Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan Sering Muncul Berkaitan dengan Sinkronisasi Data di SIMPKB Bagi Guru

DAPODIK.co.id - Pertanyaan Sering Muncul Berkaitan dengan Sinkronisasi Data di SIMPKB Bagi Guru. Sahabat pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, sebelum kita membahas tentang Pertanyaan Sering Muncul Berkaitan dengan Sinkronisasi Data di SIMPKB Bagi Guru, ada baiknya bapak/ ibu guru mengetahui apa yang dimaksud dengan SIMPKB.

 

SIMPKB sebenar adalah program pemerintah yang ditujukan untuk guru yang ada di seluruh Indonesia. Program ini memiliki tujuan untuk mengambangkan kualitas profesi seorang guru dalam rangka menciptakan mutu pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. SIMPKB guru belajar juga menjadi salah satu syarat untuk guru agar mendapatkan benefit seperti tunjangan.

 

Program ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan juga mengembangkan kemampuan guru dengan menyesuaikan perkembangan zaman, misalnya bekerja dari rumah.

 

Melalui SIMPKB guru belajar, diharapkan siswa mempunyai pemahaman dan pendalaman materi belajar dengan lebih baik seperti ilmu terapan, keterampilan, ilmu sosial, dan lainnya. Nantinya, siswa akan mendapatkan ilmu yang berkualitas. Selain itu, dengan hasil pembelajaran yang baik dan berkualitas bisa menjadi tolak ukur dalam peningkatan jabatan atau profesi seorang guru.

 

SIMPKB dapat diikuti oleh semua guru, tetapi ada kriteria tertentu jika ingin mengikuti kegiatan ini. Jika ingin mengikuti kegiatan ini, guru harus mempunyai nilai dari hasil UKG (Uji Kompetensi Guru) dengan nilai minimum yang telah ditentukan, mulai dari 3 sampai 10 kelompok kompetensi. Jika belum memiliki nilai UKG, maka guru harus mengikuti UKG terlebih dulu.

 

Syarat lainnya yaitu guru harus terdaftar di dalam komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang ada di wilayah naungan Kemendikbudristek. Dalam mengikuti program SIMPKB, guru harus memiliki komitmen untuk menyelesaikan 2 kelompok kompetensi dengan nilai terendah selama satu tahun.

 

Pertanyaan Sering Muncul Berkaitan dengan Sinkronisasi Data di SIMPKB Bagi Guru

 

Masalah-masalah dalam Pertanyaan yang Sering Muncul Berkaitan dengan Sinkronisasi Data di SIMPKB Bagi Guru

Setelah bapak/ ibu guru memahami apa sebernarnya itu SIMPKB maka saatnya bapak/ ibu guru mengetahui Pertanyaan Sering Muncul Berkaitan dengan Sinkronisasi Data di SIMPKB Bagi Guru sebagai berikut:

 

Kenapa data di SIMPKB saya tidak update ?
Ada dua kemungkinan mengapa data SIMPKB Anda tidak update;

1.    Pertama, akun SIMPKB Anda tidak sinkron dengan Dapodik

2.    Kemungkinan kedua adalah akun SIMPKB Anda belum sinkron dengan Dapodik.


Lalu, kenapa akun SIMPKB saya TIDAK sinkron dengan Dapodik?
Pastikan akun SIMPKB Anda terkoneksi dengan Dapodik.


Akun SIMPKB saya sudah terkoneksi dengan Dapodik, namun kenapa datanya belum sinkron?
Pastikan Anda sudah melakukan update data di Dapodik dan dinyatakan valid pada Dapodik Pusat, selanjutnya tunggu 2x24 jam untuk proses sinkronisasi data dari Dapodik ke SIMPKB.


Bagaimana cara mengetahui apakah akun SIMPKB saya terkoneksi dapodik atau tidak?
Untuk dapat mengetahui apakah akun SIMPKB Anda sudah terkoneksi dengan data Dapodik atau tidak, Anda dapat melakukan pengecekan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1.    Kunjungi laman portal layanan SIMPKB pada laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/.

2.    Klik pada tombol Pencarian Data GTK, kemudian Anda akan diarahkan menuju laman pencarian data GTK.

3.    Masukkan nama lengkap atau nomor UKG Anda, Pilih Provinsi dan Kota tempat Anda

4.    Klik tombol Cari GTK.

5.    Status koneksi dapodik data Anda akan ditampilkan.

 

Bagaimana agar akun SIMPKB saya dapat terkoneksi Dapodik?
Lakukan langkah berikut :

1.    Pastikan data Dapodik Anda valid dan sinkron di Dapodik Pusat Lakukan pencarian akun SIMPKB Anda pada https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk.

2.    Jika terdeteksi ganda, silakan laporkan melalui operator SIMPKB Dinas Kota/Kab/Propinsi yang menaungi satminkal Anda untuk dilakukan REMAPDATA.

3.    Operator SIMPKB Dinas Kota/Kab akan meneruskan kepada Tim Pengembang SIMPKB Pusat sesuai dengan format laporan yang telah ditentukan.

4.    Silakan tunggu proses sinkronisasi data, proses sinkronisasi data dengan Dapodik membutuhkan waktu sekurangnya 2x24 jam, akun SIMPKB Anda akan otomatis terkoneksi dengan Dapodik setelah proses sinkronisasi data selesai.

 

Bagaimana cara cek akun saya ganda atau tidak di SIMPKB?
Untuk dapat mengetahui no UKG yang Anda miliki ganda atau tidak, Anda dapat mencarinya melalui laman pencarian di SIMPKB. Berikut langkah-langkah untuk mencari no UKG Anda :

1.    Kunjungi laman portal layanan SIMPKB pada laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/.

2.    Klik pada tombol Pencarian Data GTK, kemudian Anda akan diarahkan menuju laman pencarian data GTK.

3.    Masukkan nama lengkap Anda, Pilih Provinsi dan Kota/Kabupateb tempat Anda.

4.    Klik tombol Cari GTK.

5.    Silakan cari data Anda pada bagian hasil pencarian.

6.    Jika ditemukan hasil ganda, silakan laporkan melalui media pelaporan yang telah disediakan atau dengan menghubungi Admin Dinas Kota/kabupaten/Provinsi yang menaungi satminkal Anda untuk dilakukan Prosedur REMAP DATA oleh Admin SIMPKB Pusat.

7.    Pastikan Anda menyebutkan no UKG yang aktif digunakan dan yang tidak aktif digunakan lalu sebutkan juga apakah akun tersebut terkoneksi Dapodik atau tidak.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang Pertanyaan Sering Muncul Berkaitan dengan Sinkronisasi Data di SIMPKB Bagi Guru. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.


Posting Komentar untuk "Pertanyaan Sering Muncul Berkaitan dengan Sinkronisasi Data di SIMPKB Bagi Guru"