Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Username dan Password Akun belajar.id

DAPODIK.co.id - Cara Mendapatkan Username dan Password Akun belajar.id. Berdasarkan surat edaran ditjen gtk kemendikbudristek Nomor : 0697/B.B5/GT.01.15/2022 yang dirilis tanggal 15 Februari 2022. Hal : Akun belajar.id sebagai SSO SIMPKB, selanjutnya berikut informasi penting yang didapatkan hingga perlu diketahui oleh seluruh Guru di Indonesia.

 

Bersama ini disampaikan bahwa Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB) yang dipergunakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bertujuan meningkatkan layanan akses dan kualitas keprofesian guru dan tenaga kependidikan untuk mencapai mutu pendidikan yang berkualitas. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terus melakukan perubahan dan perbaikan layanan khususnya pemanfaatan platform teknologi sesuai dengan Persesjen Nomor 16 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan untuk akun akses layanan pembelajaran.

 

Para Guru dan Tenaga Kependidikan dihimbau untuk melakukan aktivasi dan memanfaatkan akun belajar.id sebagai penunjang pembelajaran daring yang diselenggarakan oleh sekolah di masa pandemi maupun kondisi kenormalan baru. Pemanfaatan akun belajar.id dioptimalkan menjadi layanan satu akun untuk semua dengan konsep Single Sigii On (SSO).

 

Cara Mendapatkan Username dan Password Akun belajar.id

 

Cara Mendapatkan Akun belajar.id

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, admin dapodik.co.id akan berikan tutorial Cara Mendapatkan Username dan Pasword Akun belajar.id.

Berikut ini adalah Cara Mendapatkan Username dan Pasword Akun belajar.id:

 

Untuk Operator Satuan Pendidikan

 

1.    Buka laman pd.data.kemdikbud.go.id, lalu login.

 

2.    Klik tombol "Unduh Akun", pilih "Peserta Didik" atau "PTK" untuk mengunduh file csv berisi nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran untuk pengguna di satuan pendidikan Anda.

 

3.    Buka file csv yang sudah diunduh, lalu berikan informasi akun (user ID dan password) kepada pengguna yang bersangkutan secara pribadi.

 

Untuk Siswa, Guru, dan Tenaga Kependidikan

 

1.    Dapatkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran dari Operator Satuan Pendidikan di sekolah Anda.

 

2.    Buka halaman mail.google.com, lalu masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang Anda dapatkan.

 

3.    Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran lalu mengganti akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran Anda.

 

4.    Selamat! Anda sudah dapat menggunakan Akun Pembelajaran baru Anda.

 

Sangat mudah bukan, silahkakn bapak/ ibu guru mengaksesnya, ingat juga bahwa akun belajar ini sangatlah penting untuk digunakannya, jika sudah mendapatkannya silahkan simpan sebaik-baiknya

 

Demikian Artikel Terbaru Terkai Cara Mendapatkan Username dan Password Akun belajar.id. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


7 komentar untuk "Cara Mendapatkan Username dan Password Akun belajar.id"

  1. Mohon solusinya waktu itu sy sdh perna unduh akun id belajar bahkan sudah ganti sandi yang gampang di ingat tapi waktu itu filenya hilang kira2 solusinya bagamna terima kasih salam sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya silahkan bertanya ke operator sekolah

      Hapus
  2. mau tanya pak, ada guru yang akun belajar.id nya tidak ditemukan,, bagaimana mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca saja postingan baru kami

      Hapus
    2. baca saja artikel kami terbaru

      Hapus
  3. Izin bertanya min. Langkah sudah dilaksanakan. Ada 1 guru dgn tugas tambahan plt kepsek tidak keluar. Kemudian masuk melalui admin dan akhirnya akum muncul tapi password tidak ada. Sudah coba reset password dgn lupa password namun tidak bisa. Mohon bantuannya min gimana cara mendapatkan password nya. Trims๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu rilis cara reset paswor belajar.id yang benar

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.