Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Aplikasi Berjalan Saat Startup Di Windows di Laptop atau Komputer

DAPODIK.co.id - Cara Mematikan Aplikasi Berjalan Saat Startup Di Windows di Laptop atau Komputer. Sahabat dapodik.co.id dinamapun anda berada, zaman sekarang banyak sekali aplikasi baru yang bermunculan. Khususnya aplikasi PC atau komputer. Sudah tentu ukurannya aplikasinya besar-besar. Oleh karena itu kita harus memiliki laptop atau komputer yang memiliki kapasitas penyimpanan dan RAM yang besar.

 

Tapi bagaimana jika kita memiliki laptop atau komputer yang berkelas low-end (laptop atau komputer berspesifikasi rendah)? Tentu saja laptop atau komputer kita tidak akan mampu menyimpan aplikasi yang begitu banyak. Dan jika kita terlalu banyak menginstal aplikasi di laptop atau komputer kita, maka laptop atau komputer kita akan menjadi berat dan terasa lambat dalam mengaksesnya.

 

Lalu apa penyebab laptop kita terasa berat dan lambat ?

 

Penyebab laptop atau komputer terasa berat dan lambat sebenarnya ada banyak.

 

Berikut adalah berberapa penyebab laptop terasa berat dan lambat.

1.    Terlalu banyak aplikasi yang diinstal.

2.    Terlalu banyak aplikasi yang tidak penting tetapi masih berjalan di background dan startup.

3.    Kapasitas RAM yang kecil

 

Bagaimana mematikan aplikasi yang tidak penting agar tidak berjalan di background dan startup?

 

Caranya sangat mudah dan simple. Tapi sebelum admin dapodik.co.id beri tahu caranya, admin dapodik.co.id ingin membahas sedikit tentang aplikasi yang berjalan di background dan stratup. Salah satu penyebab utama laptop atau komputer kelas low-end terasa berat dan lambat adalah karena terlalu banyak aplikasi yang tidak penting yang masih berjalan di background dan startup. Maksudnya, aplikasi tersebut secara diam-diam masih berjalan dan menyebabkan pemborosan RAM. Dan biasanya aplikasi tersebut tidak bisa dimatikan lewat Task Manager. Jadi bagaimana cara mematikannya ? Baiklah berikuta cara mematikannya.

 

Cara Mematikan Aplikasi Berjalan Saat Startup Di Windows di Laptop atau Komputer

 

Mematikan Aplikasi Berjalan Saat Startup Di Windows di Laptop atau Komputer

Cara Mematikan Aplikasi Berjalan Saat Startup Di Windows di Laptop atau Komputer

 

1. Buka aplikasi Run dengan menekan tombol CTRL+R atau Klik Start => Lalu cari aplikasinya dengan menulis Run di kotak search programs and files.

 

2.  Jika Run sudah terbuka, ketik msconfig lalu klik OK. Agar lebih jelas lihat gambar dibawah ini

 

3. Jika sudah, klik menu startup dan hapus tanda centang pada aplikasi yang ingin kalian matikan agar tidak berjalan di background dan startup. Kemudian klik OK. Jika kurang paham lihat gambar dibawah ini.

 

Mematikan Aplikasi Berjalan Saat Startup Di Windows di Laptop atau Komputer

4. Kemudian akan muncul dua pilihan. Lalu kalian pilih yang Restart. Contoh gambar dibawah ini.

 

Mematikan Aplikasi Berjalan Saat Startup Di Windows di Laptop atau Komputer

5. Jika sudah kalian klik maka secara otomatis laptop kalian akan restart. Dan jika sudah restart maka laptop kalian akan terasa lebih ringan dan cepat dan penggunaan RAM tidak akan boros.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang Cara Mematikan Aplikasi Berjalan Saat Startup Di Windows di Laptop atau Komputer. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.