Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Akun di sscasn.bkn.go.id Untuk Pendaftaran PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru

DAPODIK.co.id - Cara Buat Akun di sscasn.bkn.go.id Untuk Pendaftaran PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru. Sebelum anda Login Akun SSCASN, anda harus buat akun karena login anda akan diminta untuk memasukan  NIK dan Password Anda, dan kemudian barulah anda bisa klik tombol Login dan berhasil login.

 

Cara Buat Akun di sscasn.bkn.go.id Untuk Pendaftaran PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru

 

Terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat akun SSCASN, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) hingga nomor Kartu Keluarga (KK). NIK adalah nomor identitas 16 digit yang tercantum dalam kartu tanda penduduk (KTP).

 

Sementara nomor KK adalah nomor yang tercantum dalam KK atau nomor kepala keluarga. Pastikan bahwa NIK dan nomor KK sesuai dengan data yang terdapat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Jika ketidaksesuaian antara Nama, NIK atau Nomor KK, dan tanggal lahir, maka registrasi akan terkendala. Jika terjadi kondisi demikian, maka calon pelamar dapat menghubungi Disdukcapil sesuai domisili. Jika semua nomor telah dimiliki, maka calon pelamar siap untuk mendaftar SSCASN.

Cara Buat Akun di sscasn.bkn.go.id Untuk Pendaftaran PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru

 


Apabila pelamar siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah :

 

1. Klik buat akun dan akan muncul tampilan Langkah 1: Pengecekan Identitas seperti berikut :

 


2. Langkah ini bertujuan untuk mencocokkan data pelamar dengan database Disdukcapil.

 

3. Masukkan sesuai KTP data-data berikut: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Apabila muncul Pesan Galat NIK dan No KK tidak sesuai, silahkan ikuti instruksi pada Pesan Galat, BUKAN menghubungi instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

 


4. Masukkan Nomor Handphone dan Email Pribadi yang aktif.


5. Masukkan kode CAPTCHA.


6. Setelah data di atas dimasukan, klik lanjutkan untuk proses selanjutnya. Maka akan muncul tampilan Langkah 2 : Lengkapi Data seperti berikut :

 


7. Langkah ini bertujuan untuk membandingkan data pelamar di KTP dengan di Ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama Lengkap sesuai yang tercantum di ijazah, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data tersebut dengan benar.


8. Kolom NIK, Nama, Nomor Handphone, dan Tanggal Lahir sesuai KTP sudah terisi otomatis.


9. Masukkan Email, Nama Tanpa Gelar (sesuai Ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP),
Kab/Kota Lahir (sesuai Ijazah), dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah). Khusus kolom Kab/Kota Lahir, cukup ketikkan beberapa karakter pertama saja kemudian klik salah satu dari pilihan yang tersedia (autocomplete).

 

10. Pilih Jenis Kelamin yang sesuai.


11. Unggah foto scan KTP sesuai dengan ketentuan di web dengan mengklik choose file, cari foto yang akan diunggah, kemudian klik open.
Setelah foto berhasil terunggah, maka akan muncul notifikasi berikut ini:

 


12. Unggah swafoto sesuai dengan ketentuan di web dengan mengklik choose, cari foto yang akan diunggah, kemudian klik open.
Setelah foto berhasil terungga, maka akan muncul notifikasi berikut ini:

 


13. Data lain yang perlu diisi adalah :

a) Password dan Konfirmasi Password
Masukan password yang mudah diingat.
Harap mencatat dan menyimpan password Anda karena akan
digunakan untuk login pendaftaran SSCN
b) Pertanyaan Pengaman 1
Pilih pertanyaan pengaman Anda
c) Jawaban Pengaman 1
Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih.
Harap mencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda
d) Pertanyaan Pengaman 2
Pilih pertanyaan pengaman Anda
e) Jawaban Pengaman 2
Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih.
Harap mencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda

f) CAPTCHA
Masukan kode CAPTCHA.

 

14. Pastikan Anda mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah.

 

15. Selanjutnya klik lanjutkan. Maka akan muncul tampilan Langkah 3 :
Pengecekan Ulang Data seperti berikut :

 


16. Pada tahap ini, pendaftar HARUS melakukan pengecekan ulang terhadap Swafoto; NIK; Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir (Sesuai KTP); Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah); Email; dan Nomor Handphone. Jika nantinya terdapat kesalahan penulisan setelah proses pendaftaran, maka peserta TIDAK DAPAT memperbaiki kesalahan penulisan.


17. Klik kembali jika terdapat kesalahan pada data yang diinput sebelumnya untuk diperbaiki, dan klik proses pendaftaran akun untuk memproses pendaftaran akun.


18. Sebelum akhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah data yang diinput sudah sesuai atau belum, seperti pada gambar di bawah ini iya.

 


19. Jika sudah sesuai, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini:

 


20. Untuk mencetak Kartu Informasi Akun, pilih menu cetak informasi pendaftaran Berikut adalah tampilan Kartu Informasi Akun yang telah diunduh.

 

Cara Buat Akun PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru

21. Setelah mencetak Kartu Informasi Akun, pelamar dapat melanjutkan tahap selanjutnya yaitu lanjutkan login pendaftaran.


Demikian Artkel Terbaru Terkait Cara Buat Akun di sscasn.bkn.go.id Untuk Pendaftaran PPPK Guru, CPNS dan PPPK Non Guru, Semoga Ada Manfaatnya.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.