Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

DAPODIK.co.id - MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Pendidikan Nasional memiliki fungsi dan tujuan yang mulia sebagaimana dirumuskan dalam Pasal 3 UU 20 Tahun 2003 yaitu Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya mencapai tujuan Pendidikan Nasional menyusun Kurikulum yang diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta didik menjadi kompetensi yang bersifat produktif dan kontributif dan pada akhirnya menghasilkan warga negara yang tidak hanya mampu memberikan kehidupan layak bagi dirinya tetapi juga mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat
dan bangsa.

 

Kurikulum yang digunakan suatu di suatu satuan pendidikan tentunya akan mempengaruhi strategi pemenuhan kebutuhan dan potensi peserta didik, dengan tetap memperhatikan sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan. Hal ini perlu diakomodir dalam kurikulum satuan pendidikan untuk mengetahui lebih jelas mengenai strategi pelaksanaan kurikulum yang mengedepankan pembelajaran fleksibel dan penguatan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila yang terintegrasi pada semua mata pelajaran. Kurikulum satuan pendidikan dapat dilaksanakan dengan baik apabila menjalin kerjasama dengan berbagai pihak antara lain kepala sekolah, guru, konselor, dan tenaga pendidik lainnya sebagai mitra kerja. Guru mengupayakan tercapainya pembelajaran melalui kegiatan belajar mengajar, konselor mengupayakan tercapainya tugas perkembangan melalui kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling yang memandirikan, sedangkan kepala sekolah dan tenaga pendidik memfasilitasi demi lancarnya proses belajar mengajar.

 

Dalam upaya memperoleh capaian pembelajaran, yang memiliki makna luas, Bimbingan dan Konseling sebagai bagian integral dari system pendidikan di sekolah memiliki karakteristik yang berbeda dengan mata pelajaran. Layanan Bimbingan dan Konseling membantu peserta didik mencapai tugas perkembangannya melalui Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling yang merupakan dokumen utama dalam rangka bagian dari pengembangan kurikulum satuan pendidikan.

 

Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP dilaksanakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling/ konselor/Konselor sesuai dengan tugas pokoknya dalam upaya membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional, dan khususnya membantu peserta didik/konseli mencapai perkembangan diri yang optimal, mandiri, sukses, sejahtera dan bahagia dalam kehidupannya. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan melakukan kolaborasi dan sinergitas kerja antara Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor, guru mata pelajaran, pimpinan sekolah/madrasah, staf administrasi, orang tua, dan pihak lain yang dapat membantu kelancaran proses dan pengembangan peserta didik/konseli secara utuh dan optimal dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir.

 

MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

 

MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Tujuan Model Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP ini bertujuan untuk menginspirasi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor di satuan pendidikan. Layanan pendidikan psikoedukasi diberikan kepada peserta didik/konseli agar dapat mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya. Tugas-tugas perkembangannya yang mencakup aspek pribadi, sosial, belajar, karir diharapkan dapat dikembangkan secara utuh dan optimal.

 

Model inspiratif layanan Bimbingan dan Konseling ini merupakan panduan untuk Guru Bimbingan dan Konseling/konselor di satuan pendidikan dalam menyusun program Bimbingan dan Konseling. Selain itu, model ini diharapkan dapat menjadi pedoman untuk melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling di satuan pendidikan.

 

Model inspiratif layanan Bimbingan dan Konseling ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada bagian perencanaan, Guru Bimbingan dan Konseling/konselor menyusun program Bimbingan dan Konseling atas dasar hasil dari asesmen kebutuhan peserta didik. Penyusunan program Bimbingan dan Konseling disampaikan kepada kepala sekolah dan dewan guru sebagai bentuk membangun kerjasama dan menciptakan dukungan sistem yang kondusif di satuan pendidikan.
Pelaksanaan program dalam bentuk alternatif-alternatif kegiatan yang akan menginspirasi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor dalam menyusun kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling di satuan pendidikannya.

 

Pengguna MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP):

1.    Guru Bimbingan dan Konseling/konselor, dalam menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan konseling;

2.    Kepala sekolah dalam memfasilitasi terselenggaranya layanan, supervisi, dan evaluasi layanan bimbingan dan konseling di satuan pendidikan;

3.    Komite sekolah dalam memberikan dukungan bagi penyelenggaraan bimbingan dan konseling;

4.    Pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi dan pembinaan penyelenggaraan program pendidikan di sekolah, khususnya bimbingan dan konseling;

5.    Dinas pendidikan dalam menetapkan kebijakan yang mendukung penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah;

6.    Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan dan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) dalam mengembangkan sebagai bahan sosialisasi, pelatihan, dan atau bimbingan teknis;

7.    Lembaga pendidikan calon Guru Bimbingan dan Konseling/konselor dalam menyiapkan calon Guru Bimbingan dan Konseling/konselor; dan

8.    Organisasi profesi bimbingan dan konseling dalam memberikan dukungan dalam pengembangan profesionalisme anggotanya, terutama Guru Bimbingan dan Konseling/konselor.

 

Paparan Serta Download MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP):


 

Link Download MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang MODEL INSPIRATIF LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.