Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengatasi Murid Mengobrol Saat Guru Mengajar

DAPODIK.co.id - 8 Cara Mengatasi Murid Mengobrol Saat Guru Mengajar. Setiap guru tentu menginginkan suasana belajar kondusif tanpa ada keributan. Tentu tidak nyaman jika ada murid yang mengobrol di kelas.

 

Hal ini dapat mengganggu konsentrasi murid lain yang serius mengikuti pelajaran. Sebagai seorang guru harus tahu cara mengatasi murid mengobrol saat guru mengajar. Tujuannya agar proses belajar dapat berjalan dengan baik.

 

8 Cara Mengatasi Murid Mengobrol

8 Cara Mengatasi Murid Mengobrol Saat Guru Mengajar


1. Gunakan Metode Belajar yang Baru

Murid itu memiliki karakter yang berbeda-beda begitupun cara mereka dalam menyerap materi. Ada kalanya seorang guru harus pintar dalam menggunakan teknik mengajarnya. Tujuannya agar tidak mengalami kebosanan dan murid bisa lebih fokus mendengarkan materi pelajaran.

Cara yang beda dan unik terkadang lebih disukai dari pada cara yang biasa-biasa saja. Cara lama hanya membuat murid menjadi mengantuk dan sulit menangkap pelajaran. Mungkin untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa gunakan metode diskusi. Jadi antar murid bisa langsung berinteraksi dan suasana di dalam kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

 

2. Memberikan Peringatan dengan Cara Nonverbal
Akan selalu ada murid yang mengobrol sendiri di dalam kelas ketika proses belajar berlangsung. Cara mengatasi murid mengobrol saat guru mengajar bisa dengan memberi peringatan nonverbal. Caranya seperti apa? Anda bisa dengan menaruh jari di depan mulut yang memiliki maksud agar murid bisa diam.

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan misalnya dengan membentuk tangan seperti huruf X. selain itu Anda bisa dengan menatap mata murid yang sedang mengobrol. Dengan begitu nanti murid tersebut akan merasa diperhatikan dan akhirnya terdiam.

3. Sabar dan Tahan Emosi

Ketika ada murid yang asyik mengobrol sendiri kesabaran sering tidak tertahankan lagi. Namun Anda jangan langsung memarahi siswa tersebut. Marah bukan solusi yang bagus karena akan merusak mental murid anda. Ada cara lain yang cukup ampuh dalam mengatasi murid mengobrol saat Anda sedang mengajar ini.

Caranya Anda bisa memberikan peringatan dengan sifatnya ancaman tapi baik bagi murid anda. Misalnya dengan berkata “Jangan ribut, jika masih ada yang ketahuan ribut maka nanti akan bapak suruh menerangkan sendiri di depan kelas”. Dengan begitu murid merasa takut dan tidak berani mengobrol lagi.

4. Serius tapi Sambil Diselipkan Candaan

Kondisi belajar yang terlalu serius tidak selamanya bisa menjamin murid tetap fokus. Justru terkadang murid jadi mengantuk dan merasa bosan. Sebaiknya dalam mengajar juga harus diimbangi dengan candaan yang bisa membuat murid tidak merasa tegang dan melepas tawa. Dengan begitu murid jadi bisa lebih siap kembali dalam menerima pelajaran.

Sikap humoris dalam mengajar lebih disukai oleh kebanyakan murid dan bisa senjata ampuh agar memperhatikan apa yang Anda sampaikan. Semua mata murid akan tertuju pada Anda dan akan lebih terjalin kedekatan. Jadi ketika ada hal yang mau ditanyakan murid tidak lagi malu atau takut.

5. Berikan Hadiah untuk Murid yang Memerhatikan
Setiap orang akan senang saat mendapatkan hadiah apapun bentuknya. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk diterapkan saat mengajar. Caranya bisa dengan memberikan bonus nilai bagi siapa saja yang memerhatikan dan tidak mengobrol sendiri. Dengan begitu murid jadi lebih semangat dan mengikuti proses belajar dengan baik.

6. Bercerita dengan murid

Boleh jadi murid yang sering mengobrol saat belajar adalah murid yang kesepian dan butuh teman cerita selain keluarga intinya. Sebagai guru, kita bisa berperan menjadi teman cerita murid tersebut agar mengurangi kebiasaan buruknya mengobrol saat guru mengajar.

 

7. Membentuk kelompok kecil

Adakalanya murid mengalami kebosanan dengan guru tertentu. Oleh karena itu, kita bisa mengelompokkan murid-murid ke dalam kelompok-kelompok kecil agar mereka bisa berinteraksi dan berdiskusi.

 

8. Memberikan humor

Penyebab murid mengobrol saat guru mengajar atau ribut di kelas adalah rasa bosan. Bosan termasuk salah satu penyakit yang amat berbahaya, terlebih dalam proses pembelajaran. Jika bosan menjangkiti murid, maka ia menderita luar biasa. Murid yang terjangkit penyakit bosan, otak dan organ yang lain menjadi kurang produktif. Bahkan otaknya pun sulit untuk berpikir. Begitu bahayanya penyakit bosan ini menjangkiti murid saat belajar maka guru perlu mengusir rasa bosan dengan humor. Humor adalah obat untuk penyakit bosan.


Cara mengatasi murid mengobrol saat guru mengajar di atas bisa Anda terapkan sendiri. Demi terciptanya kelas yang tenang akan lebih tersampaikan materi pelajaran. Proses belajar juga akan semakin menyenangkan dan tanpa ada gangguan.

 

Demikin Artikel Terbaru Terkait 8 Cara Mengatasi Murid Mengobrol Saat Guru Mengajar, Semoga Bermanfaat.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Murid Mengobrol Saat Guru Mengajar"