Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Literasi Digital - Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar

DAPODIK.co.id - Modul Literasi Digital - Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar. Literasi sains dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, kesadaran bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual, dan budaya, serta kemauan untuk terlibat dan peduli terhadap isu-isu yang terkait sains (OECD dalam Kemendikbud, 2017).


Literasi sains merupakan salah satu kunci untuk menghadapi berbagai tantangan pada abad 21. Penguasaan serta memiliki konsep dasar sains dan teknologi akan sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan. Namun demikian, bukan berarti semua orang harus menjadi pakar sains. Dengan memiliki dan menguasai konsep dasar sains memungkinkan manusia untuk berperan dalam membuat pilihan yang berdampak pada kehidupan.


National Research Council (2012) menyatakan bahwa rangkaian kompetensi ilmiah yang dibutuhkan pada literasi sains mencerminkan pandangan bahwa sains adalah ansambel dari praktik sosial dan epistemik yang umum pada semua ilmu pengetahuan, yang membingkai semua kompetensi sebagai tindakan. Petunjuk Belajar (Kemendikbud, 2017).


Pengembangan literasi sains untuk peserta didik sekolah dasar pada dasarnya adalah menarik keterlibatan peserta didik dalam proses belajar dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Proses belajar sains dilakukan dalam upaya memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Proses pengembangan literasi sains dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan, dan inferensi.

 

Literasi Sains yang dikembangkan dalam modul ini mencakup pengembangan pembelajaran dalam kelas dan luar kelas (ekstrakurikuler). Literasi sains merupakan pencapaian pembelajaran sains berbasis literasi. Literasi sains berkaitan erat dengan literasi baca tulis. Semua bidang atau literasi dasar lainnnya seperti numerasi, digital, finansial, budaya dan kewargaan juga menggunakan kemampuan membaca dan menulis sebagai kemampuan dasarnya.

 

Ada dua fokus dalam kegiatan pengembangan kemampuan literasi sains, yaitu kegiatan
mengembangkan kemampuan membaca dan menulis serta membaca dan menulis hal yang berkaitan dengan bidang sains.

 

Agar memiliki pemahaman yang utuh dan menyeluruh, perlu memperhatikan beberapa petunjuk dalam mengkaji tentang literasi sains di sekolah dasar berikut ini.
a. memahami konsep literasi;
b. membaca dengan cermat setiap uraian penting yang terdapat dalam masing-masing
kegiatan;
c. mengikuti aktivitas kegiatan dengan cermat;
d. membaca dan mempelajari sumber-sumber lain yang relevan;
e. mengerjakan tugas mandiri pada setiap kegiatan;
f. mengerjakan tes formatif yang tersedia dalam modul ini dengan baik.

 

Modul ini bertujuan agar pihak terkait dapat:
a. memahami pentingnya penguatan literasi dasar di jenjang sekolah dasar;
b. menggunakan berbagai media/perangkat untuk meningkatkan literasi sains;
c. merekomendasikan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan dalam kegiatan penguatan literasi sains;
d. menyosialisasikan penguatan literasi sains di wilayah atau sekolahnya.

 

Modul Literasi Digital- Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar

 

Modul Literasi Digital

Selengkapnya, Paparan Serta Download Modul Literasi Digital- Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar:


 

Link Download Modul Literasi Digital - Modul Pelaksanaan Literasi Sains Dasar Di Sekolah Dasar (Klik Disini).

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Modul Literasi Sains - Modul Pelaksanaan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.