Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Melaksanakan Pembelajaran Koperatif

DAPODIK.co.id - Cara Mudah Melaksanakan Pembelajaran Koperatif. Sahabat pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, pembelajaran yang dilakukan di kelas terutama pada peserta didik pada sekolah tertentu seperti Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Tingkat Atas.

 

Cara Mudah Melaksanakan Pembelajaran Koperatif

 

Pembelajaran Koperatif

Ada banyak jenis pembelajaran yang ada seperti pembelajaran individu, maksudnya peroses pembelajaran dilakukan oleh setiap individu, pribadi masing-masing sehingga orang berusaha untuk memahami isi pelajaran secara sendiri sendiri. Melakukan pekerjaan sendiri, memahami pelajaran secara individu dan sering terjadinya rasa persaingan yang ketat antara kemampuan seorang dengan lainnya. Akibatnya terjadilah rangking atau urutan kemampuan peserta didik yang satu yang lain. Memang ada baik, yaitu adanya kompetisi sehingga seseorang berusaha untuk melampaui teman kompetitor lain adanya persaingan.

 

Pembelajaran individu atau juga sering disebut pembelajaran perorangan ini adalah pembelajaran yang terbaik pada abad sembilan belas (19) dan juga disebut dengan one way teaching.or direction teaching.

 

Seiring  dengan kemajuan zaman yaitu abad 21, pembelajaran one way teaching tidang layak dipakai atau dipergunakan karena semestinya suatu kemajuan harus didapatin  secara bersama-sama. Yang berbeda adalah jenis keterampilan atau kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu. Jadi menghargai adanya perbedaan kebutuhan dan keinginan sesuai dengan kompetensi dan keinginann masing-masing.

 

Koperatif (CL, Cooperative Learning). Pembelajaran koperatif sesuai dengan fitrah manusia sebagai makhluk sosial yang penuh ketergantungan dengan orang lain, mempunyai tujuan dan tanggung jawab bersama, pembegian tugas, dan rasa senasib. 

 

Dengan memanfaatkan kenyatan itu, belajar berkelompok secara koperatif, peserta didik dilatih dan dibiasakan untuk saling berbagi (sharing) pengetahuan, pengalaman, tugas, tanggung jawab. Saling membantu dan berlatih berinteraksi-komunikasi-sosialisasi karena koperatif adalah miniature dari hidup bermasyarakat, dan belajar menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

 

Jadi model pembelajaran koperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksu konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri. Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kohesif (kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok terdiri dari 4-5 orang, peserta didik heterogen (kemampuan, gender, karekter), ada control dan fasilitasi, dan meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.

 

Sintaks pembelajaran koperatif adalah informasi, pengarahan-strategi, membentuk kelompok heterogen, kerja kelompok, presentasi hasil kelompok, dan pelaporan.

 

Terima kasih telah membaca artikel kali ini, semoga dapat menanmbah gairah guru dalam mengajar dan memahami strategi mengajar yang efektif di sekolah masing masing.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Cara Mudah Melaksanakan Pembelajaran Koperatif. Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat, Sekian Dan Terima Kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.