Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

DAPODIK.co.id - Panduan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Literasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Kecakapan literasi menjadi esensial pada abad ke-21 ini. Pada era teknologi ini, ketersediaan informasi memberikan ruang bagi tiap orang untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Namun, untuk dapat memanfaatkan informasi tersebut dengan baik, seseorang tentunya perlu menjadi 'subjek' atas informasi tersebut. Dengan kata lain, ia perlu dapat memilih informasi yang baik dan bermanfaat secara kritis untuk dapat menerapkannya dalam kehidupannya.


Kecakapan berpikir kritis, kreatif, kemampuan berkomunikasi efektif serta bekerja secara kolaboratif menjadi tuntutan global dalam pendidikan. Kecakapan ini perlu ditumbuhkan di kelas melalui strategi untuk meningkatkan kecakapan peserta didik dalam memaknai teks yang dibaca serta untuk mengaitkan teks tersebut dengan pengalaman, teks lain yang pernah dibaca, dan permasalahan dunia di sekitarnya.

 

Mengenalkan genre teks kepada peserta didik memiliki tujuan praktis. Dengan mengenali genre teks yang dibaca, peserta didik menyesuaikan strateginya membaca. Misalnya, ia akan fokus pada bagian tertentu pada teks tersebut. Pengenalan terhadap beragam variasi genre juga akan membantu peserta didik untuk membangun strategi membaca, misalnya saat memahami kosakata baru dan pengetahuan baru. Hal ini penting untuk peserta didik di jenjang SMP yang terpajan pada bacaan dengan beragam materi.

 

Dalam kehidupan nyata, peserta didik menjumpai teks dengan beragam format dan genre. Genre teks selalu berubah secara dinamis. Genre teks di masa depan mungkin berbeda dengan yang mereka kenali saat ini. Apabila peserta didik dikenalkan kepada genre yang kontekstual saat ini, mereka akan menggunakan pengetahuan tentang genre tersebut untuk mengetahui genre baru (beserta kombinasinya) yang akan muncul kemudian. Oleh karena itu, guru perlu mengenalkan tipe teks dengan genre yang dekat dengan kehidupan peserta didik, dalam konteks materi (field), pendengar/pembaca sasaran (tenor) dan format tertulis, lisan, visual, atau audiovisual (mode) (Halliday, 2004).

 

Jenis teks yang digunakan pada contoh di bab-bab pada panduan ini mengakomodasi keragaman tipe teks tersebut. Misalnya, dengan menganalisis teks persuasi berupa poster iklan, peserta didik berlatih untuk menilai keefektifan elemen visual dan tekstual yang saling menguatkan. Demikian pula, ketika menanggapi teks transaksional berupa surat dan pesan, peserta didik berlatih untuk menganalisis tujuan dan pesan dalam beragam konteks komunikasi sehingga mereka terampil menggunakan beragam media secara santun, efektif, dan bijak. Melalui ragam teks kontekstual ini, peserta didik meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi sekaligus melatih kemampuan komunikasi praktis mereka.

 

Oleh karena itu pada tahun ini, Direktorat Jenjang SMP menyusun sejumlah dokumen NSPK, di antaranya Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Literasi dan Numerasi. Dokumen ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam meningkatkan kecakapan literasi dan numerasi peserta didik melalui proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan kehidupan dengan menggunakan sintesis informasi yang diperolehnya.


Besar harapan agar dokumen-dokumen yang telah dihasilkan oleh Direktorat SMP bersama tim penulis yang berasal dari unsur akademisi dan praktisi pendidikan tersebut, dapat dimanfaatkan secara optimal oleh semua pihak terkait, baik dari unsur dinas pendidikan kabupaten/kota, para pendidik, dan tenaga kependidikan, sehingga pada akhirnya dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan khususnya jenjang SMP.

 

Panduan ini memberikan inspirasi kepada guru untuk meningkatkan kecakapan literasi peserta didik melalui beragam strategi membaca dan menganalisis bacaan. Panduan ini juga menyediakan contoh pemanfaatan beragam teks dengan berbagai tema yang relevan dengan materi pembelajaran.

 

Diharapkan agar guru dapat memberikan alternatif beragam teks bacaan fiksi dan nonfiksi agar peserta didik dapat memahami materi dengan lebih mudah. Melalui ragam teks bacaan fiksi dan nonfiksi ini, peserta didik dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal dan pengalamannya. Proses pembelajaran pun menjadi lebih menyenangkan.

 

Panduan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 


Panduan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP

Selengkapnya, Paparan Serta Download Panduan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi:

 


Link Download Panduan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Klik Disini).

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Panduan Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang SMP - Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Semoga ada manfaatnya. Terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.