Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Pedoman Pendampingan Peningkatan Mutu SMP Satu Atap

DAPODIK.CO.ID - Buku Pedoman Pendampingan Peningkatan Mutu SMP Satu Atap. SMP Satu Atap atau lebih dikenal dengan SMP Satu Atap (SATAP) pada dasarnya adalah penyelenggaraan pendidikan yang mencakup SD dan SMP dengan sistem pengelolaan yang  terpadu  dan  bersinergi.  Keterpaduan  yang  dimaksud  secara  fisik  dan  atau kesinergian secara  pengelolaan. Keterpaduan  secara  fisik berarti  bahwa  lokasi  SMP menyatu  atau  didekatkan  dengan  SD.

 


Kesinergian secara  pengelolaan  berarti  dalam pengelolaan SMP Satu Atap terpenuhi kesinergian dalam: (a) pengembangan visi dan misi pendidikan dasar di lingkungannya, (b) penyusunan program kerja tahunan sekolah, (c) pengelolaan penerimaan peserta didik baru di lingkungannya, (d) usaha mengatasi angka  putus  sekolah,  dan  angka  transisi,  (e)  usaha  mengatasi  kebutuhan  tenaga kependidikan,  (f)  mengatasi  kebutuhan  sarana prasarana penunjang  proses  belajar mengajar, dan (g) pengembangan usaha peningkatan mutu pendidikan dasar.

 

Tujuan  Umum  dari  pendirian  SMP  Satu  Atap  adalah  mempercepat  penuntasan  wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun dan meningkatkan mutu pendidikan dasar. Sedangkan tujuan khususnya adalah: (1) memperluas layanan pendidikan dasar atau meningkatkan daya  tampung  SMP  pada  daerah 3T  (Terpencil,  Tertinggal,  Terdepan/Terluar)  guna menunjang  tercapainya  penuntasan  wajib  belajar  pendidikan  dasar  9  tahun;  (2) mendekatkan SMP dengan SD pendukungnya; (3) memberikan kesempatan dan peluang bagi  anak  untuk  melanjutkan  pendidikannya;  dan  (4)  meningkatkan  partisipasi masyarakat.

 

Berdasarkan  Data  Pokok  Pendidikan  (Dapodik)  per  bulan  Agustus  2020, jumlah satuan pendidikan dengan nomenklatur SMP Satu Atap tercatat 3.814 sekolah yang melayani 296.935 peserta didik di seluruh Indonesia.

 

Salah satu tugas Direktorat Sekolah Menengah Pertama sesuai Permendikbud Nomor 9 tahun  2020  pasal  98  adalah  melaksanakan  perumusan  kebijakan  dan standar, pelaksanaan  kebijakan  penjaminan  mutu, penyusunan norma,  standar,  prosedur,  dan kriteria,  fasilitasi  penyelenggaraan,  pemberian  bimbingan  teknis  dan  supervisi, pemantauan,  evaluasi,  dan  pelaporan di  bidang  peserta  didik,  sarana  prasarana,  tata kelola, dan penilaian pada SMP dan pendidikan layanan khusus pada Sekolah Menengah Pertama.

 

Sejalan  dengan  hal  tersebut, Direktorat SMP menyusun  Pedoman  Pendampingan Peningkatan  Mutu SMP  Satu  Atap untuk memfasilitasi  bagi  penyelenggara  SMP  Satu Atap dalam mengelola SMP Satu Atap agar dapat meningkatkan mutu pendidikan.

 

Penyusunan  buku  ini  mempunyai  beberapa  alasan,  yaitu  memberikan  informasi  yang lengkap  terkait  arah  kebijakan  dan  konsep  SMP  Negeri  Satu  Atap  kepada Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota, dan satuan pendidikan khususnya SMP Satu Atap, dalamnmengelola,  melaksanakan  dan  mengembangkan  SMP  Satu  Atap. Penyelenggara  dan Pengelola pendidikan tersebut lebih mengetahui kondisi dan situasi SMP Satu Atap di wilayahnya masing-masing sehingga dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya sesuai dengan kondisi yang ada untuk meningkatkan mutu SMP Satu Atap.

 

Buku Pedoman Pendampingan Peningkatan Mutu SMP Satu Atap yang telah disusun ini akan terbagi dalam lima bagian, yaitu pendahuluan, pengelolaan, peran pemangku kepentingan, supervisi monitoring dan evaluasi, dan penutup.

 

Dengan adanya buku Pedoman Pendampingan Peningkatan Mutu SMP Satu Atap, kami berharap, semua pihak yang berkepentingan dengan layanan SMP Satu Atap, memiliki pemahaman yang sama, dan bertanggung jawab untuk mendukung keterlaksanaan layanan pendidikan yang berkualitas.

 

Dengan layanan SMP Satu Atap yang bermutu, peserta didik akan merasakan manfaatnya dan termotivasi untuk mencapai cita-citanya menuju kehidupan yang lebih baik.

 

Dengan diterbitkannya buku Pedoman Pendampingan Peningkatan Mutu SMP Satu Atap ini diharapkan banyak pihak dapat terlibat secara aktif mendukung pelaksanaan layanan SMP Satu Atap yang lebih baik. Buku ini jauh dari sempurna, untuk itu diharapkan kritik, saran, rekomendasi, evaluasi, dan kontribusi nyata dari berbagai pihak untuk kesempurnaan buku ini.


Selengkapnya, Download Buku Pedoman Pendampingan Peningkatan Mutu SMP Satu Atap:



Demikian Artikel Terbaru Terkait Buku Pedoman Pendampingan Peningkatan Mutu SMP Satu Atap. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.