Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pengertian Hasil Belajar

DAPODIK.co.id - Inilah Pengertian Hasil Belajar. Hasil belajar terdiri dari dua kata yaitu hasil dan belajar. Hasil berarti sesuatu yang tercipta karena adanya usaha yang dilakukan. Sedangkan belajar Gagne mengemukakan bahwa, “Learning is change in human disposition or capacity, ehich persists over a period time, and which is not simply ascribable to process a growth.” Artinya belajar adalah perubahan yang terjadi secara terus-menerus, bukan hanya disebabkan proses pertumbuhan saja. Gagne mengemukakan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalam diri dan keduanya saling berinteraksi (Asis Saefuddin dan Ika Berdiati, 2014:8).

 

Selanjutnya, Soejanto menyatakan bahwa belajar adalah segenap rangkaian aktivitas yang dilakukan dengan penambahan pengetahuan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya yang menyangkut banyak aspek, baik karena kematangan maupun karena latihan (Asis Saefuddin dan Ika Berdiati, 2014:8).

 

Inilah Pengertian Hasil Belajar

 

Inilah Pengertian Hasil Belajar

Berdasarkan pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah segenap rangkaian aktivitas yang dilakukan terus menerus yang dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalam diri dan keduanya saling berinteraksi yang menghasilkan perubahan-perubahan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap.

 

Menurut Arbangi, dkk (2016:177) hasil belajar adalah suatu kemampuan yang berupa keterampilan dan perilaku baru sebagai akibat latihan atau pengalaman. Dalam hal ini, hasil belajar dapat didefinisikan sebagai tingkat penguasaan suatu pengetahuan yang dicapai oleh siswa dalam mengikuti program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan.

 

Gagne dan Briggs menyatakan bahwa hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh seseorang sesudah mengikuti proses belajar. Sedangkan, Reigeluth mengemukakan bahwa hasil belajar adalah perilaku yang dapat diamati yang menunjukkan kemampuan yang dimiliki seseorang (Arbangi, dkk., 2016:179).

 

Sementara itu, Bloom membagi hasil belajar mengajar ke dalam tiga ranah yang dikenal dengan taksonomi Bloom yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah prikomotor (Arbandi, dkk., 2016:179).

 

Ranah kognitif berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam tingkatan kemampuan yang dimiliki individu, yakni pengetahuan (mengingat dan menghafal), pemahaman (menginterpretasikan), aplikasi (menggunakan konsep untuk memecahkan suatu masalah), analisis (menjabarkan suatu konsep), sintesis (menggabungkan bagian-bagian konsep menjadi suatu konsep utuh), dan evaluasi (membandingkan nilai, ide, metode dan sebagainya).

 

Ranah afektif berkenaan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku siswa seperti perasaan, minat, sikap, emosi dan nilai. Hasil belajar pada ranah afektif pada siswa terlihat ketika siswa mampu menerima atau memperhatikan materi, menanggapi materi, serta mampu mengaplikasi konsep-konsep yang telah diberikan dalam memecahkan masalah.

 

Ranah psikomotor berkenaan dengan hasil belajar keterampilan dan kemampuan bertindak. Ada enam aspek yakni gerakan refleks, keterampilan gerakan dasar, kemampuan perseptual, keharmonisan atau ketepatan, gerakan keterampilan kompleks, dan gerakan ekspresi dan intrepretatif.

 

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara kontinu yang ditunjukkan dengan nilai tes yang terdiri dari penilaian kognitif, efektif, dan psikomotorik.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Inilah Pengertian Hasil Belajar. Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat, Sekian Dan Terima Kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.