Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 EDISI REVISI

DAPODIK.co.id - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 EDISI REVISI. Konsep, Prinsip, dan Strategi Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19, Pengelolaan dan Jadwal Pembelajaran di Satuan Pendidikan, serta Rencana Pelaksanaan dan Jadwal Pembelajaran Kelas/ Mata Pelajaran.

 

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 EDISI REVISI

 

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19

Konsep Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

 

Pandemi COVID-19 telah mengubah pola interaksi dan kebiasaan masyarakat. Dengan adanya risiko penularan maka praktik penyelenggaraan pembelajaran membutuhkan penyesuaian untuk memastikan keselamatan warga sekolah. Karena kondisi demikian, lahirlah konsep pembelajaran di masa pandemic COVID-19, yaitu pembelajaran yang dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan dengan mengacu pada :

a.   Kebutuhan Peserta Didik
Mengacu pada kebutuhan peserta didik berarti pembelajaran diharapkan memenuhi kebutuhan psikososial maupun kebutuhan penguasaan kompetensi peserta didik.

b.   Protokol Kesehatan
Mengacu pada protokol kesehatan berarti semua praktik pembelajaran harus mengacu pada protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

c.   Kurikulum Kondisi Khusus
Mengacu pada kurikulum kondisi khusus berarti satuan pendidikan memilih satu dari tiga pilihan kurikulum yaitu: Kurikulum 2013, Kurikulum Kondisi Khusus dan urikulum Mandiri, sesuai kondisi dan kemampuan satuan pendidikan. Apapun pilihannya, prioritas seluruh satuan pendidikan bukan untuk menuntaskan kurikulum tapi memastikan setiap peserta didik mengalami pembelajaran.

d.   Prinsip Pembelajaran
Sejumlah prinsip yang digunakan guru dan satuan pendidikan dalam merencanakan, menyiapkan, memandu dan mengembangkan pembelajaran selama masa pandemi COVID-19.

e.   Tetap Adaptif Terhadap Dinamika Kondisi Pandemi COVID-19.
Yang dimaksudkan dengan adaptif adalah satuan pendidikan perlumengantisipasi perubahan-perubahan yang mungkin terjadi terkaitdengan kondisi pandemi termasuk lahirnya varian baru.

 

Prinsip dan Strategi Pembelajarann di Masa Pandemi COVID-19

 

Prinsip pembelajaran diperlukan sebagai pedoman dalam merencanakan, melakukan dan mengembangkan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Kepala satuan pendidikan dan guru diharapkan dapat menilai kesesuaian praktik pembelajaran yang terjadi dengan prinsip pembelajaran. Dengan demikian, guru dan kepala satuan pendidikan memiliki acuan dalam melakukan perbaikan praktik pembelajaran sesuai prinsip pembelajaran yang telah ditetapkan. Selain itu, prinsip pembelajaran membantu guru memilih strategi pembelajaran yang tepat yang sesuai dengan prinsip pembelajaran.

 

Adapun prinsip dan strategi pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut:

1.    Siklus Pembelajaran

2.    Prinsip Pembelajaran

3.    Prinsip Asesmen

4.    Pola Pikir Bertumbuh dalam Asesmen

5.    Menentukan Strategi Pembelajaran

6.    Rekomendasi Strategi Pembelajaran

 

Pengelolaan Pembelajaran di Satuan Pendidikan

 

Dengan mempertimbangkan dampak sosial berkepanjangan yang muncul, seperti risiko putus satuan pendidikan, ragam kualitas akses TIK selama PJJ, dan kekerasan domestik terhadap peserta didik, pilihan pembelajaran tatap muka terbatas harus diupayakan agar terlaksana sebagai bagian dari pembelajaran campuran (blended). Dalam rangka menyukseskan pembelajaran campuran tersebut, maka panduan pengelolaan pembelajaran di satuan pendidikan berikut berfungsi sebagai:

1.    Panduan teknis kepala satuan pendidikan dalam menyiapkan pengelolaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19, termasuk di dalamnya rencana pelibatan komunitas satuan pendidikan.

2.    Panduan teknis bidang kurikulum dalam menyusun rencana dan jadwal pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa Pandemi COVID-19

 

Tahapan Pengelolaan

Pengelolaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat disusun melalui kerangka berikut:

1.    melakukan survei data guru dan sarana prasarana sekolah. Data penting yang perlu terliput adalah: umur guru, ketersediaan peranti TIK pribadi, rekam jejak medis terkait COVID-19, jumlah sarana dan prasarana (sarpras) satuan pendidikan terkait;

2.    melakukan survei data dan kondisi peserta didik dan keluarga. Data penting yang perlu terliput adalah: umur peserta didik, umur orang tua, ketersediaan peranti TIK di rumah, profesi dan durasi kerja daring dan luring orang tua, rekam jejak medis orang tua terkait COVID-19;

3.    Menentukan kebijakan pembelajaran yang terdiri dari:

a. menetapkan kurikulum yang akan digunakan dari antara pilihan:
Kurikulum 2013, Kurikulum Dalam Kondisi Khusus, atau Kurikulum Mandiri. Penentuan kurikulum bisa dilakukan secara mandiri oleh satuan pendidikan maupun melalui koordinasi dan konsultasi dengan pengawas sekolah/madrasah dan/atau dinas pendidikan/ kanwil Kemenag;
b. menetapkan tujuan pembelajaran dalam 1 semester berdasarkan hasil analisis KI/KD;
c. menetapkan komposisi dan fungsi pertemuan tatap muka terbatas dengan pembelajaran jarak jauh; dan

d. menetapkan jadwal pembelajaran campuran yang dirancang berdasarkan hasil analisis pada poin a, b, c;

4.    memenuhi kelengkapan administrasi guru yang berisi kurikulum, tujuan pembelajaran dalam 1 semester, komposisi dan fungsi PTM Terbatas & PJJ serta jadwal pembelajaran per semester;

5.    membuat Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Pendidikan (RKAS) terkait pendanaan kegiatan sosialisasi, peningkatan kapasitas, dan pengadaan sarana prasarana sanitasi, kebersihan, dan kesehatan satuan pendidikan.

6.    melibatkan komite sekolah, termasuk orang tua peserta didik, dalam penyuluhan dan sosialisasi praktik pembelajaran di masa pandemiCOVID-19. Penyuluhan dan sosialisasi mencakup protokol tiba di sekolah, selama di sekolah, dan meninggalkan sekolah;

7.    menyosialisasikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka kepada lembaga warga sekolah berlokasi, termasuk RT, kelurahan, kecamatan, dan Babinkamtibmas;

8.    membentuk Tim Pengembang Sekolah yang berperan memantau, mengumpulkan data, membagikan praktik baik, dan merumuskan rekomendasi perbaikan pembelajaran di masa pandemi COVID-19; dan 

9.    secara rutin berkelanjutan memantau, mengevaluasi, dan menindaklanjutkan

 

Komponen Minimal
Pengelolaan pembelajaran di satuan pendidikan harus memiliki komponen minimal sebagai berikut:

1.    daftar anggota Satuan Tugas COVID-19;

2.    dokumen hasil analisis data dan kondisi sekolah yang berisi perincian jumlah dan keadaan: peserta didik, guru, orang tua, dan sarana-prasarana;

3.    rancangan jadwal pembelajaran umum campuran yang memerinci komposisi dan pengaturan pertemuan tatap muka terbatas dengan pembelajaran jarak jauh;

4.    dokumen kurikulum yang terdiri atas: program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mencakup KI dan KD untuk pembelajaran di masa pandemi COVID–19;

5.    dokumen penyuluhan dan sosialisasi praktik pembelajaran di masa pandemi COVID-19 kepada warga sekolah;

6.    dokumen sosialisasi pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi COVID 19 kepada lembaga warga; dan

7.    dokumen hasil pemantauan praktik pembelajaran di satuan pendidikan

 

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19

Selengkapnya, Paparan Serta Unduh IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 EDISI REVISI:

 

 

Link Unduh IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 EDISI REVISI (Klik Disini)

 

Demikian Postingan Terbaru Terkait IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 EDISI REVISI, semoga artikel yang di buat ini bermanfaat, dan memudahkan untuk keperluan dan tujuan saudara.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

 

Posting Komentar untuk "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 EDISI REVISI"