Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Google Meet & Cara Penggunaannya – belajaran.id

DAPODIK.co.id – Mengenal Google Meet & Cara Penggunaannya - belajar.id. Dalam Mengenal Google Meet & Cara Penggunaannya - belajar.id, terdapat 3 Indeks Informasi yaitu: Memulai dan Membuat Jadwal Rapat Video, Bergabung ke Rapat Video, dan Berinteraksi Saat Rapat Video.

 

Mengenal Google Meet & Cara Penggunaannya – belajaran.id

 

Mengenal Google Meet & Cara Penggunaannya

Akun Pembelajaran dilengkapi dengan akses ke Google Meet, yaitu fitur konferensi video yang memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Selain mudah digunakan, fitur ini dapat mempermudah interaksi dan kolaborasi peserta dengan fitur inklusif untuk kegiatan belajar-mengajar, dan tentunya membuat kelas menjadi lebih efektif. Dengan fitur ini, Pendidik mendapatkan kemudahan berikut:

·         Memulai dan bergabung ke rapat video di Classroom menggunakan link khusus untuk kelas.

·         Menggunakan fitur moderasi untuk mengontrol partisipasi.

·         Mendapatkan laporan kehadiran.

·         Mengontrol akses ke rapat video.

 

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan Meet, seperti memulai rapat video, bergabung di rapat video, mengirimkan undangan/menjadwalkan rapat video, mengangkat tangan, melakukan polling, dan lainnya. Untuk melakukan rapat video, silakan ikuti panduan berikut:

 

Memulai dan Membuat Jadwal Rapat Video

 

Untuk memulai atau bergabung ke rapat video, silakan masuk/log in menggunakan Akun Pembelajaran Anda terlebih dahulu. Setelah log in, silakan ikuti panduan di bawah ini:

1.    Buka https://meet.google.com/ pada browser Anda.

2.    Pilih Rapat Baru untuk mendapatkan tautan yang bisa Anda berikan kepada peserta. Akan muncul beberapa pilihan yang dapat Anda pilih:

a. Klik Mulai rapat instan untuk membuat dan memulai rapat secara instan. Setelah itu Anda dapat berikan tautan yang tersedia pada kiri layar kepada peserta

b. Klik Buat rapat untuk nanti untuk memulai rapat pada waktu lain. Anda akan menerima tautan yang dapat dibagikan ke kepada peserta. Pastikan Anda juga menyimpan tautan tersebut agar dapat menggunakannya nanti.

c. Klik Jadwalkan di Google Kalender untuk membuat jadwal rapat sesuai dengan waktu Anda tentukan. Masukkan detail acara yang Anda kehendaki serta peserta yang akan Anda undang dan klik Simpan. Peserta akan menerima undangan melalui email atau Anda dapat menyalin tautan tersebut untuk dibagikan ke peserta.

 

Mengenal Google Meet & Cara Penggunaannya

Bergabung ke Rapat Video

 

Apabila Anda ingin bergabung ke rapat video yang sudah dibuat atau dijadwalkan, pastikan Anda sudah masuk/log in menggunakan Akun Pembelajaran Anda terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mengikuti petunjuk berikut:

1.    Buka browser pada perangkat yang Anda gunakan.

2.    Terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan apabila ingin bergabung ke rapat video:

a. Buka tautan rapat yang telah diberikan pada browser Anda.

b. Buka https://meet.google.com/ pada browser Anda dan masukkan kode meeting Google.

3.    Klik Bergabung Sekarang.

 

Mengenal Google Meet & Cara Penggunaannya

Berinteraksi Saat Rapat Video

 

Selama rapat video Pendidik dan Peserta Didik dapat berinteraksi satu sama lain dengan membuka sesi tanya jawab. Pendidik dapat menggunakan papan tulis virtual selama rapat dengan klik Aktivitas pada layar. Sementara itu, Peserta Didik dapat melakukan dua hal ini selama rapat video berlangsung untuk berinteraksi dengan Pendidik:

1.    Klik ikon Angkat tangan untuk mengajukan pertanyaan.

2.    Mengajukan pertanyaan melalui Pesan Percakapan.

 

Mengenal Google Meet & Cara Penggunaannya

Selama rapat video berlangsung, peserta rapat juga dapat melakukan perekaman video. Merekam saat rapat dapat berguna sebagai dokumentasi yang dapat Anda simpan atau jika Anda ingin meninjau rapat tersebut di lain waktu. Untuk melakukan perekaman video saat rapat, bisa dilakukan menggunakan fitur bawaan dari perangkat komputer/laptop yang Anda gunakan.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Mengenal Google Meet & Cara Penggunaannya – belajaran.id. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.