Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi MOS, MPLS, MOPD, Tahun Pelajaran Terbaru

DAPODIK.co.id - Materi MOS, MPLS, MOPD Tahun Pelajaran Terbaru. Setiap memasuki tahun ajaran baru seperti sekarang ini, tentunya tiap-tiap sekolah akan melakukan penerimaan peserta didik baru pada setiap sekolah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menegah, sehingga dalam pelaksanaannya maka sekolah pasti membutuhkan materi MOS,MPLS, MOPD, oleh sebab itulah postingan ini akan membahas tentang materi MOS, MPLS, MOPD untuk digunakan di sekolah baik sekolah jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK.

 

Jika dulu kegiatan penerimaan peserta didik baru lebih identik dengan adanya kegiatan MOS, MPLS, MOPD yang mana pada kegiatan MOS, MPLS, MOPD tersebut siswa lebih di tekankan pada kegiatan perpeloncoan sehingga saat ini kegiatan tersebut di ganti dengan nama MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah yang mana pada kegiatan MPLS ini peserta didik tidak lagi di perbolehkan untuk melakukan kegiatan perpeloncoan melainkan lebih menekankan pada aspek pengenalan lingkungan sekolah yang dominan pada pemberian materi dan pelatihan terdidik.

 

Dengan adanya kegiatan MPLS seperti saat ini maka peserta didik akan lebih memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana cara berinteraksi dengan lingkungan sekolah, dengan kawan dan juga dengan guru.

 

Kegiatan MPLS dapat menjadikan peserta didik semakin berpikir positif dan tidak lagi ada yang namanya sistem kekerasan yang dapat menyakiti perasaan dan fisik bagi setiap anggota baru pada satuan pendidikan yang mengadakan kegiatan penerimaan peserta didik baru.

 

Berikut ini contoh Materi MOS, MPLS, MOPD untuk Masa Orientasi Peserta Didik SD/Mi, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Pada kegiatan MOPD sudah tentu dibutuhkannya materi yang ditujukan kepada para peserta didik baru.

 

Pada dasarnya materi mos tersebut memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang hal baru di lingkungan baru kepada para peserta didik.

 

Adapun beberapa contoh materi MOS| MPLS | MOPD yang biasa disampaikan pada pelaksanaan kegiatan MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) dilengkapi keterangannya sebagai berikut:

1.    Wawasan Wiyata Mandala (Mencakup: Teori tentang sekolah sebagai lingkungan sekolah sebagai lingkungan pendidikan Lingkungan Sekolah, STOK (Kepsek – Penjaga), Keorganisasian Siswa, Ekskul Wajib dan Pilihan).

2.    Cara Belajar (Mencakup: Pengenalan Mata Pelajaran di Sekolah, Program paradigma pembelajaran dari situasi SD ke SMP, Paradigma pembelajaran dengan versi kurikulum sekolah masing-masing, Cara belajar yang efektif dan efisien).

3.    Tata Krama (Mencakup: Etika berkomunikasi di lingkungan sekolah, Tata karma dan kesopanan).

4.    Tata Tertib (Mencakup: Hak, kewajiban dan sanksi).

5.    Dinamika Kelompok (Mencakup: Membangun Team Work).

6.    Pengorganisasian OSIS (Struktur Keorganisasian OSIS, Pengenalan Sekbid, Tupoksi OSIS, LDKS).

7.    Pengenalan Ekskul (Ekskul wajib dan Pilihan; Penjabaran, penerapan dan penilaian).

8.    Kenal Untuk Di Kenang (Mengenal personil OSIS dan Kepengurusan).

9.    Minat dan Bakat Seni (Menggali potensi siswa di bidang seni).

10. Mengenal Lingkungan Sekolah (Mengenal Denah Sekolah dan Ruang- Ruang Belajar, dll.).

11. Karekter bangsa pada diri siswa (Mengenal Denah Sekolah dan Ruang- Ruang Belajar, dll.).

12. Perilaku hidup sehat (Hidup sehat Budaya bersih).

 

Materi MOS, MPLS, MOPD,

Materi MOS, MPLS, MOPD Tahun Pelajaran Terbaru

 

1.    Materi MPLS Wawasan Wiyata Mandala (Link Unduh).


2.    Materi MPLS Kepramukaan (Link Unduh).


3.    Materi MPLS Kesadaran Berbangsa dan bernegara (Link Unduh).


4.    Materi MPLS Belajar Efektif (Link Unduh).


5.    Materi MPLS Pendidikan Karakter (Link Unduh).


6.    Materi MPLS Tata Krama Siswa (Link Unduh).


7.    Materi MPLS Pengenalan Kurikulum 2013 (Link Unduh).


8.    Materi MPLS Pembinaan Mental (Link Unduh).

 

Materi MPLS ini sangat diperlukan terutama sedikit lagi akan diselenggarakannya masa pengenalan lingkungan sekolan tahun pelajaran baru sekitar di bulan juli.

 

Catatan :
Materi MPLS ini kami berikan dalam bentuk word agar anda bisa mengedit dengan mudah sesuai kenbutuhan dan keberadaan sekolah masing-masing.

Demikian Materi MOS, MPLS, MOPD Tahun Pelajaran Terbaru, Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


1 komentar untuk "Materi MOS, MPLS, MOPD, Tahun Pelajaran Terbaru"

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.