spesifikasi barang dan pemeriksaan operasional (keberfungsian) barang dilakukan setelah 14 hari kerja tersebut di atas, maka barang yang tidak berfungsi belum tentu akan diganti dengan barang baru. Bisa saja diperbaiki oleh Vendor. Karena, setelah 14 hari kerja tersebut di atas, barang sudah masuk ke dalam masa garansi.

5.    Informasi mengenai barang yang cacat fisik, tidak sesuai spesifikasinya, dan atau tidak berfungsi silakan disampaikan ke Vendor dan ke Direktorat SMP untuk ditindaklanjuti.

 

Pemeriksaan awal dilaksanakan pada saat barang tiba di sekolah. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian jenis,merk, jumlah dan kondisi fisik barang yang dikirim. Pemeriksaan awal ini sebaiknya disaksikan oleh penghantar barang (kurir). Tahap ini sebagai acuan dalam pengisian berita acara serah terima barang (BAST) atau surat jalan. Tahap ini harus segera diselesaikan karena hanya tersedia waktu kurang lebih satu atau dua jam sedangkan barang yang harus diperiksa cukup banyak. Sebelum barang datang, harus dipersiapkan beberapa hal antara lain ruang pemeriksaan, instrumen pemeriksaan barang dan kamera/video recorder. Adapun gambaran singkat mengenai alur pemeriksaan awal peralatan TIK bantuan 2021 sebagai berikut.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Download Buku 2 Pemeriksaan Peralatan TIK SMP:


 

Link Download Buku 2 Pemeriksaan Peralatan TIK SMP, Klik Di Sini.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang Buku 2 Pemeriksaan Peralatan TIK SMP. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.