Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Efektivitas Model Pembelajaran

DAPODIK.co.id - Pengertian Efektivitas Model Pembelajaran. Efektif adalah adanya efek yang dapat membawa hasil atau dapat diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Menciptakan kondisi belajar yang efektif dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan instruksional yang ingin dicapai (Slameto, 2010).

 

Pengertian Efektivitas Model Pembelajaran

 

Simpan, Pengertian Efektivitas Model Pembelajaran

Menurut Fitriani (2011:6) efektivitas pembelajaran adalah hasil guna yang diperoleh setelah pelaksanaan proses belajar mengajar.

 

Sedangkan menurut Nuraeni (2010) model pembelajaran dikatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa apabila secara statistik hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pemahaman awal dengan pemahaman setelah pembelajaran (ditunjukkan dengan gain yang signifikan).

 

Eggen dan Kunchan (2015) mengemukakan bahwa efektivitas pembelajaran ditandai dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran, khususnya dalam pengorganisasian dan penemuan informasi. Oleh karena itu, semakin aktif siswa dalam pembelajaran maka semakin efektif pula pembelajaran yang dilaksanakan.

 

Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dikatakan efektif jika kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Selain hasil belajar mengajar siswa, efektivitas model pembelajaran dapat dilihat juga dengan ketuntasan belajar individu maupun klasikal, aktivitas belajar siswa dan motivasi belajar siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar mengajar.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Pengertian Efektivitas Model Pembelajaran. Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat, Sekian Dan Terima Kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.