Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pengertian dan Manfaat Pendidikan Inklusi

DAPODIK.co.id - Inilah Pengertian dan Manfaat Pendidikan Inklusi. Setiap kehidupan manusia tentunya tidak semuanya sama. Banyak contohnya kekuasaan sang maha pencipta yang harus kita syukuri dan kita terima dengan lapang dada. Contohnya dalam kelahiran setiap manusia ada yang lahir secara normal dan ada juga yang lahir mohon maaf secara tidak normal. Mengenai hal itu kita sebagai makhluk tuhan haruslah banyak bersyukur telah diberi kesempatan untuk hidup di alam semesta ini. Pada pembahasan kali ini admin dapodik.co.id akan membahas mengenai pendidikan inklusi secara ringkas, padat dan jelas. Silahkan pelajari secara seksama.

 

Manusia yang diabaikan, tidak diperhatikan, tidak dihargai yang akhirnya memberi kekuatan untuk mengungkapkan tekanan dan keadaan dirinya atau kelompoknya kepermukaan yang selanjutnya baru mendapatkan perhatian umum, diawali tidak dianggapnya orang-orang disability, yang sebetulnya mereka hanya secara fisik tampak tidak mampu, namun secara non fisik atau batiniah memiliki kekuatan yang luar biasa.

 

Pendidikan inklusif adalah penempatan anak berkelainan tingkat ringan,sedang, dan berat secara penuh di kelas regular. Staub dan Peck (dalam Abdul Salim Choeri dkk., 2009: 87) Lebih lanjut, Susi Septaviana R. (2002: 38) menyatakan “Pendidikan inklusif merupakan pergeseran dari kecemasan tentang suatu kelompok tertentu menjadi upaya yang difokuskan untuk mengatasi hambatan untuk belajar dan berpartisipasi.”

 

Sapon-Sevil (dalam Abdul Salim Choeri dkk., 2009: 87) dinyatakan bawa pendidikan inklusif sebagai suatu sistem layanan pendidikan yang mempersyaratkan agar semua anak berkelainan di sekolah-sekolah terdekat, di kelas regular bersama teman-teman seusianya.

 

Sementara itu, dalam Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Proponsi Jawa Tengah mendevinisikan pendidikan inklusif sebagai sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat lebih untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Lebih lanjut diterangkan Setiap peserta didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, sosial, atau memiliki potensi kecerdasan atau bakat lebih berhak mengikuti sekolah inklusif sesuai dengan kebutuhannya.

 

Selanjutnya mengenai manfaat pendidikan inklusi dan hal apa saja yang harus diperhatikan sekolah inklusi.

 

Dari beberapa pernyataan para ahli mengenai definisi pendidikan inklusif, dapat disimpulkan bahwa pendidikan inklusif adalah suatu sistem pendidikan yang menempatkan anak berkebutuhan khusus baik yang memiliki kelainan maupun yang memiliki potensi yang unggul untuk mendapatkan pendidikan secara bersama-sama peserta didik pada umumnya yang seusia untuk mengoptimalkan kemampuannya.

 

Inilah Pengertian dan Manfaat Pendidikan Inklusi

 

Pengertian dan Manfaat Pendidikan Inklusi

Manfaat pendidikan inklusif adalah :

1.    Membangun kesadaran pentingnya pendidikan inklusif sekaligus menghilangkan sikap dan nilai yang diskriminatif.

2.    Masyarakat terlibat untuk melakukan penilaian situasi pendidikan lokal, mengumpulkan informasi semua anak pada setiap distrik dan mengidentifikasi alasan mengapa mereka tidak sekolah.

3.    Mengidentifikasi apa yang menjadi hambatan yang berkaenaan dengan kelainan pada fisik, sosial dan masalah lainnya terhadap pembelajaran.

4.    Melibatkan masyarakat dalam melakukan perencanaan dan monitoring mutu pendidikan bagi semua anak.

 

Hal inilah yang harus diperhatikan sekolah penyelenggara pendidikan inklusif :

1.    Sekolah harus mampu  menyediakan kondisi kelas yang hangat, ramah, menerima keaneka-ragaman dan toleransi beragama.

2.    Sekolah harus siap mengelola kelas yang bersih dengan menerapkan kurikulum dan pembelajaran yang bersifat individual.

3.    Guru harus menerapkan pembelajaran yang interaktif.

4.    Guru dituntut melakukan kolaborasi dengan profesi atau sumberdaya lain dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

5.    Guru dituntut melibatkan orang tua secara bermakna dalam proses pendidikan.

 

Sampai disini dulu pembahasan mengenai pendidikan inklusi. Jika ada yang tidak dipahami jangan ragu-ragu untuk bertanya melalui kontak yang telah disediakan. 

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Inilah Pengertian dan Manfaat Pendidikan Inklusi. Semoga ada manfaatnya, terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.