Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US) Jenjang SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12 Tahun Pelajaran Terbaru

DAPODIK.co.id – Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US) Jenjang SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12 Tahun Pelajaran Terbaru. Setelah melaksanakan ujian maka sekolah akan mempersipkan segala sesuatu demi mensukseskan ujian yang akan dilaksanakan. Salah satu yang harus disiapkan adalah tata tertip.

 

Pada saat memasuki akhir tahun ajaran ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh penyelenggara pendidikan dan guru. Diantara hal yang paling penting dipersiapkan adalah proses kelulusan peserta didik yang akan menjalani Ujian. Adapun salah satu hal teknis yang perlu disiapkan sejak dini adalah Tata Tertib peserta Ujian.

 

Tata tertib adalah hal yang cukup penting yang harus disampaikan oleh penyelenggara peserta ujian. Penyamapaian tata tertib ini biasa dilakukan sebelum atau ketika awal pelaksaan ujian.

 

Dengan disampaikannya tata tertib bagi para Peserta Ujian Sekolah (US) jenjang SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12, diharapkan mampu menciptakan suasana ujian yang kondusif dan terartur.

 

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin dapodik.co.id akan membagikan format tata tertib peserta Ujian Sekolah (US) Jenjang SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12dalam bentuk word.

 

Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran Terbaru

 

Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US) Jenjang SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12 Tahun Pelajaran Terbaru

Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US) Jenjang SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12 Tahun Pelajaran Terbaru Yaitu Sebagai Berkut.

 

1.      Peserta Ujian Sekolah (US) memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni lima belas (15) menit sebelum Ujian Sekolah (US) dimulai.

 

2.      Peserta Ujian Sekolah (US) yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti Ujian Sekolah (US) setelah mendapat izin dari ketua panitia Ujian Sekolah (US)  tanpa diberi perpanjangan waktu.

 

3.      Peserta Ujian Sekolah (US) dilarang membawa alat komunikasi elektronik dan kalkulator.

 

4.      Tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun dikumpulkan di depan kelas di samping pengawas ruang.

 

5.      Peserta Ujian Sekolah (US) membawa alat tulis dan kartu tanda/peserta ujian.

 

6.      Peserta Ujian Sekolah (US) mengisi daftar hadir menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruang.

 

7.      Peserta Ujian Sekolah (US) mengisi identitas pada LJUS secara lengkap dan benar.

 

8.      Peserta Ujian Sekolah (US) yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJUS dapat bertanya kepada pengawas ruang dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu.

 

9.      Peserta Ujian Sekolah (US) mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai ujian.

 

10.   Selama Ujian Sekolah (US) berlangsung, peserta Ujian Sekolah (US) hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari pengawas ruang.

 

11.   Peserta Ujian Sekolah (US) yang memperoleh naskah soal yang cacat atau rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian naskah soal.

 

12.   Peserta Ujian Sekolah (US) yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesaimenempuh/mengikuti Ujian Sekolah (US) mata pelajaran yang terkait.

 

13.   Peserta Ujian Sekolah (US) yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu Ujian Sekolah (US) berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum berakhirnyawaktu ujian.

 

14.   Peserta Ujian Sekolah (US) berhenti mengerjakan soal setelah ada waktu ujian berakhir dan meletakkan lembar jawaban serta naskah soal di atas meja masingmasing.

 

15.   Selama Ujian Sekolah (US) berlangsung, peserta dilarang:

a.    menanyakan jawaban soal kepada siapa pun,

b.    bekerja sama dengan peserta lain, memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal,

c.    memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain,

d.    membawa naskah soal Ujian Sekolah (US) dan LJUS keluar dari ruang ujia; dan

e.    menggantikan atau digantikan oleh orang lain.

 

16.   Meninggalkan ruang Ujian Sekolah (US) dengan tertib dan tenang setelah pengawas ruang ujian mengumpulkan dan menghitung lembar jawaban dan naskah soal sesuai dengan jumlah peserta Ujian Sekolah (US).

 

17.   Peserta Ujian Sekolah (US) yang melanggar tata tertib ujian, diberi peringatan/teguran oleh pengawas ruang Ujian Sekolah (US) dan dicatat dalam berita acara Ujian Sekolah (US) sebagai salah satu bahan pertimbangan kelulusan.

 

Catan Penting

Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US) Jenjang SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12 Tahun Pelajaran Terbaru ini di diberikan dalam bentuk doc agar bapak/ ibu dengan mudah bisa mengeditnya sesuai dengan keingan dan sesuai dengan jenjang sekolah masing-masing.


Demikianlah pemaparan point-point diatas terkait Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US) Jenjang SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12 Tahun Pelajaran Terbaru. Bagi Bapak/Ibu atau Tim Pendidik di sekolah membutuhkan file tersebut, silahkan unduh pada tautan yang sudah sediakan.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

 

 Link Download : 

Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah(US) Jenjang SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12 Tahun Pelajaran Terbaru


Posting Komentar untuk "Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah (US) Jenjang SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA/SMK kelas 12 Tahun Pelajaran Terbaru"