Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Cara Kerja SSO belajar.id

DAPODIK.co.id - Pengertian dan  Cara Kerja SSO belajar.id. SSO adalah solusi untuk memudahkan pengguna login ke berbagai aplikasi hanya dengan satu kredensial saja. Tidak mengherankan situs sudah banyak yang menggunakan SSO untuk proses untuk kebutuhan perusahaan maupun organisasi.

 

SSO atau Single Sign-On sendiri memiliki pengertian sebagai pintu masuk ke sebuah jaringan. Maka SSO belajar.id adalah tempat PTK melakukan proses login untuk mengakses layanan belajar.id. Dengan kata lain SSO belajar.id adalah tempat seorang PTK memasukkan Username  dan Password sebelum melakukan proses manajerial informasi.

 

Single Sign-On atau SSO adalah sebuah metode yang memudahkan untuk melakukan login di berbagai situs belajar.id. Entah memperhatikannya atau tidak, pasti anda pernah melakukan login dengan menggunakan metode ini.

 

Single Sign-On biasanya kerap digunakan oleh situs-situs kemdikbud/ kemdikbudristek yang ingin semuanya serba cepat tanpa perlu merepotkan bapak/ ibu PTK mengetikkan username dan password ketika mengunjungi banyak situs hingga melakukan pembayaran tertentu.

 

Nah, apakah menggunakan metode SSO ini sudah terjamin keamanannya? Mengingat hanya satu akun saja yang digunakan untuk mengakses berbagai situs dan aplikasi.

 

Anda bisa mempelajari artikel ini hingga akhir agar dapat menjawab rasa pertanyaan Anda mengenai keamanannya.

 

Pengertian dan  Cara Kerja SSO belajar.id

 

SSO belajar.id

Pengertian SSO belajar.id

 

SSO adalah sebuah layanan autentikasi yang memungkinkan pengguna hanya perlu menggunakan satu akun dan pada satu halaman saja untuk dapat mengakses berbagai aplikasi maupun situs.


 

SSO dapat digunakan oleh situs kemdikbud/ kemdikbudristek, untuk memudahkan pengelolaan username dan password. Sederhananya, penggunaan SEO bisa dianalogikan seperti ketika anda masuk ke sebuah bandara, pasti anda akan melewati proses pengecekan ketat.


Setelah melaluinya, anda bisa dengan leluasa masuk ke dalam (misalnya) restoran, pusat oleh-oleh dan tidak perlu lagi melakukan pengecekan. Sebaliknya, anda bisa membayangkan apabila setiap masuk ke tempat tersebut di dalam bandara anda harus melakukan pengecekan yang sama secara padahal saat masuk bandara sudah melakukan pengecekan.

 

Dari contoh analogi tersebut, SSO belajar.id bisa disimpulkan cukup memudahkan pengguna dalam proses masuk ke banyak sistem. Contoh penerapan dari SSO ini adalah pada saat login pada suatu game, di sana akan ada pilihan login dengan mendaftar akun baru atau akun media sosial (Facebook) yang sudah ada.

 

Cara Kerja SSO belajar.id

 

SSO adalah sebuah sistem yang dapat mengelola identitas pengguna agar dapat digunakan oleh pihak ketiga. Meski aplikasi pihak ketiga (Google, Facebook, dll) memperoleh identitas ini, tetapi SSO belajar.id tidak akan memberikan akses terhadap kredensial akun pengguna seperti password.

 

OAuth lah yang membuat hal itu bisa terjadi, OAuth (open authorization) adalah komponen otorisasi terbuka yang memiliki token-base. Token SSO belajar.id adalah sekumpulan data atau informasi pengguna yang ‘didistribusikan’ dari satu sistem menuju sistem lainnya selama proses SSO belajar.id berjalan. Data yang dimiliki pada token SSO belajar.id bisa berupa email, atau informasi tentang sistem manakah yang mengirimkan token.

 

Untuk lebih jelasnya, berikut cara kerja SSO belajar.id:

 

1.    Pertama, pengguna mengakses suatu aplikasi atau website yang diinginkan, yang disebut dengan service provider.

 

2.    Kemudian service provider mengirim sebuah token yang memuat beberapa informasi tentang pengguna seperti email ke sistem SSO (identity provider), sebagai bagian dari permintaan untuk mengautentikasi pengguna tersebut.

 

3.    Identity provider lalu akan mengecek apakah pengguna sudah diautentikasi. Jika sudah, Identity provider akan memberikan izin akses kepada pengguna untuk mengakses service provider.

 

4.    Bila pengguna belum masuk, maka akan diminta memverifikasi kredensial yang disediakan oleh identity provider, bisa berupa username dan password, serta autentikasi tambahan dengan mengirimkan kode OTP.

 

5.    Setelah proses validasi selesai dilakukan, identity provider mengirimkan kembali token kepada service provider untuk mengonfirmasi bahwa autentikasi telah berhasil.

 

6.    Token yang diterima service provider telah divalidasi sesuai kesepakatan yang diatur sebelumnya (misalnya service provider tidak akan menyebarkan identitas pengguna yang telah didapatkan dari identity provider, dll).

 

7.    Pengguna berhasil mendapatkan akses terhadap service provider.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Pengertian dan  Cara Kerja SSO belajar.id. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.