Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) JURUSAN PERHOTELAN DOC TERBARU

 

LAPORAN

PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
DI HOTEL ARTHA

TANGGAL 24 AGUSTUS 2020 S/D 19 DESEMBER

 

 

 

DISUSUN



 

 



O

 

 

L

 

 

E

 

 

H

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NAMA                                              : NOVITA CLARA NOMA

KELAS                                             : XII

BIDANG STUDI KEAHLIAN       : AKOMODASI PERHOTELAN

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

UPT WILAYAH X (SUMBA BARAT, SUMBA TENGAH, SUMBA BARAT DAYA)

SMK NEGERI 1 WAIKABUBAK

JLN. BHAYANGKARA NO.60 TELP/ FAX: (0387) 21190


LEMBARAN PENGESAHAN

LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) DI HOTEL ARTHA

TANGGAL 24 AGUSTUS 2020 S/D 19 DESEMBER

 

 

 

Disusun Oleh:

 

 

 

 

NOVITA CLARA NOMA

 

 

 

 

 

 

Pemmbimbing DUDI                                                              Pembimbing Sekolah

 

 

 

(Timotius B. Pingge)                                                               (Felix Djangu, S.Pd)

 

 

 

 

 

 

MENGETAHUI

 

 

 

 

KEPALA SMK NEGERI 1 WAIKABUBAK             WAKIL KEPALA URUSAN HUMAS

 

 

 

 

    (Bernardus Ngongo Naru, S.Pd)                                          (Noviana Tamo Ina, S.Pd)

     NIP. 197209232001121002                                                NIP. 198411262009042005

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat serta karunia - Nya sehingga saya diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan (PRAKERIN) di Hotel Artha dengan baik dan juga mendapat data - data maupun informasi - informasi untuk menyusun laporan sesuai dengan pedoman yang diberikan sehingga laporan ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

 

Laporan yang dibuat saya ini menjelaskan tentang informasi yang telah didapatkan oleh saya setelah melakukan praktek kerja industri di Hotel Artha selama kurun waktu empat bulan.

 

Laporan ini juga bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat membantu para pembaca untuk mengetahui kegiatan - kegiatan yang dilakukan oleh saya selama menjalankan praktek kerja industri di Hotel Artha.

 

Penulis senantiasa ingin mengucapkan terimakasih kepada pihak - pihak yang telah membantu dalam mewujudkan laporan yang telah diperintahkan, pihak - pihak yang bersangkutan adalah :

  1. Bapak Bernadus Ngongo, S.Pd
  2. Felix Djangu, S.Pd
  3. Timotius B. Pingge
  4. Bapak/ Ibu Guru beserta seluruh staf tata usaha SMK Negeri 1 Waikabubak

Serta semua pihap yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu yang telah membantu saya pada saat pelaksanaan praktek kerja lapangan maupun dalam proses laporan ini.

 

Saya menyadari bahwa laporan ini jauh dari kata sempurna, masih banyak terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam penyusunan, maka dari itu sayamengharapkan saran beserta kritik.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kata pengantar ini. Akhir kata saya mengucapkan terimakasih semoga laporan ini bermanfaat bagi saya dan khususnya untuk jurusan perhotelan pada SMK Negeri 1 Waikabubak.

 

 

 

 

Waikabubak, 24 Agustus 2020

 

    Penyusun

 

 

 

                                                                                      (Novita Clara Noma)

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN

LEMBARAN PENGESAHAN …….……….…………………………………………………… i
KATA PENGANTAR ………………………………………...…………………..…………….. ii

DAFTAR ISI ……………………………………………...…………………..………...……… iii

 

BAB I. PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang …………………………………...……………………….…………. 1

B.     Tujuan Praktek ………………….…………………...………….……...……………. 1

C.     Manfaat Praktek ………………………………...………………..…….……………. 2

D.    Waktu Pelaksanaan (PKL) ………………………………...………………………… 2

 

BAB II. GAMBARAN UMUM

A.    Sejarah Instansi/ DUDI ……………………………………...……...……….….…… 3

B.     Visi/ Misi ……………………………………………………………..……………... 3

C.     Struktur Organisasi ……………………………………………….…………...….…. 4

 

BAB III. LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

A.    Pelaksanaan Kegiatan …………………………………………….………..…...…… 5

B.     Hasil Kegiatan ……………..…………………………………….…..…………..…. 11

1.      Faktor Pendukung ……………………………….……………………….…….. 11

2.      Faktor pendukung ........…………………………………….….…..…………… 11

3.      Pengembangan di Masyarakat ……………………………………...………….. 11

 

BAB IV. PENUTUP

A.    Kesimpulan ……………...…………………………………………..……...……… 13

B.     Saran ……………………………………………………………….…..……..……. 13

1.      Saran Untuk Pihak Sekolah ….…..……………………………………….……. 13

2.      Saran Untuk Instansi/ DUDI ………………………….…………….…………. 14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


BAB. I

PENDAHULUAN

 

A.      LATAR BELAKANG

 

Seperti yang kita ketahui dunia pariwisata di Indonesia semakin maju dan banyak pembangunan hotel-hotel yang memiliki kualitas tinggi, sehingga memerlukan Sumber Daya Manusia yang kompeten di bidang perhotelan.

SMK Negeri 1 Waikabubak melahirkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kualitas tinggi dan kompeten, Salah satu program yang mendukung lahirnya Sumber Daya Manusia yang kompeten maka diadakan Praktek Kerja Industri.  Praktek ini  merupakan sarana untuk menjembatani pemahaman teoritis di Sekolah dengan kondisi dunia nyata di industri yang akan meningkatkan mutu lulusan serta dapat memenuhi kebutuhan didunia pariwisata khususnya dunia perhotelan.

Praktek kerja Industri merupakan suatu kegiatan kerja siswa yang ditempatkan pada suatu tempat yang berkaiatan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu. Selain itu, Praktek Kerja Industri yang dilakukan dapat membantu siswa agar lebih memahami bidang studi yang di tekuninya. Siswa akan belajar mengatasi kesenjangan antara teori yang didapatkan di Sekolah dengan permasalahan di dunia industri sebenarnya, yang memerlukan teknologi informasi untuk mendapatkan jalan keluarnya.

SMK Negeri 1 Waikabubak memberikan keleluasaan kepada siswa untuk memilih tempat untuk Praktek Kerja Industri sesuai dengan keinginan masing-masing, Penulis memilih Hotel Artha sebagai tempat Praktek Kerja Industri karena Hotel Artha merupakan hotel yang teletak di kota Waikabubak yang juga merupakan hotel teertua di kabupaten Sumba Barat.

 

B.       TUJUAN PRAKTEK PKL

 

1.      Adapun Tujuan Pelaksanaan Praktek PKL yaitu :

a.       Menambah wawasan tentang perhotelan.

b.      Mengenal ruang lingkup pekerjaan di bidang perhotelan secara langsung.

c.       Sebagai pengalaman kerja awal untuk siswi sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang nyata.

d.      Memiliki rasa tanggung jawab.

e.       Memiliki sifat disiplin.

 

2.      Tujuan Pembuatan Laporan

a.       Sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seluruh siswa yang mengikuti prakerin yang menyelesaikan akhir masa prakerin.

b.      Laporan ini menjadi persyaratan untuk dapat mengikuti ujian praktek kompetensi kejuruan, dan sebagai salah satu tugas yang di syaratkan untuk menempuh ujian akhir sekolah (UAS) dan ujian AKhir Nasional (UN).

 

C.      MANFAAT PRAKTEK PKL

 

1.      Menambah wawasan dan pengetahuan dalam dunia kerja.

2.      Menambah pengalaman kerjabagi siswa sebelum terjun langsung kedunia kerja.

3.      Mengenal lingkungan dunia kerja.

4.      Meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan tanggung jawab.

5.      Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh di sekolah dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.

6.      Prakerin membuat siswa menjadi tau sejauh mana kemampuan dia, jadi semacam uji kemampuan secara nyata, bukan hanya dalam bentuk nilai. Kemampuan tentang bekerja tentunya.

 

D.      WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PKL

 

1.      Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang dilaksanakan selama empat bulan terhitung pada tanggal 24 Agustus 2020 sampai dengan tanggal 19 Desember 2020.

2.      Tempat Pelaksanaan PKL di Hotel Artha, Jln. Veteran No.11 – Waikabubak – Sumba Barat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB. II

GAMBAR UMUM

 

A.      SEJARAH INSTANSI DUDI

 

Hotel Artha beralamat di jalam Veteran No. 11 Kota Waikabubak – Sumba Barat – Provinsi Nusa Tenggara Timur, berasal dari sebuah ide untuk memulai sebuah usaha dibidang jasa,maka situlah dibangun sebuah hotel yang sejak awal bernama “HOTEL ARTHA”, tepatnya pada tahun 1990 mulai dibangun dalam jenjang waktu tiga tahun selesai dibangun dan pada tahun 1993 mulai beroperasi dengan menyediakan 15 kamar yang terbagi menjadi dua tipe yaitu tujuh kamar VIP dan delapan kamar standar. Sejak awal beroperasi sampai sekarang tidak ada perubahan baik kamar maupun nama hotel.

 

B.       VISI MISI DUDI

 

1.       Visi Instansi Dudi

Menjadikan hotel yang berkualitas unggul dalam pelayanan

2.       Misi Instansi Dudi

·      Menjadi tempat yang menyenangkan bagi para pengunjung

·      Menjadi tempat kenyamanan bagi para tanu hotel

·      Memberi kepuasan kepada para pengunjung hotel dengan melakukan pelayanan yang baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.      STRUKTUR ORGANISASI

 

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

HOTEL ARTHA

 

Manager/ Pemiik

 

Administrasi

 

Marketing

 

Sales Superviso

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Salesman

 

Pengiriman dan Penagihan 

 
                                   

 

 

 

Penjelasan dari masing-masing yang ada di Hotel Artha

 

  1. Manager/ Pemiik adalah pemilik hotel dan sebagai pemimpin utama dalam hotel yang bertugas memberikan arahan serta mengawasi pelaksanaan seluruh kegiatan dilapangan baik menyangkut operasional hotel itu sendiri maupun sistem pelaporan dan hal-hal administrative lainnya sekaligus sebagai pengambil keputusan. Manager/ pemilik bertanggungjawab kepada pihak pemegang saham Hotel Artha.
  2. Asisten Manager, bertugas membantu Manager/ pemilik khususnya dalam hal administrasi. Asisten juga bertugas menemani/mendampingi Manager di saat tugas-tugas eksteren yang bertanggungjawab terhadap Manager.
  3. Administrasi, bertugas dan bertanggung jawab atas efektivitas pengelolaan administrasi dan penyajian data keuangan yang disusun setiap hari. Ia akan dimintai pendapat dan pandangannya dalam hal keuangan hotel Artha.
  4. Marketing bertugas sebagai pemasar dan menjual produk-produk yang ada dalam Hotel Artha, sehingga mampu meningkatkan omzet perusahan serta menangani keluhan-keluhan konsumen tentang pelayanan konsumen.

 

 

 

BAB. III

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

 

A.      PELAKSANAAN KEGIATAN

 

No

Hari Tanggal

Waktu

Kegiatan

Keterangan

 

25/ 08/ 2020

07.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

26/ 08/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

27/ 08/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

28/ 08/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

29/ 08/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

30/ 08/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

31/ 08/ 2020

08.00

 

 

 

01/ 09/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

02/ 09/ 2020

08.00

 

 

 

03/ 09/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

04/ 09/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

05/ 09/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

06/09/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

07/ 09/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

08/ 09/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

09/ 09/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

10/ 09/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

11/ 09/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

12/ 09/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

13/ 09/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

14/ 09/ 2020

08.00

 

 

 

15/ 09/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

16/ 09/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

17/ 09/ 2020

08.00

Melayani tamu, Makan dan minum.

 

 

18/ 09/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

19/ 09/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

20/ 09/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

21/ 09/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

22/ 09/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

23/ 09/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

24/ 09/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

25/ 09/ 2020

08.00

 

 

 

26/ 09/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

27/ 09/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

28/ 09/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

29/ 09/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

30/ 09/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum..

 

 

01/ 10/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

02/ 10/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

03/ 10/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

04/ 10/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

05/ 10/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

06/ 10/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

07/ 10/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

08/ 10/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum

 

 

09/ 10/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

10/ 10/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

11/ 10/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

12/ 10/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

13/ 10/ 2020

08.00

 

 

 

14/ 10/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

15/ 10/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

16/ 10/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

17/ 10/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

18/ 10/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

19/ 10/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

20/ 10/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

21/ 10/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

22/ 10/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

23/ 10/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

24/ 10/ 2020

08.00

 

 

 

25/ 10/ 2020

08.00

 

 

 

26/ 10/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

27/ 10/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

28/ 10/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

29/ 10/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

30/ 10/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

31/ 10/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

01/ 11/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

02/ 11/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

03/ 11/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

04/ 11/ 2020

08.00

 

 

 

05/ 11/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

06/ 11/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

07/ 11/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

08/ 11/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

09/ 11/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

10/ 11/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

11/ 11/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

12/ 11/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

13/ 11/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

14/ 11/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

15/ 11/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

16/ 11/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

17/ 11/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

18/ 11/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

19/ 11/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

20/ 11/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

21/ 11/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

22/ 11/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

23/ 11/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

24/ 11/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

25/ 11/ 2020

08.00

 

 

 

26/ 11/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

27/ 11/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum

 

 

28/ 11/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

29/ 11/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

30/ 11/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

01/ 12/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

02/ 12/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

03/ 12/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum

 

 

04/ 12/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

05/ 12/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

06/ 12/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

07/ 12/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

08/ 12/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

09/ 12/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

10/ 12/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

11/ 12/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

12/ 12/ 2020

 

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

13/ 12/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

14/ 12/ 2020

08.00

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

15/ 12/ 2020

08.00

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

16/ 12/ 2020

08.00

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

17/ 12/ 2020

08.00

 

 

 

18/ 12/ 2020

08.00

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

19/ 12/ 2020

08.00

Melayani tamu, makan dan minum

 

 

20/ 12/ 2020

08.00

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

21/ 12/ 2020

 

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

22/ 12/ 2020

 

Bersih, bersih kamar, sapu, pel,lap kaca, mengatur tempat tidur, ganti seprei, ganti sarung bantal, menata barang-barang yang ada di meja.

 

 

23/ 12/ 2020

 

Sebelum tamu check out, menata dan merapikan meja makan, melayani makanan dan minuman, setelah tamu  chech out membersihkan, sapu, mengepel dan menata barang-barang tamu yang ada di atas meja.

 

 

24/ 12/ 2020

 

Membersihkan kamar, mengepel, dan menata barang-barang di atas meja.

 

 

25/ 12/ 2020

 

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

26/ 12/ 2020

 

Bersihkan kamar, sapu, mengepel, dan melayani tamu makan dan minum, sesudah itu mengantar tamu di losmen dan barang-barang tamu yang check out.

 

 

27/ 12/ 2020

 

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

28/ 12/ 2020

 

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

29/ 12/ 2020

 

 

 

 

30/ 12/ 2020

 

Melayani makan dan minum, mengeluarkan linem-linem kotor (seprey piloe case dan towel).

 

 

31/ 12/ 2020

 

Melayani tamu, makan dan minum.

 

 

B.       HASIL KEGIATAN

1.         Faktor Pendukung

·           Fasilitan peralatan yang sangat mendukung.

·           Ruangan yang cukup luas.

·           Pembimbingan kepada PKL oleh pihak usaha sangat baik.

·           Karyawan sangat baik dengan system kerja sama.

·           Managernya yang mampu bertanggung jawab dan bijaksana.

·           Karyaman yang ramah.

2.      Factor Penghambat

·           Ditempat praktek kadang-kadang tidak ada pekerjaan.

·           Jumlah karyawan yang banyak.

·           Terkadang tidak mendapatkan tamu yang kunjungi.

·           Kadang tamu komplin dengan keterlambatannya penyiapan makanan/ minuman.

·           Terkadang system yang digunakan entri, transaksi error, hal tersebut menghambat proses saat bekerja.

·           Computer terkadang shutdown dengan sendirinya pada saat sedang melakukan entri transaksi.

·           Cuaca yang terkadang tidak mendukung.

3.      Pengembangan di masyarakat

·           Akan mengembangkan lagi disekolah sesuai dengan apa yang didaatkan didunia usaha dan industry.

·           Akan mengamalkan apa yang didapatkan di tempatkat praktek kepada teman-teman.

·           Mengusulakan kepada sekolah agar meningkatakan lagi kemapuan siswa dalam menghadapi pelaksanaan prakerin.

·           Praktek lapangan sangat perlu dan terus mencoba berlatih untuk menjadi yang terbaik.

·           Mengembangkan dan meningkatkan untuk bertindak secara kolekyif.

·           Mengambil tindakan kolektif dan hasil, bahwa tindakan untuk perbaikan dalam sebuah komunitas seluruh masyarakat.

·           Upaya pengembangan masyarakat akan mengalami kendala dan kemungkinan gagal sangat besar jika masyarakat tidak dilibatkan dalam upaya tersebut.

 

 

 

 

 

 

C.      DAFTAR HADIR

Hasil

Jam Masuk

Jam Istirahat

Jam Pulang

Shift 1

Shift 2

Shift 1

Shift 2

Shift 1

Shift 2

Senin

 

 

 

 

 

 

Selasa

07.00

 

10.00

 

01.00

 

Rabu

07.00

 

10.00

 

12.00

 

Kamis

07.00

 

11.32

 

12.00

 

Jumat

08.00

 

11.00

 

12.00

 

Sabtu

08.00

 

10.00

 

12.00

 

 

D.      TATA TERTIP PESERA PKL

  1. Peserta Didik Wajib

·           Mengikuti aturan waktu dari persiapan sampai pelaksanaan Prakerin

·           Berpakaiaan bersi dan rapi, memakai pakaian prakerin, tidak berpakaian ketat dan tertutup.

·           Memakai tnda pengenal praktek kerja industri.

·           Harus hadir sesuai dengan jadwal jam kerja

·           Dilarang merokok dan minuman keras.

·           Menjaga kebersihan, keindahan dan kerapian.

·           Menjaga etika, sopan santun, ketenangan dan ketentraman tempat praktek.

·           Mematuhi tata tertib tempat prakerin.

·           Mengisi jumlah kegiatan setiap hari kerja dan diketahui pembimbing industri.

·           Peserta yang tidak hadir, disampaikan ke sekolah dan dunia usaha/ dunia industri/ lembaga tempat prakerin.

  1. Peserta Didik Dilarang

·           Peserta PKL dilarang merokok baik di dalam hotel maupun diluar jam kerja.

·           Peserta PKL dilarang keluar pada saat jam kerja, kecuali setelah mendapat izin dari instruktur DUDI.

·           Peserta PKL dilarang pulang atau meninggalkan hotel sebelum jam pulang kerja, kecuali ada kekepentingan dan itupun harus mendapat izin dan restu dari instruktur DUDI.

·           Peserta PKL yang tidak masuk terus menerus dengan tanpa alas an dan tidak memberitahukan kepada instruktur atau pembimbing, maka alas an diberi sansksi oleh sekolah sesuai dengan hukuman yang berlaku dan akan diberikan nilai nol.

·           Peserta PKL dilarang melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan tata tertib di hotel DUDI.

 

 

 

 

 

BAB. IV

PENUTUP

 

A.      KESIMPULAN

Dari Pelaksanaan Praktek Kerja Industri, saya dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya Praktek Kerja Industri sebagai salah satu kurikulum yang wajib diikuti, penulis dapat mempraktekkan teori dan praktek yang di dapat di Sekolah di industri, sehingga saya dapat membandingkan dan menambah ilmu yang kurang dari pelaksanaan Praktek Kerja Indsutri tersebut.

Bahwa dalam Praktek Kerja Industri yang dilakukan di industri memiliki manfaat yang sangat besar bagi saya sebagai jenjang dalam meniti karier di bidang pariwisata dan perhotelan, sebab dengan melaksanakan training di industri, saya bisa mengetahui segala sesuatu yang ada di hotel dan  apa yang di lakukan di hotel Artha.

Selain itu, melalui Praktek Kerja Industri juga membuat saya menjadi tahu bagaimana cara melayani tamu dengan baik, dan mengetahui standar minimum yang harus diketahui dalam bekerja. Dari Praktek Kerja Industri ini juga saya mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan cepat dan tepat. Dengan mengikuti Praktik Kerja Industri ada pembekalan untuk masa depan dalam bekerja di dunia Pariwisata dalam Bidang Akomondasi Perhotelan.

Selain itu, saya dapat menambah wawasan yang luas dalam kegiatan Peraktik Kerja Industri tersebut di dalam Perhotelan serta menambah pengalaman yang banyak dari kegiatan tersebut.

 

 

B.       SARAN

Keberadaan sekolah, hotel, dan siswa training adalah mata rantai yang tidak terpisah kaitannya. Tentunya diharapkan sekolah memberikan pendidikan yang sesuai dengan otoritas hotel dibarengi dengan kemampuan yang memadai dari siswa training dan disokong dengan sarana dan prasarana yang lengkap dari pihak hotel untuk mencapai tujuan yang terbaik. Berdasarkan dari penelitian selama training maka saya dapat memberikan saran khusus yan berkaitan dengan prosedur kerja, dengan harapan dapat di jadikan bahan pertimbangan. Untuk memajukan perosedur kerja dalam melayani tamu.


Untuk Sekolah:

·         Sekolah sudah cukup baik dalam mempersiapkan anak didiknya untuk terjun ke DUDI dalam pelaksanaan prakrin.

·         Tingkatkan lagi sarana dan prasarana penujang siswa yang akan digunakan sebelum diterjunkan training.

·         Saya berharap para staff dan guru produktif lebih sabar dalam mengajarkan hal-hal baru bagi siswa.

 

Untuk DUDI

·         Tingkatkan produktivitas kerja secara maksimal.

·         Bagi para staff senor agar lebih sabar dalam memberikan pengajaran

·         Bagi para staff Hotel Artha agar selalu mempertahankan semangat kerja dan sukses selalu.

·         Para staff Hotel Artha sudah sangat baik dalam memberikan pengajaran khususnya kepada saya.

·         Terimakasih atas kesempata dan ilmu 4 bulan masa prakerin.

 

 

Posting Komentar untuk "CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) JURUSAN PERHOTELAN DOC TERBARU"