Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Siswa Yang Belum Memiliki NIS/ NIPD Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru

DAPODIK.CO.ID - NIPD (Nomor Induk Peserta Didik) atau dulu kita mengenal NIS (Nomor Induk Siswa) adalah identitas peserta didik di sekolah masing-masing. Perbedaan dengan NISN bahwa jika NISN berlaku nasional dan bersifat tetap dari semua jenjang sekolah, NIPD hanya berlaku selama peserta didik berada di sekolah tersebut.


NIPD penting untuk memberikan identitas kepada peserta didik di sekolah masing-masing. Pemberian NIPD disarankan diberikan pada setiap PPDB baik itu peserta didik baru ataupun peserta didik mutasi masuk ke sekolah kita. Seringkali sekolah lupa membuatkan NIPD sampai akhir ketika input Biodata Calon Peserta Ujian pun masih ditemukan peserta didik yang belum diberikan NIPD-nya.

Pada aplikasi dapodik terbaru ini, NIPD ini juga penting sebagai bahan input registrasi peserta didik pada aplikasi Dapodikdasmen.

Nah, dari situlah muncul pertanyaan bagaimana Cara Mengatasi Siswa Yang Belum Memiliki NIS/ NIPD Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru???

Siswa Yang Belum Memiliki NIS/ NIPD Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru
Cara Mengatasi Siswa Yang Belum Memiliki NIS/ NIPD Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru

Berikut Cara Mengatasi Siswa Yang Belum Memiliki NIS/ NIPD Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru:

1.    Seperti biasa, login pada aplikasi dapodik.


2.    Setelah berhasil login, rol mouse ke bawah dan klik Peserta Didik.

3.    Setelah anda klik Peserta Didik, akan di arahkan dan silahkan liat bagian kanan muncul semua siswa sekolah anda. (lihat gambar di bawah ini)


4.    Cari siswa tersebut yang Belum Memiliki NIS/ NIPD.

5.    Setelah menemukan siswa tersebut, klik  nama dan klik registrasi (lihat gambar di bawah ini)


6.    Didalam tabel registrasi itu, silahkan anda tambahkan NIS/ NIPD dan klik simpan dan tutup. (lihat gambar di bawah ini).


Sampai disitu, anda sudah berhasi Menambahkan Siswa Yang Belum Memiliki NIS/ NIPD Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru, lanjut di tap validasi dan lihat perubahan.

Demikian tutorial yang dapat admin www.dapodik.co.id bagikan terkait “ Cara Mengatasi Siswa Yang Belum Memiliki NIS/ NIPD Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru ”, semoga ada manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


2 komentar untuk "Cara Mengatasi Siswa Yang Belum Memiliki NIS/ NIPD Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru"

  1. Untuk penulisan NIPD SLB yg benar versi terbaru bagaimana? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. penulisan NIPD SLB yg benar versi terbaru bagaimana?
      maksudnya gimana?

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.