Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Guru SD Mendaftar, Registrasi, dan Verval SIM PKB Untuk Mengikuti Program Guru Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja)

DAPODIK.CO.ID - Cara Guru SD Mendaftar, Registrasi, dan Verval SIM PKB Untuk Mengikuti Program Guru Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja). Kabar gembira bagi guru yang belum pernah mengikuti masuk di sim pkb. Hal ini terkait dengan adanya Progran Guru Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja). Bagi guru yang sudah mengikuti program kemdikbud dan mengikuti Program Guru Pembelajar maka tinggal melakukan login dan simpan data untuk melakukan verifikasi. Dengan begitu maka guru tersebut sudah masuk dalam program PKB (Dengan catatan ketua MGMP atau KKG sudah mendaftarkan diri sebagai komunitas ke Dinas Kab/Kota).


Lalau bagaimana bagi yang belum pernah mengikuti program kemdikbud dan tidak memiliki nomor UKG  yang merupakan salah satu syarat untuk bisa mengikuti Progran Guru Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) ? Bagi guru yang belum memiliki Nomor UKG dan ingin melakukan Registrasi dan Verval SIM PKB sudah disediakan vasililtas oleh PPPK melalui situs Guru Pembelajar sama seperti guru yang sudah UKG.

Namun perlu diketahui untuk mendapatkan nomor UKG bagi yang belum punya, pastikan data diri Anda telah masuk dalam data GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan). Jika tidak maka Anda otomatis tidak tercatat dan tidak memiliki nomor UKG. Bagi guru yang sudah UKG maka nomor UKG akan diawali dengan angka 2015, sedangkan bagi yang baru nomor UKG akan diawalin dengan angka 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022 dan seterusnya.

Sekilas Tentang SIM PKB
PKB (Program Keprofesian Berkelanjutan) adalah program yang mempunyai tujuan umum yaitu untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengembangkan keterampilan instruksional yang dimiliki oleh seorang guru. Selain itu juga untuk mengembangkan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampunya. SIM PKB merupakan alat penghasil informasi untuk mengelola data dan sebagai pusat pengaturan layanan bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Sekilah Tentang Program Guru Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja)

Kemendikbud mulai meluncurkan Program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dirancang untuk menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru PPPK.


Apa tujuan program Guru Belajar Seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja?

1)    Guru mampu menggunakan bahan belajar mandiri dan latihan soal yang membekali pengetahuan dan keterampilan dalam mengikuti seleksi Guru PPPK;

2)    Guru mampu menggunakan sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, ringkas);

3)    Guru mampu menggunakan komunitas pembelajaran (Learning Community) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilannya.

 

Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja?  

1)    Semua guru non PNS;

2)    Telah memiliki Akun SIMPKB.

 

Apa saja tahapan program Guru Belajar seri Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja? Berikut ini uraian tahapan kegiatan dan materi dalam program belajar seri PPPK:

 

Tahap 1: Pada tahap ini peserta terlebih dahulu mengikuti Orientasi yang membekali peserta mengenai tantangan belajar mandiri, tujuan, manfaat, dan alur sistem belajar mandiri calon Guru PPPK, penjelasan pentingnya komunitas pembelajaran, penjelasan teknis dan penggunaan sistem bahan belajar mandiri.

 

Tahap 2: Pada tahap ini peserta akan disediakan bahan belajar mandiri dan latihan soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru, sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, dan ringkas), pendekatan pedagogi belajar mandiri secara daring dengan menggunakan konstruktivisme sosial melalui komunitas pembelajaran.

 

Tahap 3: Membiasakan calon guru PPPK mencoba soal-soal sesuai bidang studinya. Mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman substansi materi sesuai bidang studinya.

 

Bagaimana Cara Daftar Program Guru Belajar Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) ?

Pertama, akses laman https://portal-belajar.simpkb.id/seri-pppk/.

Kedua, klik masuk. Kemudian alamat surel dengan Nomor UKG, kemudian isi Kata Sandi dengan kata sandi yang Anda miliki.



Cara Guru SD Mendaftar, Registrasi, dan Verval SIM PKB Untuk Mengikuti Progran Guru Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja)


Bagi guru yang belum UKG dan ingin mengikuti Program Guru Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) di tahun ini serta melakukan registrasi dan verval SIM PKB, silahkan simak tatacara lengkap sebagai berikut ini:

1.Silahkan login ke Portal Layanan Program GTK Kemendikbud, klik disini

2.Selanjutkan klik toilahkan login ke alamat situs SIM PKB: www.paspor.simpkb.id

1.Silahkan login ke alamat situs SIM PKB: www.paspor.simpkb.id

2. Setelah masuk pada tampilan awal situs web SIM PKB silahkan klik tombol registrasi akun di pojok kanan bawah.


3. Kemudian klik pada tombol cari nomor UKG dipojok kanan bawah.


4. Pilihlah nama Provinsi, Kota/Kabupaten di mana Anda berada, dan juga masukkan Nama lengkap Anda.

5. Klik Tombol Cari GTK.

6. Carilah Nama dan Instansi/Sekolah Anda, lalu Catat Nomor Peserta UKG Anda.

7. Setelah itu, klik tombol kembali ke login kiri bawa, liat gambar di bawah ini:


8. Masukan nomor UKG dan tanggal lahir.

9. Langkah berikut adalah Anda klik pada kotak di sebelah tulisan saya bukan robot .


10. Pada tampilan ini, Anda akan diminta untuk mengikuti perintah yang ada di layar.

11. Setelah berhasil kotak tercentang, silahkan klik tombol registrasi, silahkan lihat gambar di bawah ini:


12. Secara otomatis maka akan muncul lagi notifikasi di layar, klik pada tombol setuju, liat gambar di bawah ini:


13. Lalu muncul tampilan untuk mencetak akun anda dalam bentuk format PDF.

14. Klik tombol simpan.


15. Silagkan kembali ke halaman awal login.

16. Isikan no UKG dan password yang telah anda dapatkan saat mencetak akun tadi.

17. Lalu klik tombol login.


18. Jika Anda mengikuti dari awal secara benar maka tahap ini Anda sudah masuk pada halaman verifikasi data.

19. Silahkan Anda periksa dengan benar mulai dari instansi sekolah, maple dan jenjang sekolah.

20. Jika ada perubahan instansi sekolah, maka klik pada tombol pensil di kotak yang berisi data instansi sekolah, lihat gambar di bawah ini:


21. Kemudian akan muncul tampilan di bawah ini, silahkan memiliki sekolah di tempat Anda mengajar.

22. Akhiri tahap ini dengan klik tombol simpan.


23. Jika ada perubahan maple, silahkan anda klik tombol pensil di kotak yang berisi data maple.


24. Secara otomatif akan muncul tampilan seperti da bawah ini, silahkan memilih mapel yang anda ajarkan di sekolah. Setelah itu, klik tombol simpan.


25. Setelah diverivikasi dan diperbaiki, silahkan klik tombol simpan.


Demikian Artikel Terbaru Terkait Cara Guru SD Mendaftar, Registrasi, dan Verval SIM PKB Untuk Mengikuti Program Guru Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja). Semoga Ada Manfaatnya Dan Silahkan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Cara Guru SD Mendaftar, Registrasi, dan Verval SIM PKB Untuk Mengikuti Program Guru Seri PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja)"