Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah dan Solusi Yang Selalu Ditanyakan Oleh Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru

DAPODIK.co.id - Masalah dan Solusi Yang Selalu Ditanyakan Oleh Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru oleh sahabat-sahabat operator dapodik yang menemukan permalasahan dalam penginstalan dapodik yang tidak berhasil, gagal registrasi menggunakan prefill, jumlah jam mengajar (JJM) bermasalah, tidak terkoneksi atau disconnected, dapodik tidak bisa dibuka dan lain-lain.


Dari permasalahan-permasalahan tersebut solusi hati admin untuk membantu sahabat-sahabat operator dapodik yang mengalami kendala tersebut dan dengan penjelasan ini bisa sedikit membantu permasalahan yang dialami sahabat-sahabat operator dapodik.


Masalah dan Solusi Yang Selalu Ditanyakan Oleh Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru

Masalah dan Solusi Yang Selalu Ditanyakan Oleh Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru


Masalah dan Solusi Yang Selalu Ditanyakan Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru


1. Apa pengaruhnya jika di validasi lokal berwarna merah dengan keterangan invalid?

Validasi papaun terkait dengan warna merah akan mempengarui sinkronisasi. Proses sinkronisasi pada aplikasi dapodik hanya dapat dilakukan jika semua data sudah valid, dan tidak ada lagi data yang invalid bertanda merah. Terkait dengan tanda warning pada validasi baik lokal maupun pusat masih diperbolehkan untuk sinkronisasi.

 

2. Apa pengaruhnya jika di validasi lokal berwarna kuning dengan keterangan warning?

Validasi dengan warna kuning berarti warning, cukup menjadi peringatan dan ada kemungkinan di kemudian hari akan menjadi invalid. Pastikan data semua valid dan dapat dipertanggungjawabkan kualitas serta kebenaran datanya.

 

3. Jika peserta didik belum memiliki KK, apa pengaruh nya di dapodik ?

Peserta didik yang belum memiliki KK atau belum mengisikan nomor KK ke dalam aplikasi dapodik 2021 maka masih berstatus warning.

4. Apakah wajib mengisi KK

Belum menjadi kewajiban, namun disarankan untuk melengkapi data isian peserta didik dengan selengkap-lengkapnya.

 

5. Apa yang di maksud dengan KELULUSAN bersama siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13?

Siswa tersebut di keluarkan dari sekolah nya dengan status lulus di catat per tanggal 1 Juni 2021. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pendataan.

 

6. Jika ada siswa tidak lulus sekolah, apa yang harus dilakukan ?

Lapor ke admin dinas pendidikan untuk dilakukan pembatalan siswa keluar ,kemudian dinas memasukkan kembali siswa tersebut ke rombel sesuai tingkat nya di sekolah tersebut.

 

7. Bagaimana cara menambah/ menarik siswa baru ke dalam aplikasi dapodik?

Dengan menggunakan web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, login sekolah kemudian mencari siswa tersebut di sekolah asalnya, dan masukkan ke dalam rombel. Proses dengan cara klik tombol tarik. Kemudian dengan aplikasi dapodik sekolah lakukan sinkronisasi. Maka siswa hasil tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata siswa tersebut.

 

8. Bagaimana jika ada kesalahan isian pada kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK?

Hubungi admin dapodik di dinas pendidikan setempat, data yang terkunci hanya dapat diperbaiki oleh admin dinas pendidikan.

 

9. Kenapa Data No KIP, KPS, dll tidak muncul lagi di tabel peserta didik,?

Data tersebut sudah dipindahkan ke tabel kesejahteraan peserta didik.

 

10. Jika ada data nomor yang baru, apa yang harus dilakukan di app dapodik ?

Buka tabel kesejahteraan peserta didik, lalu inputkan nomor kartu di tabel tersebut.

 

11. Apa yang dimaksud dengan data periodik, lalu bagaimana cara mengisinya?

•Data periodik adalah data yang harus diupdate setiap periode semester tahun pelajaran, data semester lalu akan tersimpang sebagai histori dan data semester selanjutkan harus diisikan ulang karena dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan kondisi.

•Cara mengisi dapat dilakukan secara manual (input ulang) atau menggunakan fitur yang sudah di sediakan pada action menu lanjutkan data periodik PD atau PTK, data yang tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke semester genap.

 

12. Jika ada siswa mutasi dari sekolah lain apa yang harus di lakukan?

•Bisa menggunakan fitur mutasi online (tarik PD online melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) atau mutasi manual (input ulang pada aplikasi), fitur ini bersifat pilihan.

•Tidak boleh melakukan mutasi manual (input ulang pada aplikasi), jika sudah melakukan mutasi online (tarik PD online).

 

13. Bagaimana cara mengajukan NUPTK melalui dapodik?

•Lakukan pengisian dapodik secara benar.

•Kosongkan tabel NUPTK pada aplikasi dapodik (yang belum mempunyai NUPTK), dan yang akan memvalidasi adalah pihak dari PDSP akan di terbitkan sesuai dengan kebutuhan guru di daerahnya masing-masing dan sesuai dengan pengajuan dari Direktorat GTK.

 

14. Apa yang harus dilakukan jika saat registrasi muncul keterangan “kode registrasi tidak ditemukan”?

Cek pada folder prefill yang ada di C:/ prefill_dapodik, apakah prefill-nya sudah diunduh dan disimpan pada folder tersebut atau belum. Kalau belum maka segera unduh prefill-nya pada alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ pada bagian unduhan Download Data Prefill, kemudian masukkan kode registrasi. Setelah itu klik unduh di tulisan sini. Langkah selanjutnya simpan di folder C:/ prefill_dapodik.

 

15. Apa yang harus dilakukan jika saat registrasi muncul keterangan “beberapa data tidak masuk’’

Hubungi KKDatadik kabupaten masing-masing atau hubungi Customer Service Dapodik pusat.

 

16. Apa yang harus dilakukan jika nama sekolah di aplikasi tidak sesuai?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk meminta bantuan mengubah nama sekolah. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.

 

17. Apa yang harus dilakukan jika nama kabupaten/kota di aplikasi tidak sesuai?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta bantuan mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.

 

18. Apa yang harus dilakukan jika nama kecamatan di aplikasi tidak sesuai?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta bantuan mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.

 

19. Apa yang harus dilakukan jika di Beranda terdapat keterangan “kepsek belum dipilih”?

Silakan buka Aplikasi Dapodik, lalu pada tab PTK pilih nama Kepseknya, lalu klik tombol ubah. Lihat pada bagian rincian data PTK pada tab Tugas Tambahan, di situ klik tambah lalu masukkan data kepseknya. Setelah semua data selesai diinput, kemudian klik simpan.

 

20. Bagaimana jika setelah dipindahkan ke tabel utama, data PTK/Peserta Didik hilang?

Bila setelah menambahkan data PTK atau Peserta Didik baru, baik itu pindahan atau baru, datanya tidak tampil di tabel utama, silakan lakukan sinkronisasi untuk mengambil data dari server agar SP (Store Prosedure) berjalan dan PTK/Peserta Didik bisa tampil di tabel utama. Atau klik Action Menu lalu pilih PTK “belum penugasan”, atau tampilkan data peserta didik belum registrasi dan lakukan refresh dengan menekan tombol ctrl+f5.

 

21. Apa solusinya jika terjadi kesalahan input nama, tanggal lahir, dan NISN peserta didik?

Bisa diedit atau diperbaiki melalui

http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ 

Setelah melakukan edit data, silakan sinkronisasi agar perubahan turun ke lokal (Aplikasi Dapodik di sekolah).

 

22. Bagaimana jika sekolah kami ingin melakukan merger dengan sekolah lain?

Silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat dengan menyerahkan SK Penggabungan dari dinas, atau bisa melalui email resmi yang tertera di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, Lampirkan SK dan data pendukung yang diperlukan serta daftar data yang akan digabungkan.

23. Bagaimana cara mendapatkan kembali data yang telah kita isi bila laptop dan PC terkena virus atau hilang?

 

Demikian Yang Dapat Admin Bagikan Terksit Masalah dan Solusi Yang Selalu Ditanyakan Oleh Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru, semoga membantu. Terima kasih

 

Jika kurang jelas dan ada pertanyaan bisa anda tanya pada kolom komentar. Untuk dapat mengikuti berita terbarua dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler khusus dunia pendidikan.


Posting Komentar untuk "Masalah dan Solusi Yang Selalu Ditanyakan Oleh Operator Sekolah Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru"