Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Guru Mata Pelajaran Di Kelas Sebelum Pembelajaran

DAPODIK.co.id - Panduan Guru Mata Pelajaran Di Kelas Sebelum Pembelajaran. Melaksanakan pembelajaran merupakan kegiatan interaksi edukatif antara peserta didik dengan guru.

 

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tatap muka sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Penjelasan kegiatan tatap muka adalah sebagai berikut:

ü  Kegiatan tatap muka atau pembelajaran terdiri dari kegiatan penyampaian materi pelajaran, membimbing dan melatih peserta didik terkait dengan materi pelajaran, dan menilai hasil belajar yang terintegrasi dengan pembelajaran dalam kegiatan tatap muka.

ü  Menilai hasil belajar yang terintegrasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran tatap muka antara lain berupa penilaian akhir pertemuan atau penilaian akhir tiap pokok bahasan merupakan bagian dari kegiatan tatap muka.

ü  Kegiatan tatap muka dapat dilakukan secara langsung atau termediasi dengan menggunakan media antara lain video, modul mandiri, kegiatan observasi/eksplorasi,

ü  Kegiatan tatap muka dapat dilaksanakan antara lain di ruang teori/kelas, laboratorium, studio, bengkel atau di luar ruangan.

ü  Waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran atau tatap muka sesuai dengan durasi waktu yang tercantum dalam struktur kurikulum sekolah/madrasah.

 

Sebelum pelaksanaan kegiatan tatap muka, guru diharapkan melakukan persiapan, antara lain pengecekan dan/atau penyiapan fisik kelas/ruangan, bahan pelajaran, modul, media, dan perangkat administrasi.

 

Panduan Guru Mata Pelajaran Di Kelas Sebelum Pembelajaran

 

Panduan Untuk Guru Mata Pelajaran Di Kelas

Sebelum memulakan pengajaran

1.    Memastikan semua murid yang hadir pada hari tersebut ada di dalam kelas.

2.    Mengetahui dengan jelas murid yang hadir tetapi tiada di dalam kelas.

3.    Mengisi murid dalam Buku Pengesanan Murid.

4.    Memastikan kelas berada dalam keadaan bersih dan teratur.

5.    Memastikan semua murid berada dalam keadaan bersedia untuk belajar.

6.    Mengambil tindakan segera jika ada murid yang tidak sihat/ cedera/ menghadapi masalah utuk mengikuti pelajaran dengan merujuk masalah yang berkenaan kepada Guru Bertugas/ penolong kanan/ pengetua untuk tindakan selanjutnya.

 

Semasa sesi pengajaran-pembelajaran

1.    Memastikan semua murid memberikan tumpuan sepenuhnya kepada pengajaran guru.

2.    Memastikan murid tidak bising, bermain-main, bergurau, dan mengganggu ketenteraman kelas.

3.    Memastikan murid tidak meninggalkan tempat duduk masing-masing kecuali dengan izin atau arahan guru.

4.    Memastikan hanya seorang murid dibenarkan keluar pada satu masa tertentu dengan menggunakan buku Izin Keluar Kelas dan nama murid yang keluar dicatat dalam Buku Murid.

5.    Memastikan semua murid membuat tugasan mata pelajaran yang diarahkan.

 

Sebelum keluar dari kelas

1.    Memastikan kelas berada dalam keadaan bersih dan terkawal.

2.    Memastikan murid yang keluar dari kelas sudah kembali ke kelas atau perlu diinformasikan kepada guru kelas yang berikutnya.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang Panduan Guru Mata Pelajaran Di Kelas Sebelum Pembelajaran, terima kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.