Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bank Soal ANBK SD, SMP, SMA dan SMK (AKM) Versi Online Lengkap

DAPODIK.co.id - Salah satu kebijakan penting yang diambil oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 lalu adalah kebijakan Asesmen Nasional. Berbeda dengan Ujian Nasional (UN), asesmen nasional tidak lagi mengevaluasi capaian hasil belajar peserta didik secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

 

Asesmen Nasional tahun ini, nantinya akan terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Sobat dapodik.co.id, pada kali ini akan membahas mengenai Asesmen Kompetensi Minimum terlebih dahulu, ya. Jadi apa sih yang dimaksud dengan Asesmen Kompetensi Minimum?

 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Kompetensi yang dinilai mencakup kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi.

 

AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh peserta didik dengan menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi. AKM juga dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, bukan hanya penguasaan konten.

 

Ada dua kompetensi yang akan diukur melalui AKM, yaitu: 

 

1. Literasi 

Asesmen Literasi bertujuan untuk mengukur kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas Individu sebagai warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

 

2. Numerasi 

Dilaksanakan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

 

Dalam AKM, kompetensi terkait literasi dan numerasi akan dapat ditinjau dari 3 (tiga) aspek, yaitu konten, proses kognitif, dan konteks. Bentuk soal AKM terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian. AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang bersifat kontinum. 

AKM hanya akan diikuti oleh peserta didik kelas V, VIII, dan XI berdasarkan sensus satuan pendidikan dengan sampel peserta didik selama 2 (dua) hari. Dari segi jumlah soal, nantinya siswa kelas V mengerjakan 30 soal untuk masing-masing literasi membaca dan numerasi. Sedangkan siswa kelas VIII dan XI akan mengerjakan 36 soal. 

 

Bank Soal ANBK SD, SMP, SMA dan SMK (AKM) Versi Online Lengkap


Bank Soal ANBK SD, SMP, SMA dan SMK (AKM)


Bank Soal ANBK SD, SMP, SMA dan SMK (AKM) Versi Online Lengkap. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunkan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi.

 

Dilansir dari Paparan Teknis Asesmen Nasional (AN), pelaksanaan Asesmen Nasional yang meliputi AKM (tes literasi dan tes numerasi), survey karakter dan survey lingkungan belajar .

 

Berikut ini dapodik.co.id lampirkan tautan beberapa contoh soal AKM untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar):

 

Level Pembelajaran 1 (Kelas 2)

NUMERASI

 

Level Pembelajaran 2 (Kelas 4)

NUMERASI

 

Level Pembelajaran 3 (Kelas 6)

NUMERASI

 

Level Pembelajaran 4 (Kelas 8)

NUMERASI

 

Level Pembelajaran 5 (Kelas 10)

NUMERASI

 

Literasi Teks Fiksi

Kelas 1 & 2

Kelas 3 & 4

Kelas 5 & 6

Kelas 7 & 8

Kelas 9 & 10

Kelas 11 & 12

 

Literasi Teks Informasi

Kelas 1 & 2

Kelas 3 & 4

Kelas 5 & 6

Kelas 7 & 8

Kelas 9 & 10

Kelas 11 & 12

 

Demikian Informsdi Terbaru Terkait Bank Soal ANBK SD, SMP, SMA dan SMK (AKM) Versi Online Lengkap. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.